Evaluasi Akhir Tahun, Manfaat dan Fungsinya

0
1292
Evaluasi Akhir Tahun, Manfaat dan Fungsinya
Evaluasi Akhir Tahun, Manfaat dan Fungsinya

Evaluasi Akhir Tahun, Manfaat dan FungsinyaEvaluasi kinerja setiap tahun adalah hal yang perlu dilakukan semua perusahaan maupun organisasi. Dimana selain rencana kerja tahunan karyawan, evaluasi kerja ini menjadi satu agenda yang sayang jika terlewatkan.

Bagaimana dengan organisasi di tempat kamu bekerja? Apakah sudah ada evaluasi akhir tahun atau setiap tahunnya malah tidak ada? Apa saja sih tujuan dilakukannya evaluasi akhir tahun dan bagaimana dengan manfaatnya?

Mari kita bahas bersama tentang evaluasi akhir tahun ini bersama-sama.

 

Evaluasi Akhir Tahun

Evaluasi akhir tahun adalah evaluasi yang dilakukan setiap setahun sekali untuk me-refleksikan kondisi perusahaan, yang dilihat dari performa umum perusahaan, performa keuangan perusahaan, performa kerja karyawan.

Sehingga penilaian akhir tahun ini tidak hanya penting dan dilakukan untuk karyawan saja melainkan juga untuk perusahaan. Untuk kemudian hasil penilaian tersebut digunakan untuk pengembangan perusahaan ke depannya.

Bersamaan dengan evaluasi akhir tahun ini umumnya dilengkapi dengan feedback karyawan selama bekerja. Untuk kemudian masukan dan evaluasi di masak lagi untuk menjadi rencana perusahaan.

Aplikasi Absensi pegawai

Ada beberapa hal yang masuk dalam penilaian performa kerja perusahaan, diantaranya adalah

1. Penilai Performa Perusahaan

Sebelum masuk pada penilaian dan evaluasi karyawan, akan lebih baik jika kita membahas tentang penilaian performa perusahaan terlebih dahulu. Menilai performa perusahaan menjadi satu hal penting untuk melihat seberapa jauh perusahaan berjalan di tahun tersebut, apakah mengalami kemunduran atau sebaliknya.

Beberapa indikator yang bisa digunakan untuk menilai performa perusahaan dan untuk evaluasi diantaranya adalah

a. Rasio Liquiditas

Rasio liquiditas adalah rasio yang digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban perusahaan dalam hal membayar hutang jangka pendek. Dengan mengetahui rasio liquiditas maka perusahaan maupun partnernya bisa menilai keputusan yang baik ke depannya. Misalnya jika ingin kredit barang maupun lainya. Jika perusahaan dirasa tidak bisa membayar kredit maka akan lebih baik jika perusahaan terlebih dahulu tidak mengambil hutang terlebih dahulu.

Jika kondisi liquiditas perusahaan dalam kondisi baik maka perusahaan dalam kondisi liquid sedangkan jika dalam kondisi tidak bisa memenuhi kewajibannya maka disebut dengan iliquid.

b. Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar hutang jangka panjang.

c. Rasio Aktivitas

Rasio yang menggambarkan penggunaan aset perusahaan untuk menghasilkan profit.

d. Rasio Provitabilitas

Rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan uang dari berbagai sumber (aset, produksi).

Dengan menilai performa perusahaan, semua stakeholders perusahaan dapat menilai apakah perusahaan masih bisa berjalan untuk tahun yang akan datang, apa saja hal yang perlu ditingkatkan dan dikurangi juga evaluasi hasil yang sudah berjalan.

Keputusan pengalokasian data, efisiensi perusahaan dapat tergambar dari hasil penilaian performa perusahaan ini.

2. Penilaian Kinerja Karyawan

Penilaian kinerja tahunan karyawan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengevaluasi kinerja karyawan beserta feedback yang diberikan untuk perusahaan.

Jika penilaian performa karyawan dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi perusahaan di tahun tersebut dengan banyak menggunakan indikator keuangan dan lainya, maka untuk penilaian karyawan ini lebih ke penilaian internal dan perbaikan lingkungan kerja karyawan.

Penilaian kinerja ini sudah pernah kami bahas dan dibaca dalam indikator penilaian kinerja karyawan berikut ini.

Sedangkan contoh form penilaian kinerja karyawan dapat  dilihat dalam form penilaian karyawan terbaru berikut ini.

Dari hasil dan evaluasi penilaian kinerja ada beberapa hasil yang bisa didapatkan, diantaranya adalah

  1. Karyawan berprestasi / karyawan potensial
  2. Reward untuk karyawan
  3. Karyawan yang memerlukan pengembangan
  4. Kondisi karyawan secara umum
  5. Langkah perusahaan dalam meningkatkan kenyamanan dan performa kerja karyawan
  6. Perbaikan sistem yang dibutuhkan karyawan

Jika performa kerja karyawan tidak dilakukan maka akan sulit bagi perusahaan untuk mengembangkan lingkungan yang ideal dan nyaman untuk karyawan.

Sedangkan feedback juga sangat dibutuhkan perusahaan. Jadi tidak hanya perusahaan saja yang memberikan penilaian kepada karyawan namun karyawan juga bisa memberikan masukan dan saran secara langsung melalui feedback.  Hasil feedback ini kemudian perlu diproses untuk dikembangkan dan tindaklanjuti.

Formulir Umpan Balik Karyawan
Formulir Umpan Balik Karyawan

Pun dari hasil feedback karyawan ini perusahaan bisa berbenah. Mulai dari sarana dan fasilitas yang diberikan sampai dengan berbenah pada sistem yang ada pada perusahaan.

3. Rencana Kerja Tahunan

Pembahasan selanjutnya yang ada dalam evaluasi akhir tahun adalah rencana kerja tahunan untuk karyawan maupun perusahaan. Membangun rencana kerja tahunan menjadi hal yang penting agar perusahaan bisa mengetahui apa saja tugas yang perlu di list berdasarkan skala prioritasnya.

Sedangkan karyawan mengikuti kepentingan perusahaan dengan menjalankan tugas-tugas yang ada. Rencana kerja tahunan karyawan dilakukan mulai dari penyusunan tindakan, target hasil dan waktu juga pelaksana.

Informasi lengkap tentang rencana kerja tahunan dapat dipahami di ulasan Menuju 2022, Sudahkah Membentuk Rencana Kerja Tahunan Perusahaan?

 

Akhir Tahun Jangan Lupa Evaluasi Kerja!

Dengan beberapa manfaat dan fungsi yang dilakukan dari evaluasi kinerja akhir tahun maka pastinya evaluasi kinerja ini menjadi agenda yang tidak boleh ditinggalkan. Evaluasi kerja juga tidak hanya dilakukan untuk perusahaan saja melainkan juga untuk karyawan.

Nah itulah hal-hal yang perlu dicek saat saat evaluasi akhir tahun perusahaan semoga bermanfaat dan menjadi informasi yang membantu.

Jika ingin mengelola karyawan seperti evaluasi akhir tahun dan lainya, bisa lebih mudah menggunakan aplikasi hr dari Kantor Kita. Software HRIS Indonesia yang menghadirkan berbagai kebutuhan HR untuk memberikan kemudahan mengelola karyawan.

kontak aplikasi absensi kantor kita

Coba Kantor Kita dengan fitur lengkap selama 15 hari gratis dengan menggunakan demo Kantor Kita. jika ingin lebih lanjut silahkan agendakan virtual zoom meeting bersama tim kami!

Sekian informasi hari ini semoga bermanfaat!

Previous articleTips Menjaga Kesehatan Mata Ketika Sering Bekerja Di Depan Layar Komputer
Next articlePrediksi Trend HR 2023, Ulasan Lengkap!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here