3+ Aturan Pinjaman Karyawan di Perusahaan

0
171
pinjaman perusahaan
3+ Aturan Pinjaman Karyawan di Perusahaan

3+ Aturan Pinjaman Karyawan di Perusahaan. Perusahaan terdiri dari berbagai macam karyawan yang berasal dari latarbelakang yang cukup beragam, mulai dari kondisi keluarga, pendidikan sampai dengan tanggungan yang harus dihidupi. Adanya karyawan dengan tingkatan ekonomi yang beragam juga membuat perusahaan harus membuka mata lebar-lebar untuk memberikan kemudahan dan jaminan kepada pekerjanya.

Perusahaan cukup memberikan andil dalam kesejahteraan karyawan, misalnya pemberian keringanan dan bantuan-bantuan. Salah satu program bantuan yang diberikan perusahaan untuk karyawan adalah program pinjaman karyawan.

aplikasi kantor kita
Gunakan Aplikasi Kantor Kita Untuk Memudahkan Pekerjaanmu

Masalah ekonomi adalah masalah yang cukup sensitif untuk dibahas termasuk di dunia kerja, kita tidak tahu bagaimana managemen ekonomi yang diterapkan karyawan. Namun jika ada karyawan yang sedang membutuhkan bantuan dana, perusahaan bisa membantu dengan memberikan pinjaman keuangan.

Tentunya ada aturan pinjaman karyawan di perusahaan sebagai syarat agar bisa mengajukan pinjaman. Yuk bahas masalah Pinjaman karyawan ini bersama Kantor Kita.

Aturan Pinjaman Karyawan di Perusahaan

Ada beberapa syarat atau aturan yang diberikan perusahaan untuk karyawan yang akan melakukan pinjaman uang. Tentunya karyawan yang disetujui pengajuan pinjaman uangnya harus memenuhi beberapa syarat yang diberikan perusahaan ini. Beberapa aturan yang dibuat oleh perusahaan ini biasanya menyangkut dengan hal-hal  berikut

  1. Status Karyawan dan Masa Kerja

Umunya peraturan yang dibuat oleh perusahaan untuk karyawan yang bisa meminjam uang adalah status karyawan tersebut. Seperti yang kita tahu, dalam perusahaan ada beberapa status karyawan. Misalnya karyawan tetap ataupun karyawan kontrak.

Baca Artikel Slip Gaji, Penting Namun Sering Di Abaikan 

Setelah mengetahui status karyawan, hal yang dilihat lagi adalah masa kerja. Perusahaan bisa menetapkan minimal masa kerja syarat pengajuan pinjaman oleh perusahaan. Jika masa kerja karyawan sudah memenuhi maka pengajuan pinjaman juga lebih mudah. Misalnya minimal masa kerja karyawan yang bisa meminjam uang di masa kerja di atas 3 bulan atau 6 bulan atau sejenisnya.

Memastikan status karyawan dan masa kerja ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam masalah pinjaman.

  1. Besar Pinjaman

Syarat lainya untuk proses pinjaman karyawan dari perusahaan adalah melihat besaran pinjaman yang diajukan karyawan. Ada angka tertentu yang bisa menjadi batas pinjaman untuk karyawan. Tentunya perusahaan memiliki batasan atau maksimal pinjaman untuk karyawan, dimana ini dihitung atau dilihat berdasarkan gaji yang diperoleh karyawan setiap bulanya, sehingga karyawan tidak bisa meminjam lebih dari batas tersebut.aplikasi absensi perusahaan

Jika besaran pinjaman cukup masuk akal dengan besaran gaji yang didapat karyawan setiap bulanya, maka proses pengajuan pinjaman juga lebih mudah. Pembuatan batas pinjaman untuk karyawan ini untuk menghindari masalah pembayaran pinjaman, jika jumlah pinjaman tidak masuk dengan penghasilanya di khawatirkan karyawan akan merasa berat dalam pengembalian pinjaman.

  1. Waktu dan Besaran Cicilan

Aturan selanjutnya dari perusahaan untuk karyawan yang mengajukan pinjaman adalah     menentukan waktu pembayaran. Perusahaan memiliki ketentuan waktu untuk pengembalian sehingga peminjam bisa menerima hal ini.

Waktu pengembalian tentunya dipengaruhi dengan kemampuan karyawan dalam membayar uang pinjaman. Metode pembayaran juga bisa diberikan untuk karyawan, dengan cara pembayaran potong gaji atau pun pembayaran manual setiap bulanya.

Menentukan waktu dan besaran pembayaran ini menjadi aturan yang telah disepakati untuk keduanya yaitu perusahaan dan karyawan, sehingga ini menjadi dasar untuk karyawan dalam membayar pinjaman.

aplikasi absensi online
www.kantorkita.co.id
  1. Pelanggaran dan Denda

Jika dasar peminjaman telah disepakati peminjam yaitu karyawan maka karyawan harus     mengerjakan sesuai dengan kesepakatan baik itu waktu pengembalian, tenor dan besaran pengembalian setiap bulanya. Selain kesepakatan masalah peminjaman dan pengembalian, aturan yang harus diketahui pula adalah aturan sanksi dan pelanggaran jika karyawan tidak menjalankan peraturan sebagaimana mestinya.

Termasuk perusahaan berhak untuk mengingatkan karyawan terhadap pembayaran pinjaman dan karyawan sebagai peminjam berhak menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pembayaran.

Update Informasi Terbaru Mengenai Edaran Kemnaker Tunjangan Hari Raya 2021: Keringanan untuk Perusahaan Terdampak Pandemi Covid 

Sanksi dan denda ini dibuat bertujuan agar karyawan sebagai peminjam menjankan kesepakatan dengan baik sedangkan untuk perusahaan juga untuk menghindari kerugian dalam bentuk apapun.

  1. Bukti Tertulis

Aturan pinjaman karyawan di perusahaan yang terakhir adalah ada bukti kesepakatan peminjaman dalam bentuk tertulis. Bukti ini berisi waktu peminjaman, bentuk kesetujuan karyawan dalam meminjam uang di perusahaan, baik itu waktu pembayaran, besaran pembayaran setiap bulan, dan menerima resiko jika melanggar kesepakatan, bagian terakhir adalah tanda persetujuan berupa tanda tangan karyawan.

Sekarang ini perusahaan yang memberikan program pinjaman dana kepada karyawan juga cukup banyak dilakukan. Ini adalah bentuk bantuan perusahaan untuk karyawan yang sedang berada dalam kondisi mendesak.

Membantu Memanagement waktu

Program ini semakin dimudahkan dengan adanya fitur pinjaman online karyawan di perusaahaan di aplikasi absensi online, sehingga karyawan bisa mengajukan pinjaman dengan mudah hanya melalui perangkat pribadi saja, seperti handphone. Dengan cara ini karyawan bisa langsung terhubung dengan managemen perusahaan dengan cepat.

Apalagi di masa pandemi ini, jika perusahaan melakukan WFH maka karyawan tetap bisa mengajukan pinjaman tanpa harus bertatap muka ataupun mengajukan menggunakan pesan pribadi. Dengan pengajuan pinjaman online ini, pengajuan lebih profesional.

Salah satu aplikasi absensi online yang memiliki fitur pengajuan pinjaman online adalah Kantor Kita, memberi kemudahan karyawan mengajukan pinjaman dengan mudah dan cepat. Cukup menuliskan besaran pinjaman, keperluan, metode pembayaran angsuran dan masa pinjaman langsung bisa diajukan kepada HRD atau bagian managemen. Tunggu proses persetujuan dari perusahaan untuk bisa mendapatkan pinjaman kamu.

Apasih yang Menjadi Pertimbangan Perusahaan untuk Pinjaman Karyawan?

Ketika karyawan melakukan pengajuan pinjaman uang, tentu saja perusahaan akan melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap karyawan tersebut untuk kemudian memutuskan pinjaman tersebut disetujuan atau di tolak. Beberapa jenis pertimbangan yang bisa digunakan untuk memutuskan pengajuan pinjaman karyawan adalah:

  1. Track Record Karyawan

Memberikan persetujuan melakukan pinjaman kepada karyawan, tidak bisa begittu saja     dilakukan. Pihak HRD harus melihat track record kineja karyawan maupun identitas diri karyawan untukmemastikan bahwa perusahaan akan memberikan pinjaman untuk orang yang tepat.

Melihat treack record selama karyawan bekerja ini untuk menilai dan meemutuskan, jangan sampai uang perusahaan diberikan kepada orang yang salah dengan kinerja dan kepirbadian karyawan yang kurang baik.

Hal ini juga untuk menghindari terjadinya hambatan-hambatan dalam pembayaran pinjaman.

  1. Kondisi Keuangan Perusahaan

Pinajaman yang dilakuakan untuk karyawan bisa saja ditutup sementara atau dibuka berdasarkan kondisi keuangan perusahaan. Sebagai bisnis yang terus berkembang kondisi keuangan perushaan juga tidak terus berada di atas, pasti ada waktunya dimana keuangan perusahaan dalam posisi darurat atau terbatas.

Perlu Kita Ketahui, Slip Gaji Merupakan Instrumen Penting Dalam Administrasi Perkantoran.

Kondisi keuangan perusahaan bisa menajdi pertimbangan untuk memberikan pinjaman kepada karyawan. Pastinya dengan alasan keuangan perusahaan ini karyawn bisa memberikan pemahaman kalaupun perusahaan tidak bisa memberikan pinjaman.

Kesimpulan

Program pinjaman dana untuk karyawn adalah bentuk bantuan yang diberiakn perusahaan untuk karyawna yang sedang mengalami kondisi darurat.  Hal ini bisa dimanfaatkan karyawan untuk tujuan dan keperluan yang baik, namun tentunya perusahaan juga menetapkan aturan pinjaman karyawan di perusahaan sebagai syarat peminjaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekarang pengajuan pinjaman juga bisa dilakukan dengan mudah karena ada fitur pinjaman karyawan di aplikasi absensi online, Kantor Kita. Pengajuan pinjaman jadi lebih mudah dan menyenangkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here