Menuju 2022, Sudahkah Membentuk Rencana Kerja Tahunan Perusahaan?

0
9546
encana Kerja Tahunan
Menuju 2022, Sudahkah Membentuk Rencana Kerja Tahunan Perusahaan?

Menuju 2022, Sudahkah Membentuk Rencana Kerja Tahunan Perusahaan?Dalam setiap organisasi atau kelompok yang bergerak pada kepentingan tertentu, perencanaan kerja adalah salah satu agenda kelompok yang perlu dibuat. Umumnya jika di organisasi umum akan dibentuk penyusunan proker atau program kerja dalam periode tertentu. Jika di perusahaan atau di tempat kerja lainya, akan dibentuk rencana kerja tahunan perusahaan yang dilakukan satu tahun sekali.

Rencana kerja ini sangat penting disusun untuk membantu sebuah tim atau perusahaan menyiapkan diri dalam pekerjaan yang perlu dilakukan atau juga diselesaikan satu tahun yang akan datang.

Nah kenapa sih rencana kerja tahunan perusahaan ini perlu dilakukan setiap divisi atau perusahaan? Bagaimana cara membuatnya dan apakah perusahaan Anda sudah membuatnya untuk persiapan tahun 2022 ini? Jika belum pas banget mari kita memperlajari rencana kerja tahunan perusahaan ini di pembahasan berikut.

Rencana Kerja Tahunan

Rencana kerja tahunan adalah perencanaan program kerja yang akan digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan kerja dalam waktu satu tahun yang akan datang. Rencana kerja tahunan ini membantu sebuah tim atau kelompok yang lebih besar untuk mengetahui hal apa saja yang ingin dicapai, memecah pekerjaan menjadi lebih ringan dan ringkas dan juga mencari cara terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

Dengan membuat rencana kerja ini membantu persiapan kerja yang akan datang dengan matang dan teratur bahkan terstruktur.

Rencana Kerja Tahunan
Figure 1 Rencana Kerja Tahunan

Komponen Apa Saja yang Harus Ada Dalam Rencana Kerja Tahunan?

Untuk menyusun rencana kerja tahunan, Anda perlu mengetahui komponen apa saja yang harus masuk di dalamnya. Komponen ini untuk membantu rencana kerja bisa lebih detail dan terstruktur. Beberapa diantaranya adalah

1. Tujuan yang Ingin Dicapai

Dalam penyusunan rencana kerja tahunan diperlukan menentukan tujuan yang ingin dicapai. Hal ini akan membantu sebuat tim/perusahaan menentukan tindakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Penentuan tujuan ini perlu ditelaah kembali sebab masih ada tim atau bahkan perusahaan yang bingung dengan tujuan yang ingin dicapai baik dalam waktu satu tahun ke depan ataupun tujuan jangka panjang.

Tujuan ini terbagi menjadi tujuan jangka panjang yang akan dicapai dan juga tujuan satu tahun yang akan datang. Tujuan tahunan ini membantu sebuah tim menyusun rencana lebih detail dan efektif.

2. Penyusunan Daftar Tindakan

Selanjutnya adalah penyusunan rencana atau daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tahunan tersebut. Penyusunan daftar tindakan ini akan membantu mengidentifikasi pekerjaan apasaja yang perlu dilakukan, penyusunan strategi pekerjaan dan juga membantu lebih detail dalam melihat tantangan apa saja yang perlu dihadapi.

Baca Artikel Tentang Aplikasi yang Dibutuhkan Saat Ini

Jadi dalam waktu setahun ke depan, sebuah tim tidak bekerja dengan tanpa rencana atau bekerja secara mendadak. Karena semua rencanan dan tindakan sudah disusun di satu waktu untuk satu tahun yang akan datang.

3. Target

Selanjutnya adalah penentuan target untuk mendapatkan tujuan tersebut. Target ini bisa dilihat dari waktu atau dengan indikator lainya. Tentunya penentuan target ini juga disesuaikan dengan kemampuan perusahaan/tim seperti SDM, atau juga kesempatan dan kemampuan yang lainya sehingga target bisa dicapai.

Itulah beberapa komponen yang harus selalu ada dalam rencana kerja tahunan. Dengan ketiga komponen di atas, rencana kerja bisa dibentuk dan digunakan sebagai acuan untuk menjalankan kerja yang sudah disusun.

Bagaimana Jika Rencana Kerja Tidak Disusun?

Seperti yang sudah disinggung di atas, rencana kerja sangat membantu sebuah tim untuk mengetahui pekerjaan yang harus dilakukan satu tahun ke depan. Namun bagaimana jika sebuah tim tidak menyusun rencana kerjanya?

1. Perencanaan Kerja Kurang Matang

Tanpa adanya penyusunan rencana kerja tahunan, maka perkerjaan dilakukan berjalan begitu saja. Padahal jika melakukan perencanaan, sebuah tim bisa mengidentifikasi event tertentu dan membuatnya penyususnan lebih detail. Berbeda dengan jika sebuah event direncanakan secara mendadak. Maka hasilnya pasti kurang matang, memiliki banyak kekurangan, teknis yang tidak jelas atau tim yang tidak paham dengan skema kerja.

Untuk itu perlu dilakukan perencanaan dengan terstuktur agar semua event bisa di identifikasi dengan jelas, disusun dengan rapi dan jelas juga.

2. Peluang Kegagalan Lebih Besar

Semakin sebuah proyek tidak direncanakan dengan baik maka memiliki peluang lebih besar untuk gagal. Sebab dalam perencanaan, akan terlihat apa saja tantangan dan strategi yang digunakan. termasuk juga plan B yang digunakan jika plan A tidak bisa dijalankan.

Berbeda jika sebuah proyek tidak direncakana dengan baik, maka proses kerja berjalan dengan tanpa strategi, atau perencanaan yang kurang matang, resiko salah penghitungan langkah, tidak adanya rencanan cadangan dan lain sebagainya.

Jadi untuk mencegah resiko kegagalan dan memperbesar peluang keberhasilan segala sesuatunya memang perlu direncanakan.

Baca Dear HRD, Tinggalkan Cara Lama dengan Cara Modern dan Efisien

3. Hasil yang Didapatkan Kurang Maksimal

Yang terakhir adalah result atau hasil jika tidak adanya perencanaan kerja, yaitu hasil yang didapatkan kurang maksimal. Bisa saja berupa target yang tidak sesuai, pekerjaan yang kedodoran, banyak yang hal berjalan tidak sesuai dengan perencanaan dan lain sebagainya.

Buat perencanaan dengan matang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika hasil tetap kurang maksimal, at least sudah bekerja sebaik mungkin dan persiapan yang bagus. Jadi tidak ada yang akan disesali.

Mengenai perencanaan kerja ini, mengingatkan tentang quote dari Benjamin Franklin. Ia mengatakan bahwa

By failing to prepare, you are preparing to fail

Benjamin Franklin

Inilah pentingnya planning dan preparation untuk sebuah tim atau perusahaan. Semua perencanaan dans persiapan sangat dibutuhkan untuk siapa saja.

Contoh Rencana Kerja Tahunan Perusahaan

Berikut adalah contoh penyusunan rencana kerja tahunan perusahaan. Tentunya juga setiap perusahaan atau tim bisa membangun format sendiri sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanya.

No Tujuan Kegiatan Tim pelaksana Waktu Pelaksanaan Biaya Indikator keberhasilan
1 Branding untuk  event ramadhan –          Promosi konten

–          Pembuatan event promo flash sale

–          Give away

Tim media dan marketing Pertengahan ramadhan Give away 300.000

 

Kesepakatan biaya promo dengan tim penjualan & marketing

 

 

 

 

 

 

Table 1 Contoh Rencana Kerja Tahunan Perusahaan

Setiap perusahaan atau tim bisa membuat template perencanaan ini sesuai dengan kebutuhan dan format yang ada. Yang terpenting adalah rangka rencana kerja ini sudah berisi komponen yang dibutuhkan seperti tujuan, pelaksanaanm, waktu pelaksanaan sampai dengan target dan lain sebagainya.

Kerja Mudah dengan Aplikasi Perkantoran Kantor Kita

Sekarang ini perusahaan bisa mudah  dalam menjalankan program kerjannya dengan bantuan aplikasi perkantoran. Tentu saja aplikasi perkantoran ini hadir dengan berbagai bentuk dan fungsi. Mulai dari aplikasi HRIS untuk membantu kerja HRD sampai dengan aplikasi keuangan/finance sampai aplikasi administratif.

Baca Juga Tentang Software Solusi Perkantoran Terbaik Tahun 2022

Kerja dengan bantuan aplikasi membantu perusahaan mencapai targetnya. Apalagi perusahaan yang beralih menggunakan teknologi digital juga merupakan revolusi untuk membuat perusahaan lebih maju, modern dan efisien.

Salah satu aplikasi perkantoran yang membantu perusahaan bekerja lebih efisien adalah Kantor Kita. Menghadirkan aplikasi HRIS dan juga memberikan plugin tambahan berupa aplikasi finance sampai dengan pengadaan.

aplikasi kantor kita
Gambar  1 Aplikasi Perkantoran Kantor Kita

Sedangkan aplikasi HRIS Kantor Kita juga menjadi aplikasi terpopuler dan menjadi pilihan perusahaan karena memiliki fitur lengkap untuk membantu perusahaan bekerja lebih mudah dan efisien.

fitur aplikasi kantor kita
Gambar 2 Fitur Aplikasi Kantor Kita

Di tahun 2022, Anda bisa memperbarui sistem kerja perusahaan Anda menjadi lebih baik menggunakan teknologi seperti aplikasi dari Kantor Kita. Aplikasi perkantoran profesional dengan harga terjangkau! Informasi lebih lanjut dari Kantor Kita bisa langsung didapatkan dengan menghubungi kontak Kantor Kita.

Kesimpulan

Rencana kerja tahunan perusahaan adalah hal yang diperlukan untuk perusahaan. Dengan perencaan yang baik maka proyek kerja bisa dikerjakan dengan maksimal dan bisa menghitung langkah maupun strategi yang tepat untuk itu. Hasilnya proyek juga memiliki result yang diinginkan atau paling tidak mendekati target.

Rencana kerja perusahaan bisa dipermudah dengan pengaplikasian aplikasi kantor misalnya dari Kantor Kita. Yang hadir dari urusan HRIS sampai aplikasi kas keuangan dan procurement.

Itulah penjelasan mengenai rencana kerja tahunan perusahaan dan contoh rencana kerja tahunan perusahaan, semoga bermanfaat!

Previous articleCuti Bersama Natal 2021, Ada atau Dihapuskan?
Next articleSemangat Baru 2022 untuk Perusahaan dan Karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here