Tips Mengelola dan Mengatasi Karyawan yang Sering Absen

0
236

Tips Mengelola dan Mengatasi Karyawan yang Sering AbsenTidak hadir atau absennya karyawan merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi produktivitas suatu perusahaan. Saat salah satu karyawan suatu perusahaan absen maka proses produksi atau pekerjaan juga ikut terhambat. Pekerjaan yang terbengkalai dan produksi yang terhambat tentu membutuhkan waktu yang lebih lama dari target awal untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Memang benar dan tidak dapat dipungkiri karyawan mempunyai hak untuk tidak masuk kantor, baik itu karena alasan sakit atau ada keperluan lainnya. Akan tetapi bagaimana dengan karyawan yang bisa dikatakan sangat sering absen, bahkan sudah melebihi batas yang diberikan oleh pihak perusahaan. Nah, HR perusahaan harus bisa menghindarkan karyawan untuk tidak masuk kantor atau absen kerja. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan penggunaan aplikasi absensi online.
Jika anda seorang HR dan mempunyai masalah dengan karyawan yang sering absen, berikut tips mengatasi karyawan yang sering absen. Yuk simak selengkapnya.

Peroleh Informasi dari Anggota Tim
Salah satu cara yang bisa anda lakukan ialah membangun komunikasi yang baik dengan anggota tim atau karyawan lain untuk mengetahui informasi karyawan-karyawan yang absen kerja. Anda bisa meminta mereka agar memberikan informasi kepada anda jika ada karyawan yang tidak masuk kantor tanpa izin yang jelas sebelumnya. Selain itu hal ini juga dapat membantu anda sebagai HR secara tidak langsung menekan karyawan lain tentang pentingnya kehadiran. Dan bagaimana jika mereka absen maka produktivitas perusahaan menjadi terganggu.

Memantau Absensi Karyawan
Sebagai HR anda sebaiknya harus rajin memantau kehadiran karyawan, dari sana anda akan mengetahui saat ada karyawan yang tidak masuk kerja baik yang sudah izin atau yang tanpa izin. Seharusnya seorang HR memang melakukan pemantauan absensi karyawan itu setiap hari, hal ini berguna agar manajemen dapat membuat keputusan yang tepat dan cepat. Ketika karyawan yang absen tersebut sudah masuk bekerja kembali pastikan anda untuk follow up, kenapa tidak masuk kerja tanpa izin.
Kecanggihan teknologi saat ini dapat membantu pekerjaan para HR perusahaan sehingga tidak lagi susah-susah memantau kehadiran karyawan dengan cara manual. Anda bisa menggunakan aplikasi absensi online yakni kantorkita.co.id. Aplikasi berbasis online ini akan sangat membantu HR melakukan pemantauan terhadap karyawan.

Cari Informasi Penyebab Karyawan Absen
Penting untuk dilakukan yakni mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab karyawan tersebut tidak masuk kerja. Hal ini berguna untuk memutuskan tindakan apa untuk menangani hal karyawan yang absen tersebut. Pada umumnya karyawan yang sering absen disebabkan oleh permasalahan pribadi dan pekerjaan. Masalah pribadi seperti contoh sakit, rumah tangga bermasalah, dan kekurangan financial. Sedangkan untuk masalah pekerjaan seperti lingkungan kerja yang tidak nyaman, beban pekerjaan yang diberikan terlalu berlebihan, masalah dengan rekan kerja, dan berbagai alasan lainnya.
Setelah anda mengetahui penyebab karyawan tersebut absen, baru anda bisa memutuskan solusi atau tindakan yang tepat. Sebagai contoh jika penyebabnya adalah beban pekerjaan yang terlalu banyak dan karyawan kewalahan mengerjakannya karena kurang keterampilan. Solusinya mungkin manajemen bisa memberikan pelatihan kepada karyawan tersebut. Membangun komunikasi yang baik dengan tim dan karyawan perusahaan akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan perusahaan.

Periksa Ketentuan Cuti Bersama
Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan karyawan yang sering absen ialah cuti. Melakukan cuti merupakan salah satu hak seorang karyawan. Maksud disini adalah kebijakan atau ketentuan cuti bersama yang diberikan oleh perusahaan. Seperti contohnya memberikan cuti bersama saat ada akhir pekan yang panjang atau bisa juga saat hari masuk kerja diantara dua hari libur maka perusahaan mungkin bisa memberikan kebijakan cuti bersama.
Dengan adanya kebijakan seperti ini akan mampu menekan tidak hadirnya karyawan pada hari biasa. Pemberitahuan cuti bersama ini juga dilakukan menggunakan aplikasi perkantoran berbasis online yang bisa anda peroleh di kantorkita.co.id. Mudah bukan pengelolaan cuti dengan aplikasi perkantoran online? (Baca: Pengelolaan Mudah Dan Cepat Menggunakan Aplikasi Absensi Online)

Sediakan Program Kesehatan
Salah satu penyebab karyawan sering absen ialah karena sakit. Bagaimana cara mengatasinya jika kondisi seperti ini? Perusahaan sebaiknya memberi dukungan terhadap kesehatan karyawannya, tersedianya program-program kesehatan tentu akan mengubah kebiasaan karyawan yang selama ini tidak sehat, seperti terlambat makan, banyak makan junk food dan malas berolahraga. Sebuah survey pernah membuktikan bahwa ada pengaruh yang kuat antara kesehatan karyawan dengan produktivitas yang karyawan berikan terhadap perusahaan. Manajemen perusahaan bisa mulai membangun budaya sehat di perusahaan dengan berbagai kebijakan-kebijakan dan memberikan fasilitas kesehatan yang memadai agar karyawan bisa menjaga kesehatannya.

Kurangi Tekanan
Kurangi bukan berarti hilangkan. Jangan sampai salah paham dengan kalimat tersebut. Tingginya tekanan yang atasan atau perusahaan berikan menjadi salah satu penyebab karyawan sering absen. Mereka mungkin merasa stres dengan tekanan-tekanan yang diterima setiap hari. Pekerjaan memang membutuhkan target dan ada hal-hal yang harus dicapai oleh perusahaan yang menyebabkan tekanan kepada karyawan. Akan tetapi mungkin agar karyawan menjadi produktif maka salah satu solusinya yakni mengurangi sedikit tekanan.
Sebaiknya pihak manajemen atau perusahaan membuat lingkungan kerja yang nyaman untuk semua karyawannya. Sehingga akan membantu perusahaan berjalan dengan maksimal.

Nah, itu adalah beberapa tips mengatasi karyawan yang absen berlebihan. Perlu anda ketahui karyawan memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja suatu perusahaan. Karyawan yang tidak produktif bisa menjadi salah satu alasan merosotnya perkembangan perusahaan. Dengan kecanggihan teknologi saat ini pekerjaan anda sebagai HR dan manajemen bisa semakin mudah. Banyak aplikasi perkantoran yang bisa mendukung pekerjaan anda, tidak hanya aplikasi absensi namun juga ada aplikasi slip gaji yang tersedia di kantorkita.co.id (Baca : Tips Mudah Mengelola Pembayaran Gaji Karyawan Secara Tepat dan Cepat).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here