Semangat Baru 2022 untuk Perusahaan dan Karyawan

0
449
Semangat Baru 2022 untuk Perusahaan dan Karyawan
Semangat Baru 2022 untuk Perusahaan dan Karyawan

Semangat Baru 2022 untuk Perusahaan dan KaryawanTahun baru membawa semangat baru kepada perusahaan, apalagi untuk karyawan. Namun semangat ini tidak hanya dibangun dengan semangat kerja saja, melainkan juga dibantu perusahaan dengan event-event menarik.  Misalnya gathering atau juga rapat besar perusahaan menjelang tahun baru.

Semarak tahun baru juga bisa memberikan semangat baru untuk perusahaan dalam melakukan pengembangan dan inovasi baru, bisa saja dari pembentukan strategi kerja yang baru.

Baca Artikel Software Solusi Perkantoran Terbaik Tahun 2022

Nah gimana sih membangun semangat baru untuk para karyawan sehingga berangkat kerja di bulan Januari tetap terjaga semangatnya?

1. Employee Gathering

Gathering adalah salah satu event yang cukup seru dan menyenangkan untuk semua karyawan. Bagaimana tidak di acara gathering ini karyawan benar-benar memanfaatkan waktu luangnya untuk menikmati momen asik bersama teman-teman kerja tanpa harus pusing soal pekerjaan.

Employee gathering ini adalah salah satu event tahunan yang perlu dilakukan untuk membangun kebersamaan dan kekompakan sebuah tim. Banyak perusahaan yang melakukan employee gathering ini di akhir tahun bulan November atau Desember dimana kegiatan tidak hanya bersenang-senang namun juga menjadi ajang untuk mencari inspirasi kerja untuk persiapan tahun yang akan datang.

Jadi ketika tahun baru datang, karyawan merasa fresh tetap semangat bahkan memiliki inovasi dan harapan baru untuk perusahaan tersebut.

Beberapa startup atau media online menjadikan gathering sebagai ajang untuk penyusunan program kerja yang akan dilakukan di tahun yang akan datang atau periode tertentu jadi sekalian liburan, main bareng, kumpul juga menjadi event yang efektif untuk membentuk program kerja.

2. Peningkatan Skill dan Olmu Karyawan

Setiap tahun perusahan pastinya ingin bergerak lebih maju dan karyawan juga kompeten terhadap pekerjaan yang ia miliki. Salah satu hal yang membuat hal ini terwujud adalah dengan memberikan pelatihan untuk karyawan.

Pemberian pelatihan kepada karyawan juga menjadi salah satu hal yang membantu karyawan merasa semangat karena ia bisa mengupgrade ilmu yang dimiliki.

Dua hal di atas bisa membantu karyawan memiliki semangat baru di tahun 2022. Dimana gathering membantu membangun kekeluargaan di perusahaan juga pelatihan untuk meningkatkan skill dan ilmu baru untuk karyawan.

Untuk persiapan kerja ditahun 2022 jangan lupa untuk membuat rencana kerja tahunan terlebih dahulu .

3. Menerapkan Strategi Kerja Baru Di Perusahaan

Hal yang membuat suasane perusahaan lebih berbeda di awal tahun adalah pembuatan strategi kerja baru di perusahaan. Hal ini bisa menjadikan angin segar untuk perusahaan untuk mengalihkan bekerja dengan cara lama.

Ada banyak hal yang menjadi bahan untuk menerapkan strategi kerja baru, misalnya penggunaan teknologi di perusahaan sehingga karyawan bisa merasa lebih mudah dalam bekerja, atau pembentukan tim baru dan juga pengaplikasian rencana baru.

Hal ini membuat karyawan bisa melihat satu hal yang baru sehingga tidak jenuh dengan pekerjaannya. Penerapan strategi ini akan lebih maksimal jika di putuskan oleh perusahaan.

Baca Artikel Dear HRD, Tinggalkan Cara Lama dengan Cara Modern dan Efisien

Untuk menjaga semangat kerja karyawan memang tidak bisa dilakukan secara praktis namun perlu dilakukan dengan program tertentu seperti gathering atau juga kegiatan lain yang bermanfaat dan tidak membebani karyawan.

 

Agenda Tahunan HR

Membicarakan tugas tahunan di perusahaan, HR adalah bagian yang cukup perlu mempersiapkan segala hal di pergantian tahun. Agenda kerja HR cukup padat misalnya untuk

1. Mengurus Pembayaran Pajak

Pajak merupakan kewajiban  yang harus dibayarkan perusahaan pertahunnya untuk negara. Pajak dalam perusahaan juga terbagi atas pajak masa dan juga pajak tahunan karyawan. Pembayaran pajak atau SPT ini sekarang bisa dilakukan secara online.

Baca Artikel Aplikasi yang Dibutuhkan Saat Ini

2. Mengurus Recruitment

Untuk beberapa perusahaan, melakukan recruitment karyawan adalah agenda tahunan atau juga kondisional. Untuk perusahaan tertentu yang menggunakan sistem kontrak pastinya perlu terus men-supply karyawan baru agar SDM perushaan bisa terpenuhi.

3. Mengurus Cuti dan Hari Libur Karyawan

Sebelum semua karyawan melihat hari libur cuti nasional, HR perlu lebih dulu mengecek cuti nasional dan digunakan sebagai dasar untuk membentuk kalender kerja di perusahaan.

Di tahun 2022 sendiri ada hari cuti nasional yang sudah ditetapkan. Berikut adalah daftarnya

No Tanggal Hari Jenis Cuti Nasional
1. 1 Januari Sabtu Tahun Baru 2022
2. 1 Februari Selasa Tahun Baru Imlek
3. 28 Februari Senin Isra Mi’raj
4. 3 Maret Kamis Hari Suci Nyepi
5. 15 April Jumat Wafatnya Isa Almasih
6. 17 April Minggu Hari Paskah
7. 1 Mei  Minggu Hari Buruh Internasional
8. 2-3 Mei Senin-Selasa Hari Raya Idul Fitri
9. 16 Mei Senin Hari Raya Waisak
10. 26 Mei Kamis Kenaikan Isa Al Masih
11. 1 Juni Rabu Hari Lahir Pancasila
12. 9 Juli Sabtu Hari Raya Idul Adha
13. 30 Juli Sabtu Satu Muharam
14. 17 Agustus Rabu Hari Proklamasi
15. 8 Oktober Sabtu Maulid Nabi
16. 25 Desember Minggu Hari Raya Natal

Table 1. Hari Cuti Nasional 2022

Bersamaan dengan hadirnya jadwal cuti nasional yang sudah rilis, pastinya HR juga memiliki tugas untuk memberikan jadwal THR untuk karyawan. Sebab tunjangan hari raya diberikan mengikuti dengan waktu berbeda-beda sesuai dengan hari raya yang ada

Hari Raya Tanggal Batas Akhir Pemberian THR
Tahun Baru Imlek 1 Februari 25 Januari
Hari Suci Nyepi 3 Maret 24 Feb
Hari Raya Idul Fitri 2-3 Mei 25 April
Hari Raya Waisak 16 Mei 9 Mei
Hari Raya Natal 25 Desember 18 Desember

Table 2. Pemberian THR untuk Karyawan setiap Agama

Agenda kerja HR ini akan lebih mudah jika diatur menggunakan aplikasi kantor mulai masalah cuti dan absen, payroll sampai dengan recruitment. Karena sekarang sudah ada aplikasi HRIS yang membantu HR mengelola tugasnya dengan lebih mudah.

Salah satu aplikasi andalan untuk HR adalah aplikasi kantor dari Kantor Kita. Membantu HR mengelola urusan absen samapi payroll dengan aplikasi absensi Kantor Kita.

Aplikasi absensi nomor 1 di Indonesia dengan visual yang menarik untuk user, mudah digunakan dan tentunya harga yang terjangkau dan ramah untuk perusahaan.

 

Kesimpulan

Untuk membangun semangat karyawan di tahun baru agar tidak jenuh dan bosan memang perlu hal-hal khusus seperti melakukan gathering , pelatihan atau juga melakukan pembuatan strategi baru untuk perusahaan.

Urusan pengelolaan karyawan dan administrasi bisa dengan mudah diselesaikan HR dengan menggunakan teknologi, salah satunya adalah aplikasi HRIS. Aplikasi ini bisa didapatkan di Kantor Kita, berlangganan aplikasi kantor yang bantu HR mengelola karyawan dan administrasi dengan mudah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here