Stress Masalah Kerjaan? Yuk Hibur Diri

0
36

Stress Masalah Kerjaan? Yuk Hibur DiriBekerja adalah prioritas untuk hidup, pun dengan bekerja kita bisa menjadi manusia mandiri yang tidak menggantungkan kebutuhan kepada orang lain. Namun dalam pekerjaan kita sering menjumpai banyak orang yang memiliki tekanan yang cukup berat, baik karena target pekerjaan maupun karena lingkungan pekerjaan, jika tidak ditangani dengan baik, masalah pekerjaan ini bisa berlarut-larut dan memberikan dampak buruk baik kepada diri sendiri maupun untuk performa pekerjaan.

Baca Artikel  : Rekomendasi Playlist Yang Membangkitkan Semangat Kerja

Untuk itu menghibur diri adalah salah satu self healing yang paling efektif guna menghindari stress dan mengalihkan pikiran dari tekanan pekerjaan. Apa aja sih hiburan yang efektif untuk mengalihkan stress setelah seharian bekerja? Berikut ulasannya untuk Anda

  • Bermusik

Hiburan yang paling efektif menghilangkan stress adalah bermusik, misalnya bermain ukulele, biola, bermain gitar maupun karaoker random di kamar. Bermain musik menggunakan alat yang kamu kuasai dan menyanyikan lagu yang sesuai untukmu pasti akan meningkatkan mood banget setelah seharian bekerja. Pun skill bermain alat musikmu juga semakin terasah. Gitar adalah salah satu alat musik yang cukup umum dan mudah di pelajari, cocok sekali untuk kamu yang suka bermain musik santai dan akustik, jadi lebih bisa relaksasi. Apakah kamu juga punya gitar di kamar?

Musik bukan hanya soal memainkannya saja, karena bermusik yang membantumu lebih santai juga bisa di dapatkan dari mendengarkannya. Kita semua pasti sudah tau bahwa musik adalah salah satu media yang digunakan untuk terapi dan relaksasi, jadi jika kamu mendengarkan musik juga memiliki efek relaksasi. Setelah seharian kerja, rebahan sambil mendengarkan musik yang chill pastinya nyaman banget, atau di barengi dengan maskeran. Aduh santai banget ya! Putar lagu yang memiliki ritme slow agar lebih santai, atau lagu yang semangat biar mood mu juga balik lagi. Jika malam pikiran santai pastinya besok lebih siap menjalani hari dan kerja lagi.

  • Nge-Game

Nah rekomendasi hiburan yang kedua adalah nge-game, biasanya habis pulang langsung nge-game adalah kebiasaan para cowok nih, walau tak menutup kemungkinan cewek juga melakukannya. Game adalah salah satu hiburan dan media untuk melatih otak. Apakah kamu sudah mencoba nge-game untuk menghilangkan stress dan lelah setelah bekerja?

Salah satu jenis game yang membantu kamu menghibur diri adalah Mobile Legend, siapa yang tidak kenal game ini. Game battle yang menggunakan hero untuk berperang dan menjaga daerahnya dari serangan musuh. Game ini membutuhkan strategi jadi mengharuskan pemainya untuk berpikir sekaligus hiburan, untuk kamu yang sudah malas berpikir setelah seharian bekerja, game ini tidak cocok untukmu. Cobalah untuk bermain game yang lainya. Apakah kamu juga sering bermain game untuk menghibur lelah?

  • Nonton Drama

Rekomendasi hiburan selanjutnya adalah nonton drama. Menonton drama khususnya drama Korea sudah mencadi candu bagi sebagian orang, tidak heran ya karena drama Korea menampilkan pemain-pemain yang cantik dan tampan, ditambah lagi dengan alur cerita drama yang manis, pasti langsung membuat penontonnya melted dan baper otomatis akan langsung semua beban dan stress setelah seharian bekerja.

Ada banyak banget drama yang lagi nge-hits yang direkomendasikan untuk di tonton, seperti Start Up, Itaewon Class, The King Eternal Monarch, atau Crash Landing On You. Drama Korea ataupun drama yang lainya bisa menghilangkan stress karena perhatian kamu lebih berfokus untuk mengikuti drama, sehingga kamu bisa mengikuti alur drama dengan baik, jadi stress bisa teralihkan. Adegan yang lucu atau menyenangkan dari Drama juga memicu kamu untuk tertawa dan bahagia, jadi kelelahan setelah bekerja bisa hilang.

Akses untuk menonton drama pun sekarang lebih mudah karena banyak aplikasi untuk nonton drama maupun video unggahan di sosial media seperti facebook maupun telegram. Apakah kamu juga suka menghibur diri dengan drama korea?

  • Memasak

Jenis hiburan lain adalah memasak. Memasak bisa menjadi alternatif kamu untuk menghibur diri dan mengalihkan perhatian setelah seharian bekerja. Memasak di malam hari, selain untuk menghibur diri juga membuat makan malammu teratur. Apalagi jika makanan yang di masak adalah kesukaan kamu. Ada beberapa orang yang merasa bahagia saat memasak makanan jadi memasak adalah hiburan tersendiri. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga suka memasak untuk menghibur diri?

Membantu Memanagement waktu

Memasak makanan yang kamu suka dan kemudian memakannya dengan lahap membuat mood mu lebih baik, energi pun sudah terisi. Memasak makanan sendiri untuk makan malam akan lebih bersih, hemat dan sehat daripada membeli di luar. Tentunya kamu tetap harus memiliki aturan ya dalam makan di malam hari, kamu harus membatasi makanan yang tinggi gula, minyak maupun lemak, karena makanan tersebut bisa menjadi pencetus penyakit.

Kamu bisa memasak camilan untuk bersantai sekaligus pengganti makan malam, sesekali memakan makanan instan seperti mie atau seblak juga boleh kok, yang penting dalam batas wajar ya!

Bertemu Teman

Berkumpul dengan teman adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, terutama untuk menghilangkan stress selama bekerja. Nongkrong setelah bekerja boleh banget loh, selain untuk mengisi energi, bersosial tentunya juga melatih komunikasi dan membuka pikiran kamu, jadi wawasan lebih luas dan tidak stuck bergitu saja. Semakn banyak kamu berteman akan semakin banyak wawasan yang akan kamu miliki.

Di usia dewasa, pastinya pertemanan juga memiliki batas, tidak semua bisa masuk dalam circle pertemananmu, oleh karena itu jika kamu sudah memiliki kelompok sahabat yang nyambung banget harus dijaga dengan baik. Hubungan pertemanan yang toxic juga harus di sudahi karena hanya akan merugikanmu saja. Cari seseorang yang memiliki positif vibes agar kamu juga mendapatkan aura positif jika bersamanya, sehingga bisa berkembang ke hal yang lebih baik.

Berteman dan membicarakan apa saja saat bertemu pastinya membuat mood mu langsung naik ya, tertawa bersama dan makan bersama akan membuatmu merasa lebih bahagia, karena dengan tertawa hormon kebagiaan atau endorfin akan diproduksi jadi membuat hari mu lebih bahagia. Apakah kamu memiliki sahabat yang menyenangkan?

Baca Artikel : Mulai Tidak Betah Di Kantor? Lakukan 12 Tips Ini Untuk Bekerja Yang Lebih Nyaman 

Relaksasi

Setelah seharian bekerja, hanya ingin pulan dan rebahan, tidak melakukan aktifitas, hanya bersantai. Beberapa orang lebih suka menghibur diri dengan relaksasi di kamar jadi ia memerlukan waktu untuk sendiri sebagai cara men-charge tubuhnya. Tidak ada keramaian, tidak menggunakan sosial media hanya di temani musik santai. Membuat tubuhnya lebih rileks.

Untuk melakukan relaksasi di kamar, sepulang bekerja langsunglah mandi agar virus dan bakteri dari luar bisa mati, berendam di bath up bersantai dengan lilin aroma terapi membuat otot dan syaraf lebih lemas dan rileks setelah itu bersantai di kamar dengan membaca buku.

Me time membuatmu lebih rileks setelah seharian bekerja, kemudian akan siap menjalani hari esok. Apakah kamu tipe orang yang lebih suka sendiri charge energi??

Penghibur diri adalah salah satu hal yang penting banget dilakukan ya, tubuh dan pikiran perlu sesuatu yang baru dan menyenangkan untuk me-refresh dirinya, jadi jangan terus membuat tubuh bekerja terlalu keras. Setelah menghibur diri, kamu jadi lebih siap untuk menjalani pekerjaan di esok hari, dengan begitu performa bekerja tidak akan terganggu, jangan lupa untuk menggunakan aplikasi absensi online Kantor Kita, Aplikasi andalan untuk pekerja WFO maupun WFH yang bisa membantu kamu berabsen dengan mudah dan cepat. Cek selengkapnya hanya di www.kantorkita.com

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here