Aplikasi Absensi KaryawanAplikasi absensi karyawan online merupakan cara baru berabsen di masa digital. Setelah sebelumnya menggunakan berbagai jenis metode absensi, cara absen online inilah yang dinilai cukup efisien di masa sekarang walau tidak menutup kemungkinan bahwa besok akan ada cara absensi yang jauh lebih baik lagi.

Membicarakan aplikasi absensi karyawan, apa sih sebenarnya fitur penting yang dibutuhkan perusahaan untuk memantau dan mengelola karyawan? Karena seperti yang kita ketahui ada banyak sekali aplikasi absen dengan berbagai fitur yang dimiliki.

Dengan mengetahui manfaat dari masing-masing fitur aplikasi absen maka akan jauh lebih mudah dalam pemilihan aplikasi absensi karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa fitur penting dalam aplikasi absensi adalah

1. Time Tracker

Ini adalah fitur untuk pencatat waktu absen setiap karyawan. Time tracker ini merupakan fitur dasar yang dimiliki semua aplikasi absensi sehingga setiap absen berangkat maupun pulang, waktu bisa tercatat dengan jelas.

Fitur ini sangat membantu produktifitas karyawan dalam hal ketepatan waktu, karena keterlambatan maupun kesesuaian waktu setiap harinya bisa terbaca dengan baik. Selain itu time tracker ini juga membantu pengelola karyawan menghitung waktu kerja.

Time tracker dalam aplikasi absensi memiliki bentuk yang beragam, ada yang digunakan hanya untuk pencatatan waktu absen datang dan pulang, ada juga penggunaan seperti stopwatch yang menghitung waktu kerja awal sampai selesai yang biasanya digunakan untuk pekerja paruh waktu, lembur karyawan maupun freelancer.

Jenis time tracker manakah yang Anda butuhkan untuk memeriksa absen karyawan?

2. GPS

Setelah time tracker sekarang kita beralih ke fitur tracking lokasi karyawan yang menggunakan GPS sebagai tools utama.

Gps ini membantu proses absensi online menjadi lebih fleksibel dan juga meminimalkan kecurangan absensi untuk karyawan. Fitur GPS digunakan saat perjalanan dinas maupun kerja remote karyawan sehingga perusahaan bisa tetap memantau lokasi secara real Ketika karyawan bekerja.

Permudah Kinerja Karyawanmu dengan  Software HRIS Enterprise

Ini merupakan inovasi baru dalam metode absensi sebab sebelumnya fitur tracking lokasi tidak bisa dilakukan karena keterbatasan media. Sekarang sudah ada gps dalam perangkat mobile sehingga proses tracking lokasi  menggunakan aplikasi absensi android bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk Anda yang memerlukan pemantauan kerja karyawan dalam kegiatan dinas/lapangan maupun WFH bisa menggunakan aplikasi absensi yang dilengkapi dengan GPS. Sehingga produktifitas kerja karyawan terjaga dan kemungkinan terjadinya kecurangan di lapangan bisa lebih dimimalkan.

3. Face Recognition

Fitur pengenalan wajah atau face recognition merupakan cara absen yang digunakan. Dalam penggunaan aplikasi absensi karyawan ada beberapa cara misalnya hanya dengan menginput waktu absen atau absensi menggunakan tanda pengenalan wajah.

Penerapan face recognition ini membuat proses absen dilakukan hanya dengan mengambil gambar wajah pengguna saja namun data ini akan terlihat pada pusat pengolahan data yang hanya bisa diakses oleh HRD muapun pihak yang bersangkutan.

Dengan begitu proses absen akan jauh dari kemungkinan kecurangan seperti yang banyak terjadi pada metode absen yang sering digunakan sebelumnya.

4. Rekap Absensi Karyawan

Fitur yang cukup penting untuk HRD adalah rekap absensi karyawan atau hasil laporan absensi karyawan perbulan. Memang hampir semua aplikasi absensi dilengkapi dengan laporan absen namun masing-masing aplikasi memiliki karakter dan kelengkapan tersendiri.

Mulai dari visual, sajian dalam bentuk grafik, tabel atau juga penggunaan warna-warna tertentu untuk memudahkan pengelola absen menganalisa rekapan absensi seluruh karyawan. Walaupun rekap absensi ini urusan pengelola absen seperti HRD akan tetapi bagian inilah yang paling dibutuhkan dan perlu dijadikan pertimbangan Ketika memilih aplikasi absensi karyawan.

Baca Artikel : 5 Indikator untuk Penilaian Kinerja Karyawan

Tidak semua laporan memiliki kelengkapan dan visual yang bagus untuk membantu HRD menganalisa absensi karyawan jadi pilih aplikasi yang bisa memberikan kemudahan untuk Anda.

5. Payroll

Fitur tambahan namun cukup penting kehadirannya untuk memudahkan pengelolaan karyaawan adalah payroll. Jika Anda cukup cermat melihat beberapa aplikasi absensi, tidak semua layanan memberikan fitur payrollnya atau jika ingin menggunakan payroll maka perlu memberikan biaya tambahan yang lebih besar.

Payroll adalah manajemen penggajian karyawan dimana hasil penghitungan upah dipengaruhi oleh absensi harian. Biaya pemotongan misalnya dari keterlambatan, maupun potongan jenis lain juga bisa dioah secara otomatis menggunakan system payroll ini.

Penggunaan fitur ini sangat memberikan kemudahan untuk HRD karena tidak perlu menghitung gaji karyawan dan mencocokan dengan absensi secara manual. Penghitungan gaji dilakukan secara otomatis, mudah dan cepat apalagi untuk perusahaan dengan banyak karyawan.

6. Pengajuan Izin dan Cuti

Fitur utama untuk absensi online namun tidak menyediakan system pengajuan izin dan cuti? Aplikasi absensi berkualitas pastinya dilengkapi dengan pengajuan fitur izin dan cuti online.

Dengan fitur izin dan cuti online seperti ini, baik karyawan maupun HRD tidak perlu izin menggunakan media perpesanan yang lain untuk urusan izin. Data izin dan cuti ini juga akan otomatis terinput dalam laporan absen bulanan sehingga pengelola absen tidak perlu mengisi secara manual.

Dari enam fitur di atas, mana yang paling Anda butuhkan? Pertimbangkan fitur utama dan tambahan yang bisa Anda nikmati dalam penggunaan aplikasi absensi agar bisa lebih memaksimalkan kinerja dan tentunya efisien pengeluaran uang dan waktu.

Rekomendasi Aplikasi Absensi

Memilih aplikasi absensi untuk kebutuhan perusahaan yang tinggi tidak bisa dilakukan secara acak. Perlu dilakukan riset kecil untuk menemukan aplikasi absen sekaligus memenuhi kebutuhan pengelolaan absensi karyawan.

Salah satu aplikasi absensi no 1 di Indonesia adalah Kantor Kita. Dilengkapi dengan fitur pengelolaan absensi karyawan maupun administrasi kantor yang lengkap dan juga dengan harga terjangkau.

Beberapa fitur terbaik Kantor Kita adalah

  1. Metode absen face recognition
  2. Laporan/rekap absensi karyawan dengan visual menarik dan ringkas
  3. Payroll
  4. Tracking lokasi dengan GPS
  5. Perizinan dan cuti online
  6. Reimbursemen

Dengan ke-empat fitur utama Kantor Kita, pengelolaan karyawan dalam perusahaan jauh lebih mudah dan cepat. Penilaian sampai pemantauan kerja tidak lagi dilakukan secara manual, efisiensi watu dan tenaga tentunya jauh lebih besar.

Fitur Kantor Kita tidak terbatas ke-enam poin di atas, masih ada banyak fitur yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan untuk pengelolaan data. Seperti pengelola keuangan, inventaris barang sampai dengan surat menyurat.

Jangan khawatir masalah biaya berlangganan karena Anda bisa menggunakan paket tahunan yang jauh lebih hemat. Akses full fitur mulai dari RP. 1.900.000/Tahun untuk 100 pengguna. Cukup hemat, bukan dibanding aplikasi absen lainya?

Baca Juga Artikel : 5++ Cara Membuat Karyawan Nyaman Bekerja

Sedangkan untuk berlangganan bulanan Anda juga mendapatkan tawaran yang menarik, semakin banyak pengguna/karyawan maka biaya juga lebih murah. Mulai RP. 10.000/user dengan jumlah pengguna maksimal 50. Pengguna lebih dari itu? Biaya hanya RP. 8.500 sampai RP. 7.500 per usernya.

Layanan harga hemat dengan fasilitas hebat, yuk coba free trial 15 hari untuk menikmati akses Kantor Kita full fitur secara gratis.

Hubungi kantor kita official untuk konsultasi biaya sampai pertanyaan teknis tentang aplikasi absensi online Kantor Kita.