Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

2
2429
Aplikasi Absensi Online
Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online – Semua perusahaan tentunya menginginkan karyawan yang tertib bukan? tertib dalam artian tertib aturan dan juga tertib dalam kehadiran. Namun, masalah absensi ini sering kali di remehkan oleh para karyawan. Salah satunya juga disebabkan karena mesin absensi yang kurang akurat digunakan. 

Namun, sekarang ini sudah banyak aplikasi absensi yang muncul untuk  memberikan solusi kepada perusahaan. Guna menjaga ketertiban absensi karyawan sampai dengan pengelolaan laporan absensi dan bahkan payrollnya. Tentunya dengan demikian akan meminimalisir tingkat kecurangan karyawan dan memudahkan kerja HRD dalam pengelolaan karyawan. 

Baca : Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Absensi Online

Nah, karena memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan jenis absensi sebelumnya, kali ini Saya akan membahas mengenai apa saja keuntungan menggunakan aplikasi absensi online bagi perusahaan. Penasaran? Yuk simak informasinya berikut ini.

 

absensi karyawan
Aplikasi Absensi Android Lebih Efektif Digunakan Karyawan

 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online 

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan aplikasi absensi online untuk perusahaan maupun untuk karyawan. 

1. Efisien Biaya

Dibandingkan dengan mesin absensi sebelumnya, aplikasi absensi online memiliki kelebihan dimana ia lebih efisien dengan biaya yang harus dikeluarkan. 

Dalam penggunaan absensi konvensional seperti absensi ceklok maupun mesin absensi fingerprint, memerlukan biaya tambahan. Dalam penggunaannya, selain melakukan pembelian perangkat mesin absensi juga ada biaya perawatan secara berkala agar absen bisa dilakukan dengan lancar untuk mesin absensi fingerprint. Selain itu dalam absensi ceklok perlu mengisi ulang kertas dan tinta yang diperlukan untuk mencatat absensi karyawan. 

Jika biaya tambahan ini diakumulasikan, pastinya biaya untuk absensi karyawan cukup besar. 

Jika menggunakan absensi online, biaya yang diperlukan adalah biaya layanan sesuai periode yang digunakan. 

Rata-rata absensi online dihitung berdasarkan jumlah perpengguna dan waktu berlangganannya (tahunan atau bulanan). 

Di Indonesia sendiri, biaya berlangganan per-user/bulan adalah Rp 7.500 – Rp 25.000. Dengan biaya ini tidak ada biaya perawatan maupun biaya tambahan lainya. 

Harga ini cukup terjangkau untuk fitur dan kemudahan yang diberikan. 

2. Fleksibel 

Kelebihan aplikasi absensi online yang tidak ada dalam mesin absensi lainya adalah ke-fleksibelannya. Dimana perusahaan yang menerapkan pola kerja WFA atau WFA bisa dengan mudah melakukan absensi secara online. 

Pun untuk perusahaan yang banyak bekerja dinas atau bekerja di lapangan, tidak perlu melakukan absensi ke kantor, melainkan bisa langsung menggunakan perangkat smartphone nya. Pun absensi online umumnya juga sudah dilengkapi dengan GPS sehingga bisa mendeteksi lokasi absensi karyawannya. 

Untuk itulah aplikasi absensi online ini banyak dipilih untuk perusahaan karena kemudahan dan fleksibility yang diberikannya. 

Absensi online sangat meringkas jarak dan efisien. Karyawan tidak perlu antri melakukan absen menggunakan satu perangkat yang sama. Kejadian telat absen karena antri dan lainya pun bisa minimalkannya. 

3. Akurat 

Absensi online juga lebih akurat karena absensi dilakukan menggunakan identifikasi wajah pengguna. Sehingga kemungkinan terjadinya kecurangan bisa diminimalkan. 

Pun dalam laporan absensi nantinya karyawan yang mencatat waktu masuk terlambat maka otomatis akan terdeteksi sehingga HRD tidak akan melewatkan hal ini. 

Kantor Kita: Aplikasi Absensi Online Android Lengkap dan Terjangkau

Selain akurat dalam hal pencatatan waktu absensi, hal ini juga berlaku untuk pencatatan lokasi absensi. 

Misalnya keperluan kerja dinas luar kota maka posisi absenya dapat diidentifikasi dan tidak dapat curang. 

4. Fitur Lengkap 

Jika mesin absensi sebelumnya cukup terbatas dengan fitur yang diberikan, maka absensi online ini memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan. 

Umumnya aplikasi absensi melengkapi layanannya dengan berbagai fitur yang menarik, seperti 

  • Laporan absensi 
  • Payroll 
  • Administrasi karyawan (Pengajuan cuti/izin, reimbursement, dsb) 
  • Pengelolaan database karyawan 

Sehingga aplikasi absensi ini cukup lengkap dan memudahkan pengguna dalam urusan pencatatan absensi. 

Jadi semua hal absensi terintegrasi jadi satu dalam aplikasi absensi. 

5. Memudahkan Analisa Data Kehadiran Para Karyawan

Nah, keuntungan selanjutnya dalam menggunakan aplikasi absensi online ini adalah memudahkan pihak perusahaan dalam mendapatkan analisa data kehadiran para karyawan.

Sebab pada aplikasi online ini akan didapatkan laporan kehadiran para karyawan yang realtime sehingga dapat langsung masuk kepada server yang mengurus mengenai absensi online ini.

Dengan menggunakan sistem kehadiran online yang seperti juga, Anda dan staff yang bertugas untuk merekap absen secara manual tidak perlu melakukannya lagi secara berkala. Sebab, laporan absensi real – time sudah tersaji sehingga pengelolaanya lebih mudah. 

5. Terintegrasi dengan Payroll 

Kemudahan yang Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi absensi online adalah karena absensi online sudah terintegrasi dengan payroll karyawan atau penggajian karyawan. 

Dengan begitu, proses penggajian karyawan bisa dengan mudah diilakukan dengan penghitungan otomatis menggunakan payroll dari aplikasi absensi. 

itulah beberapa kelebihan menggunakan aplikasi absensi online untuk perusahaan. Selain memiliki proses pencatatan absensi yang mudah juga memiliki fitur yang lengkap sehingga memudahkan HRD dalam pengelolaan karyawan. 

Aplikasi Absensi Online dari Kantor Kita 

salah satu pilihan aplikasi absensi online di Indonesia adalah aplikasi Kantor Kita. Aplikasi HRIS yang memiliki banyak layanan termasuk absensi online. 

Aplikasi absensi online Kantor Kita memiliki fitur lengkap mulai dari absensi untuk harian, lembur, dinas dan shift sampai  dengan pengisian ESS database karyawan, payroll dan laporan absensi. 

aplikasi absensi kantor kita

Biaya menggunakan Kantor Kita dimulai dari Rp 10.000/user/bulan. Jika ingin mencoba seluruh fitur Kantor Kita bisa langsung cek fitur dengan memanfaatkan free demo 14 hari gratis dengan terlebih dahulu Daftar Kantor Kita

Sekian informasi hari ini tentang keuntungan menggunakan aplikasi absensi online, semoga bermanfaat! 

Previous articleKPI untuk Customer Service
Next articlePerbedaan Usaha Mikro Kecil Menengah Yang Harus Diketahui

2 COMMENTS

  1. […] Aplikasi Pengajuan Izin dan CutiBiasanya, ketika karyawan ingin meminta izin berhalangan hadir atau bahkan mengajukan cuti, mereka harus melalui prosedural yang cukup rumit. Tentunya hal tersebut membuat kurang nyaman pegawai, karena sejatinya selama jangka waktu izin dan cuti berikut dengan alasannya dapat diterima, maka hal tersebut termasuk dalam hak pekerja. Kini, segala kerumitan tersebut dapat teratasi dengan menggunakan aplikasi pengajuan izin dan cuti secara online. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here