5 Teknologi yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha Di Era Digital

0
1075
Teknologi yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha Di Era Digital
Teknologi yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha Di Era Digital

5 Teknologi yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha Di Era DigitalHidup di masa digital seperti sekarang ini memang harus menjalani adaptasi dan menerima banyak perubahan maupun ilmu agar bisa tetap mengikuti pergerakan yang ada. Terutama untuk para pelaku usaha di masa digital seperti ini. Sebab kita semua tahu bahwa dunia industri banyak mengalami perubahan pola dari segi marketing sampai dengan proses produksi itu sendiri.

Baca Artikel : Aplikasi Absensi Online Gratis

Industri tidak lagi menggunakan perangkat digital, namun juga memerlukan koneksi internet untuk menjalankan usahanya. Bukan tidak mungkin bahwa teknologi digital ini akan terus tumbuh dan berkembang ke level yang lebih tinggi. Sehingga jika tidak belajar mengikuti mulai dari sekarang juga akan memengaruhi progress di masa depan.

Salah satu penggunaan teknologi yang paling mudah dilakukan adalah dengan memiliki teknologi di dalam perusahaan, misalnya melengkapi kerja dengan aplikasi perkantoran https://www.kantorkita.co.id/  yang membantu proses pengerjaan lebih maksimal dan efisien. Teknologi digital untuk pelaku usaha apa saja sih yang dibutuhkan perusahaan di era industri 4.0  seperti ini?

teknologi di era digital
Teknologi yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha Di Era Digital

Cloud Native

Salah satu Teknologi digital untuk pelaku usaha yang harus dimiliki atau bahkan digunakan adalah teknologi cloud native. Dimana ini adalah teknologi dasar yang membantu manajemen  menjadi lebih mudah dan efisien. Bahkan teknologi ini bukan lagi dimiliki namun juga perlu diterapkan dan digunakan sebagai basis.

Baca Artikel Cara Mudah Kelola Inventaris Barang

Teknologi cloud native ini adalah teknologi untuk membangun dan menjalankan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk penggunaan di lingkungan publik, maupun pribadi. Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang bergerak menuju teknologi ini. Teknologi cloud native adalah tentang kecepatan dan kelincahan.

Beberapa contoh perusahaan yang sudah menggunakan teknologi cloud native ini misalnya Netflix, Uber dan Wechat.

Media Pemasaran dan Branding

Taukah Anda sekarang dunia marketing dan branding bisa kita ciptakan sendiri menggunakan beberapa tools yang ada. Sekarang ini kita semua hidup di masa dimana media sosial dan media digital memiliki tempat yang penting di hidup masyarakat, baik itu untuk eksistensi atau sekedar mencari informasi dan hiburan.

Sebagai pelaku usaha di masa kini, Anda bisa memanfaatkan media digital sebagai media pemasaran dan branding bisnis yang cukup membantu. Apalagi media digital sekarang ini juga dilengkapi dengan layanan iklan berbayar yang membantu kepopuleran dan eksistensi brand Anda lebih maksimal.

Beberapa contoh media digital yang bisa digunakan untuk pemasaran dan branding adalah

  1. Sosial media (instagram, twitter, fb, linkedin, tiktok)
  2. Website (SEO & SEM strategi)
  3. Email marketing
  4. Afiliasi

Apapun produknya, akan lebih eksis dan popular dengan media sosial. Website juga sangat membantu dalam meningkatkan popularitas produk. Apalagi sekarang ini banyak orang yang mencari informasi melalui search engine, jika visibilitas website Anda lebih maksimal maka akan lebih mudah ditemukan calon konsumen. Begitu juga dengan sosial media. Sehingga peluang keberhasilan branding dan marketing juga akan meningkat daripada tidak menggunakan media digital sama sekali.

Media digital ini juga termasuk penting, Anda perlu mengikuti transformasi marketing menggunakan media digital ini agar tidak terlindas dengan competitor yang lainya.

Manajemen Karyawan

Sekarang ini pemantau dan mengelola karyawan tidak perlu dilakukan dengan manual. Karyawan kerja remote, WFH maupun model WFO tetap bisa dipantau dengan baik menggunakan teknologi. Dalam teknologi manajemen karyawan ini ada beberapa software atau aplikasi pendukung, atau biasa disebut dengan sistem HRIS dimana untuk pengelolaan backoffice seperti laporan, payroll dan lain sebagainya.

Untuk HR, pastinya sudah tidak asing dengan teknologi HRIS dimana ini adalah sistem yang membantu untuk mengelola sumber daya manusia. Di dalamnya terintegrasi banyak bidang yang juga sama bergerak dalam mengelola SDM. Misalnya :

  1. Proses recruitment
  2. Penggajian/payroll
  3. Penilaian kinerja
  4. Administrasi pegawai

Di dalam sistem HRIS terkandung banyak manajemen sumber daya manusia, misalnya Aplikasi absensi karyawan online  dimana ini sangat penting digunakan apalagi jika Anda banyak bekerja dengan freelancer maupun pekerja remote sehingga jadwal, kinerja maupun hasil bisa dipantau dengan baik.

Aplikasi ini tidak hanya mengurus tentang absensi karyawan saja melainkan payroll dan data diri karyawan dan lainya.

Manajemen Konsumen

Pernahkah Anda mendengar tentang CRM? Sistem sales dan manajemen konsumen yang bisa membantu pengelolaan konsumen dengan baik? Prinsip dasar dari CRM ini adalah meringkas kerja tenaga sales sehingga bisa lebih efisien. Penggunaan CRM ini juga membantu tim sales menangani kendala maupun complain konsumen lebih baik lagi.

CRM digunakan perusahaan untuk memantau kinerja tim sales, sebab dilengkapi dengan beberapa menu dan fitur yang penting. Misalnya pipeline sales, gps untuk tracking perjalanan sales, target dan juga pencapaian sales.

Lalu bagaimana dengan manajemen konsumennya? Sistem CRM juga digunakan sebagai pusatnya informasi konsumen sehingga untuk mengetahui konsumen potensial, konsumen baru maupun complain konsumen bisa di tracking melalui aplikasi ini.

Dengan penggunaan sistem CRM seperti ini, perusahaan memiliki peluang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, mendapatkan konsumen potensial lebih besar dan juga memantau tim sales dengan baik.

Teknologi Otomatisasi

Sekarang ini mesin dibuat serba otomatis sehingga penggunaanya lebih fleksibel dan memenuhi kebutuhan perusahaan apalagi untuk bagian produksi. Otomatisasi pada mesin ini membuat pengeluaran perusahaan lebih minim namun juga membantu mempercepat proses kerja.

Baca Artikel : Absensi Karyawan Online: Sejarah, Tujuan dan Jenisnya

Teknologi otomatisasi ini tidak hanya berlaku dibidang produksi namun hampir ke semua bagian, misalnya otomatisasi di bidang manajemen keuangan, otomatisasi pengirim pesan dan pengingat maupun otomatisasi pada proses pelayanan konsumen. Tentu saja hal ini menjadi kelebihan karena menghemat waktu cukup baik.

Aplikasi Perkantoran Kantor Kita

Salah satu aplikasi perkantoran yang memenuhi kebutuhan teknologi di perusahaan Anda adalah dari Kantor Kita. Memiliki berbagai teknologi untuk membantu Anda menyelesaikan urusan data, karyawan maupun konsumen. Aplikasi perkantoran Kantor Kita bisa memiliki beberapa produk yang bisa Anda gunakan misalnya

  1. Aplikasi Absensi Online/ HRIS
  2. Aplikasi pengelolaan data (aplikasi inventaris, penomoran surat dan kartu nama)
  3. Aplikasi sales (CRM, POS)
  4. Aplikasi procurement

Aplikasi Kantor Kita memiliki keutamaan visual yang menarik dan harga yang hemat untuk berbagai kelas enterprise. Sehingga ramah untuk siapa saja. Anda bisa menggunakan Aplikasi Kantor Kita sebagai alat pengembangan perusahaan Anda.

Informasi  untuk seluruh produk Kantor Kita ini bisa Anda dapatkan dari halaman aplikasi kantor Kantor Kita ini.

Kesimpulan

Strategi berwirausaha saat ini mengalami banyak perubahan baik dari segi marketing, produksi, manajemen dan penjualan. Jika tidak mengikuti perubahan ini tentunya membuat perusahaan lebih tertinggal dan kurang update dengan competitor lainya. Sekian ulasasan 5 teknologi yang harus di miliki pelaku usaha di era digital hari ini, semoga bermanfaat untuk Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here