Perkembangan Teknologi Dan Dunia Kerja

0
7335
Perkembangan Teknologi Dan Dunia Kerja
Perkembangan Teknologi Dan Dunia Kerja

Perkembangan Teknologi Dan Dunia Kerja – Teknologi sudah cukup berkembang dengan pesat, tidak hanya menjangkau bidang tertentu saja, manfaat teknologi dan perkembangannya sudah menyentuh dunia kerja terutama perkantoran dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan semakin maraknya teknologi yang digunakan dalam dunia kerja untuk membantu menyelesaikan banyak pekerjaan dengan efisien dan mudah. 

Apa saja sih perkembangan teknologi yang membawa perubahan pada dunia kerja? Kantor Kita akan membahasnya di artikel kali ini. 

perkembangan teknologi Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

 

Manfaat Penggunaan Teknologi Dalam Dunia Kerja 

Berikut adalah manfaat menggunakan teknologi dalam dunia kerja yang memberikan kemudahan dan efisiensi waktu dan tenaga. 

1. Teknologi Menghilangkan Jarak

Hal yang sangat dirasakan manfaat teknologi dalam dunia kerja adalah teknologi menghilangkan jarak. Maksudnya disini, teknologi menjadi media yang menghubungkan seseorang sehingga komunikasi dan koordinasi menjadi lebih mudah. Seberapa jauh lokasi seseorang tetap akan mudah saling berhubungan dengan adanya komunikasi. 

Hal ini juga dibuktikan dengan adanya perubahan yang lebih mudah berkat perkembangan teknologi. Seperti 

  1. Meeting online 
  2. Kerja remote 
  3. Pengiriman pesan online 
  4. Pengiriman surat secara online 
  5. Absensi online 

Semua bisa dilakukan dengan mudan berkat bantuan teknologi yang dapat menghilangkan jarak dan memudahkan banyak hal jadi lebih ringkas. 

Selain itu untuk kebutuhan komunikasi dan koordinasi tetap bisa terjalin dengan baik dengan bantuan alat komunikasi yang ada. Teknologi benar-benar menghilangkan jarak di dunia kerja, semua orang tetap bisa terhubung satu sama lain untuk menyelesaikan masalah pekerjaan dengan mudah. Kultur atau budaya kerja sangat berubah secara drastis di masa ini, berkat teknologi perubahan cara dan budaya kerja jadi lebih mudah dan efisien.

2. Efisiensi Kerja

Salah satu hal yang tidak bisa dielakkan dari manfaat teknologi untuk dunia kerja adalah ke-efisiensi yang dihasilkan. Jika dahulu memerlukan waktu lebih banyak untuk mengelola data, sekarang pekerjaan mengelola data lebih mudah diselesaikan sehingga bisa dilanjutkan untuk mengerjakan hal lainya, ini yang dimaksud dengan efisiensi waktu.

Tidak hanya itu saja, efisiensi juga bisa dirasakan dalam hal efisiensi tenaga, mengelola pekerjaan yang membutuhkan waktu lama membutuhkan banyak energi pula baik untuk pikiran maupun fisik, dengan teknologi yang membuat segala sesuatu lebih mudah, ini bermanfaat untuk menghemat tenaga karena pengelolaan semakin cepat dan tenaga yang digunakan lebih sedikit.

Lanjut pada cost atau pengeluaran. Biaya yang dikeluarkan untuk bekerja lebih efisien karena semakin cepat pekerjaan selesai semakin membutuhkan energi lebih sedikit sehingga biaya yang dikeluarkan lebih sedikit pula. 

Jika pekerjaan kantor secara manual memiliki tambahan biaya untuk biaya cetak, tinta, listrik, kertas maupun biaya pengiriman, maka jika menggunakan teknologi biaya ini dapat diminimalkan. 

3. Kemudahan Akses Informasi 

Dengan hadirnya teknologi, mencari informasi yang sebelumnya sulit dilakukan menjadi lebih mudah dan cepat. Di dunia kerja yang membutuhkan pembaruan informasi dan ilmu dibidang masing-masing, tentunya hal ini membantu karyawan bisa update berita terbaru seputar pekerjaan dan menerapkannya untuk mendukung kerja. 

Misalnya HRD sedang mencari rumus excell untuk menghitung gaji otomatis atau rekapitulasi otomatis pada absensi karyawan, maka bisa memanfaatkan informasi di internet atau juga Youtube. 

Jika hal ini  diterapkan untuk menjalankan kerja karyawan, maka akan sangat membantu meningkatkan produktivitas karyawan dengan baik. 

4. Meningkatkan Keterampilan 

Teknologi menyediakan akses ke berbagai platform pembelajaran online dan sumber daya pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh karyawan. Dengan menggunakan teknologi, karyawan dapat mengembangkan keterampilan baru, mengikuti kursus online, atau mengikuti pelatihan jarak jauh.

Misalnya, ada banyak situs web, platform e-learning, dan aplikasi mobile yang menawarkan kursus dan pelatihan dalam berbagai bidang, mulai dari keahlian teknis hingga keterampilan manajemen. Karyawan dapat mengakses materi pembelajaran, video tutorial, ujian, dan sumber daya lainnya secara online. Ini memungkinkan mereka untuk memperluas pengetahuan dan meningkatkan keterampilan mereka tanpa harus hadir secara fisik di kelas atau menghabiskan waktu yang lama.

Dengan menggunakan teknologi untuk pembelajaran dan pengembangan keterampilan, karyawan dapat meningkatkan kompetensi mereka, beradaptasi dengan perubahan di tempat kerja, dan meningkatkan prospek karir mereka. Ini memberikan fleksibilitas dalam meningkatkan keterampilan, terlepas dari batasan geografis atau keterbatasan waktu yang dimiliki karyawan.

5. Pengolahan Data 

Teknologi telah mempercepat proses pengolahan data di tempat kerja. Alat-alat seperti spreadsheet, basis data, dan perangkat lunak analisis data memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan, mengorganisasi, dan menganalisis data dengan lebih cepat dan akurat. Ini membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan strategi yang lebih efektif.

Teknologi memungkinkan pengolahan data yang lebih cepat dan akurat di tempat kerja. Dengan adanya alat-alat teknologi seperti spreadsheet, basis data, dan perangkat lunak analisis data, perusahaan dapat mengumpulkan, mengorganisasi, dan menganalisis data dengan lebih efisien 

Itulah beberapa manfaat positif teknologi di dunia kerja. Ada banyak hal fungsi teknologi yang membantu karyawan dalam bekerja menjadi lebih mudah dan tentu saja efisien menghemat energi juga waktu dan biaya. 

 

Contoh Teknologi Dalam Dunia Kerja 

Ada beberapa jenis teknologi yang diperlukan di dunia kerja, diantaranya adalah

Teknologi HR
Teknologi Digital Marketing & Sales
Pengembangan Keterampilan
Komunikasi Karyawan
Layanan Pelanggan
Aplikasi absensi online Pengolahan sosial media Kursus online  Email Email
Payroll Email marketing otomatis Website Pesan online Website
Software rekrutmen karyawan CRM Viedeo online Video conference Chat bot
Procurement Maps Group pembelajaran online    
Pengolahan database online   E-book     

Itulah penjelasan tentang perkembangan teknologi dan dunia kerja untuk Anda, selain di atas, masih banyak teknologi lain yang membantu karyawan bekerja dengan efisien dan memberi kemudahan. 

Artikel terkait :
E-Surat, Teknologi Manajemen Surat Masa Kini
5 Teknologi yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha Di Era Digital
Rekomendasi Aplikasi Absensi Online untuk Kantor

 

Kesimpulan 

Perkembangan teknologi telah memberikan dampak yang signifikan pada dunia kerja. Dalam beberapa dekade terakhir, kemajuan teknologi telah mengubah cara kerja, berinteraksi, dan mengelola pekerjaan. Penggunaan teknologi di tempat kerja telah meningkatkan efisiensi, memungkinkan kolaborasi yang lebih baik, dan memperluas mobilitas kerja. Selain itu, teknologi telah mempercepat pengolahan data, meningkatkan akurasi, dan memungkinkan analisis yang lebih mendalam. Karyawan juga dapat memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan keterampilan melalui pembelajaran online.

Namun, dengan manfaat-manfaat ini juga datang tantangan, seperti perlunya melindungi data dan menjaga keseimbangan antara penggunaan teknologi dan kesejahteraan karyawan. Penting bagi perusahaan dan karyawan untuk mengikuti perkembangan teknologi dengan bijak dan memanfaatkannya untuk mencapai kesuksesan dan pertumbuhan di dunia kerja yang terus berkembang.

Salah satu teknologi yang memudahkan dan membantu HR di dunia kerja adalah aplikasi HR Kantor Kita. Memberikan banyak kemudahan dengan fiturnya yang lengkap dari aplikasi absensi karyawan sampai dengan laporan dan payroll penggajian. 

Aplikasi HRD

Itulah penjelasan hari ini tentang Perkembangan Teknologi Dan Dunia Kerja, semoga bermanfaat! 

Previous articleGoogle Workspace Untuk Bantu Karyawan Bekerja
Next articleTips HR : Contoh Email Penolakan Kandidat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here