Tips HR : Contoh Email Penolakan Kandidat

0
1103
Tips HR : Contoh Email Penolakan Kandidat
Tips HR : Contoh Email Penolakan Kandidat

Tips HR : Contoh Email Penolakan Kandidat — Mengirimkan email penolakan kepada kandidat adalah salah satu etika dalam proses rekrutmen karyawan. Mengirimkan email penolakan yang sopan dan menghormati merupakan bagian penting dari proses rekrutmen yang baik. Dengan menerima email ini, kandidat akan merasa lebih dihargai dan value perusahaan lebih bagus karena terlihat profesional. 

Kami akan memberikan contoh email penolakan yang dapat dijadikan referensi oleh HR untuk memberikan informasi yang jelas dan positif kepada kandidat yang tidak berhasil. Dengan menggunakan contoh dan tips yang disediakan, HR dapat memastikan bahwa proses penolakan dilakukan dengan baik dan menjaga reputasi perusahaan dalam menjalin hubungan profesional dengan kandidat.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips kepada departemen sumber daya manusia (HR) mengenai cara menulis email penolakan kepada kandidat yang tidak lolos seleksi. 

Rekomendasi Aplikasi Absensi Terbaik : Kantor Kita 

 

Email Penolakan Kandidat

HR perlu memberikan email penolakan kepada kandidat sebagai tanda penghormatan dan profesionalisme. Email penolakan memberikan penutupan yang baik bagi kandidat yang tidak berhasil, memberikan mereka pemahaman yang jelas tentang hasil seleksi. Ini membangun hubungan profesional dengan kandidat, meningkatkan citra perusahaan, dan memberikan peluang bagi mereka untuk melamar di masa depan. 

Contoh Email Penolakan kandidat

Selain itu, email penolakan mencerminkan budaya perusahaan yang peduli dan memperlihatkan rasa hormat terhadap individu. Dalam beberapa kasus, memberikan umpan balik konstruktif melalui email penolakan dapat membantu kandidat dalam pengembangan karir mereka.

Artikel terkait : Tidak Hanya Mengurus Recruitment, Ini Jobdesk HRD di Kantor

 

Contoh Email Penolakan Kandidat 

Berikut ada beberapa contoh yang bisa digunakan sebagai referensi menulis email untuk kandidat yang tidak lolos dalam proses rekrutmen kerja. 

a. Contoh Email Penolakan Kandidat 1 


Subject   : Pemberitahuan Hasil Seleksi – Lamaran Posisi Content Writer
Dear Sukma Ayu,

Kami ingin mengucapkan terima kasih atas partisipasi Anda dalam proses seleksi untuk posisi Content Writer di perusahaan kami. Setelah melalui tahap evaluasi yang cermat, kami ingin memberitahukan bahwa kami telah menyelesaikan proses seleksi, dan dengan berat hati kami sampaikan bahwa Anda tidak berhasil dalam seleksi kali ini.

Kami menghargai waktu dan upaya yang Anda investasikan dalam tahap seleksi, dan kami ingin memastikan bahwa keputusan ini bukan mencerminkan kurangnya apresiasi terhadap kualifikasi dan pengalaman Anda. Setiap keputusan dalam proses seleksi kami didasarkan pada pertimbangan yang komprehensif, termasuk kriteria yang telah ditetapkan untuk posisi yang sedang kami rekrut.

Kami sangat menghargai minat Anda dalam bergabung dengan perusahaan kami, dan kami mengundang Anda untuk tetap memantau lowongan pekerjaan yang mungkin muncul di masa mendatang. Kami meyakini bahwa Anda memiliki potensi dan kemampuan yang luar biasa yang akan memperkaya karir Anda di tempat lain.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan umpan balik lebih lanjut tentang proses seleksi ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap Anda berhasil dalam upaya pencarian pekerjaan Anda dan mengucapkan terima kasih sekali lagi atas waktu dan energi yang Anda investasikan.


Salam hormat,


Ruhaina Sari, S.Psi
HRD PT Bintang Maju 

b. Contoh Email 2


Subjek   : Pemberitahuan Hasil Seleksi – Lamaran Posisi Sales Canvasser
Yth. Randi Panggalih, 

Terima kasih atas minat Anda dalam posisi Sales Canvasser di perusahaan kami. Kami menghargai waktu dan usaha yang Anda berikan dalam proses aplikasi. Setelah pertimbangan dan evaluasi yang teliti terhadap semua kandidat, dengan sesal kami sampaikan bahwa Anda belum berhasil menjadi bagian dari perusahaan kami dan menempati posisi Sales Canvasser

Kami menerima sejumlah besar pelamar berkualitas tinggi, yang membuat proses seleksi sangat kompetitif. Meskipun keahlian dan pengalaman Anda sangat hebat, kami telah memilih kandidat lain yang lebih cocok dengan persyaratan dan kualifikasi yang kami cari untuk posisi ini.

Mohon mengerti bahwa keputusan ini tidak mencerminkan kekurangan dari pihak Anda. Proses seleksi kami sangat ketat, dan kami harus membuat pilihan yang sulit untuk memenuhi kebutuhan kami saat ini. Kami menghargai lamaran Anda dan kami mengucapkan yang terbaik dalam perjalanan masa depan Anda.

Terima kasih sekali lagi atas minat Anda dalam perusahaan kami. Juga semoga Anda dapat yang terbaik dalam perjalanan karir.


Salam hormat,


Ruhaina Sari, S.Psi
HRD PT Bintang Maju 

c. Contoh Email 3


Subjek   : Pemberitahuan Hasil Seleksi – Lamaran Posisi Sales Canvasser
Kepada : Randi Panggalih, 

Terimakasih sudah mengikuti program rekrutmen kerja di PT Bintang Maju untuk posisi Sales Canvasser. Berdasarkan hasil penilaian dan seleksi kami mengumumkan bahwa saudara dinyatakan TIDAK LOLOS dalam proses seleksi ini. 

Kami sangat menghargai waktu dan usaha Anda untuk mengikuti proses seleksi dari tahap awal sampai tahap interview user. Semoga potensi terbaik Anda membawa ke perjalanan karir yang baik pula. 


Salam hormat,


Ruhaina Sari, S.Psi
HRD PT Bintang Maju 

Itulah beberapa contoh email penolakan kandidat yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pengiriman email untuk kandidat yang tidak lolos proses seleksi. 

Artikel lainya
Tips dan Contoh Membuat Lowongan Pekerjaan
Tips Mudah Mengelola Pembayaran Gaji Karyawan Secara Tepat dan Cepat
Masalah yang Dialami HRD dalam Mengelola SDM Di Perusahaan

 

Kesimpulan 

Artikel Contoh Email Penolakan Kandidat memberikan contoh-contoh email yang dapat digunakan oleh HR untuk memberikan pemberitahuan penolakan kepada kandidat yang tidak berhasil dalam proses seleksi. 

Artikel ini mencakup contoh email yang sopan, menghargai, dan transparan, memberikan penjelasan yang jelas tentang keputusan dan memberikan penghargaan atas partisipasi kandidat. Semoga Anda akan mendapatkan pemahaman tentang pentingnya memberikan penolakan dengan baik, membangun hubungan profesional, dan memberikan umpan balik konstruktif. 

Artikel ini membantu HR untuk menjalankan proses rekrutmen yang adil dan menghargai setiap pelamar, sambil mempertahankan citra dan reputasi positif perusahaan.

Aplikasi Manajemen Kantor by Kantor Kita

Untuk kemudahan lainya, perusahaan bisa menggunakan aplikasi absensi online agar HR lebih mudah mengelola absensi karyawan beserta laporan absensi dan payrollnya. Jika ingin mengetahui penggunaan aplikasi absensi karyawan Kantor Kita bisa banget mencoba demo aplikasi yang bisa digunakan secara gratis 15 hari secara free. 

Sekian informasi hari ini, semoga bermanfaat! 

Previous articlePerkembangan Teknologi Dan Dunia Kerja
Next articleContoh Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here