Tips Menjaga Kesehatan Mata Ketika Sering Bekerja Di Depan Layar Komputer

0
2653
kesehatan mata karyawan
kesehatan mata karyawan

Tips Menjaga Kesehatan Mata Ketika Sering Bekerja Di Depan Layar KomputerBagi kamu yang sering bekerja di depan layar komputer, hal ini harus diwaspadai terutama untuk kesehataan pada mata kamu. Seberapa penting sih menjaga kesehatan mata?

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa mata merupakan alat indra penglihatan yang sangat berguna bagi kita untuk dapat melihat sekeliling dengan jelas dan terang. Segala aktivitas kinerja dapat diselesaikan dengan cepat, apabila mata kita sehat dan tidak merasa perih, merah, serta gatal-gatal.

Akibat setiap hari sering di depan layar monitor membuat mata menjadi merah dan gatal-gatal. Usahakan jangan digaruk atau dikucek matanya ya guys, nanti akan membuat lebih parah dan bisa mengakibatkan iritasi pada bagian pupilmu.

Sehingga mengakibatkan kerusakan yang parah, maka dari itu pentingnya selalu menjaga mata agar kinerja keseharian kamu tidak menumpuk baik yang sedang bekerja dirumah maupun di kantor.

 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata  

Tahukah kamu? Mata yang sehat mempunyai ciri tersendiri loh, beberapa diantara mempunyai penglihatan yang jelas dan tidak buram, mata bening, memiliki kadar air kelembapan mata yang  baik, dan tidak merah atau pun gatal-gatal.

Dengan mata yang sehat kita dapat melihat sekeliling dengan jernih karena titik fokus penglihatan pada mata jatuh di arah yang benar, serta tidak terlihat buram ini merupakan salah satu ciri mata yang sehat. Selalu menjaga kesehatan mata dimanapun berada itu  akan mencegah terjadinya kerusakan mata dan kita bisa melihat dengan jelas serta tidak terasa buram.

ciri mata sehat
ciri mata sehat

Lalu apa saja sih tips menjaga kesehatan mata agar sehat? Bagaimana akibat kurang memperhatikan kesehatan mata? Mata rusak biasanya dikarenakan  kebiasaan control mata tidak rutin kepada dokter kesayangan, dan beberapa penyakit mata yang harus anda waspadai dan ketahui akan dibahas dibawah ini satu persatu.

 

Tips Menjaga Kesehatan Mata 

Berbagai tips yang didapatkan dari berbagai sumber memang berbeda-beda, namun sebaiknya kita telaah terlebih dahulu pada setiap gejalanya. Apakah kamu merasakan keluhan dan terasa mata ada sedikit yang berbeda dalam pandangan? Waspada ya guys takutnya itu berefek terhadap kesehatan mata,  lalu apa yang harus dilakukan guna membuat mata menjadi lebih sehat?

Nah yuk ikuti  tips menjaga kesehatan mata agar sehat.Sudahkah kamu mengetahui cara untuk mencegah kerusakan pada mata? Membaca itu penting untuk pengetahuanmu agar semakin luas dan kita jadi lebih berhati-hati lagi untuk menjaga kesehatan mata dalam melakukan kegiatan apapun. Berikut tips menjaga Kesehatan pada mata :

1. Konsumsi Buah dan Sayur 

Beragam jenis buah dan sayur, namun dengan bahan organic ini pastinya menyehatkan ya. Khususnya bagi kamu pecinta buah dan sayur. Lalu apa saja buah dan sayur yang dapat memperkuat sistem saraf mata kita, adapun sayuran yang wajib kamu konsumsi dalam keseharian seperti: wortel, brokoli, bayam dan lain. Sedangkan untuk buah-buahan bisa kamu konsumsi ada avocado, pisang, manga beserta ubi jalar dan buah yang menjadi favoritmu.

2. Minum Air Putih

Selain mengatasi dehidrasi pada tubuh kita, dering meminum air putih juga bisa membuat mata kita menjadi  lembab dan tidak mengalami kering. Jika mata kering hal yang tidak diinginkan mungkin akan terjadi seperti gatal, perih, dan sakit. Banyaklah meminum air putih guna menyeimbangkan kadar air di mata kita.

3. Melihat Bidang Hijau 

Sejenak melihat sekeliling yang hijau pada saat lama berada di depan komputer. Jika berlama-lama memandangi layar komputer bisa kamu berhenti dan melihat hijau-hijauan untuk melenturkan syaraf agar mata jadi lebih fokus lagi.

Setelah lama melihat monitor, alihkan pandangan ke pohon hijau yang memiliki jarak kurang lebih 20 meter dari tempat kamu. Hal ini akan membantu relaksasi mata.

4. Senam Mata

Memejamkan mata selama 15 detik untuk mengurangi rasa pedih saat terkena radiasi di komputer dan Mengedipkan mata selama 5 detik sekali dan tidak melotot kelayar komputermu. Menggerak-gerakan mata kekiri dan kanan untuk senam ringan agar mata lebih rileks.

5. Perkecil Paparan Radiasi ke Mata 

Kurangi cahaya pada komputer agar radiasi berkurang dengan cahaya yang sedang pada layar monitormu.Selain itu kurangi penggunan handphone atau monitor komputer dalam waktu yang sering dan berkepanjangan. Hal inilah yang tidak disadari akan membuat fungsi mata terus mengalami penurunan.

Itulah kegiatan yang bisa kamu lakukan dalam keseharian saat berkantor, ini membuat kesehatan mata kamu menjadi lebih sehat, meskpun berlama-lama menghadap komputer sehingga pengerjaan tugas yang diberikan cepat terselesaikan.

Baca juga artikel tentang Pentingnya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Karyawan

 

Masalah Kesehatan Mata

Apakah mata kamu mengalami keadaan mata yang beda? Kamu harus cepat periksakan ke Dokter untuk dicek kesehatan mata agar cepat sembuh. Disarankan kamu jangan sembarang pakai obat mata tanpa resep dokter ya. Itu akan mengakibatkan kerusakan mata yang parah, dan jika dibiarkan saja mungkin akan berdampak permanen pada matamu. Pentingnya selalu menjaga kesehatan mata supaya dapat melihat dengan jelas dan terang.

Akibat mata rusak dengan kegiatan yang sering berada di depan layar komputer adalah

masalah pada mata
masalah pada mata

Baca juga Cara Menagemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja

 

Kesimpulan 

Mengelola kesehatan mata menjadi satu hal yang penting. Apalagi untuk karyawan yang terus menggunakan komputer dan melihat monitor setiap harinya. Beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata bisa diperiksa di atas.

Jika ingin menggunakan aplikasi absensi karyawan untuk memudahkan HRD mengelola karyawan bisa menggunakan Aplikasi HR dari Kantor Kita. Absensi jadi lebih mudah pun menghitung payroll maupun rekap absensi jelas aman.

Gunakan absensi karyawan mode gratis dalam free trial selama 15 hari untuk mencoba semua fiturnya.

Sekian informasi hari ini tentang menjaga kesehatan mata untuk karyawan, semoga bermanfaat!

Previous articleAturan Cuti Sakit Karyawan
Next articleEvaluasi Akhir Tahun, Manfaat dan Fungsinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here