Macam-Macam Aplikasi Kantor

1
38231

Macam-Macam Aplikasi Kantor – Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman maka seharusnya segera pekerjaan dapat terselesaikan dengan cepat dan lancar. Dalam pekerjaan mengenal istilah karier yaitu tentang keterampilan dan prestasi yang didapat saat bekerja. Tentu saja Anda tidak ingin karier Anda mandek begitu saja.

Karier harus didukung dengan ketrampilan dan prestasi. Terlebih lagi era teknologi digital seperti saat ini yang menuntut semua pekerjaan dilakukan dengan cepat dan efektif. Sudah tidak ada hal pekerjaan yang terhambat oleh hal-hal atau sesuatu lain. Untuk mendukung hal tersebut pekerjaan juga ditunjang dengan berbagai aplikasi seperti aplikasi absensi online dan lain sebagainya. (Baca juga : Perkembangan Aplikasi di Dunia Kerja Aplikasi yang Memudahkan Karyawan)

Kemampuan dan keterampilan merupakan hal mutlak bagi seorang pekerja atau pencari kerja. Untuk seorang yang telah memiliki pekerjaan, tentu saja menginginkan peningkatan karier. Karier merupakan pencapaian dalam pekerjaan yang dapat memberikan dan meningkatkan kepuasan. Karier muncul dari adanya prestasi, dengan prestasi yang berkembang dan meningkat maka akan ada banyak hal baru yang bisa dipelajari di tempat kerja termasuk aplikasi slip gaji.

Macam-Macam Aplikasi Kantor

Aplikasi perkantoran merupakan perangkat lunak atau software khusus digunakan dalam pekerjaan kantor. Aplikasi kantor biasanya setidaknya terdiri dari pengolah kata dan lembar kerja. Dalam perkantoran aplikasi digunakan untuk memudahkan pekerjaan dan mengelola data, sehingga setiap karyawannya dituntut untuk wajib mampu mengoperasikan berbagai aplikasi kantor. Aplikasi kantor dapat terdiri dari program presentasi, basis data, analisis data, grafis, dan komunikasi hingga aplikasi absensi. Berikut adalah beberapa aplikasi yang masuk dalam kategori aplikasi perkantoran antara lain:

1. Microsoft Office

Microsoft office dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft. Microsoft office digunakan untuk semua yang berhubungan dengan perkantoran. Software Microsoft office masih terus mengalami perbaikan dan penyempurnaan dengan fasilitas-fasilitas yang masih terus ditembah. Microsoft office terdiri dari microsoft word, excel, acces, power point, dan publisher. Setiap software Microsoft tersebut memiliki fungsinya masing-masing yang berbeda-beda.

Untuk Microsoft word biasanya digunakan untuk keperluan surat, mengetik, laporan, dan lain sebagainya. Microsoft exel berguna untuk pekerjaan membuat grafik, menghitung, atau lainnya yang berhubungan dengan angka-angka. Sedangkan Microsoft access adalah software database dan Microsoft power point digunakan untuk presentasi.

Sekarang ini Microsoft Word sudah hadir dalam versi 2010 yang sudah sangat berkembang dan disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan. 

Salah satu fitur yang paling berguna di masa kerja remote adalah pembuatan tanda tangan menggunakan Microsoft Word ini. Sebelumnya kita sudah pernah membuat ulasan Tips Kerja menggunakan Microsoft Word yang bisa kamu baca. 

Selanjutnya yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Excell yang sudah jelas diperlukan dalam dunia kerja. 

Baca : Lingkungan Serta Fasilitas Kerja Memepengaruhi Produktifitas Kerja Karyawan

2. Trello

Aplikasi perkantoran selanjutnya adalah trello yang merupakan aplikasi manajemen proyek bisnis. Fitur trello sangat lengkap seperti Anda bisa berbagi pekerjaan tanpa harus bertemu langsung.

Trello adalah aplikasi pengaturan tugas yang digunakan untuk manajemen tugas untuk satu tim dengan banyak anggota. 

dengan Trello kamu bisa memberikan task kepada anggota tim dan bisa sekaligus memonitoring apakah tugas tersebut sudah selesai atau belum. Sebab dalam Trello ada fitur action yang bisa digunakan. 

Dengan Trello pembagian tugas dibuat di board. Di board tersebut bisa dilihat progress pengerjaan tugas. 

Selanjutnya Trello juga sangat memungkinkan untuk melampirkan file dalam beberapa jenis dokumen. Termasuk RAR, dokumen pengolah kata, angka, gambar dan lain sebagainya. 

Trello banyak digunakan untuk manajemen tugas tim. 

3. Kantor Kita

Kantor Kita merupakan satu aplikasi absensi online dengan rating 4 up di Google Play. Telah diunduh lebih dari 50.000 Pengguna. Memiliki fitur deteksi wajah, time tracker dan GPS untuk proses berabsen sehingga memudahkan user untuk absen dimana saja dan kapan saja.

Aplikasi ini juga sangat membantu HRD dalam managemen pegawai, dengan laporan yang otomatis terinput membuat proses penilaian kinerja menjadi lebih cepat dan mudah.
Kantor Kita juga dilengkapi dengan Payroll dimana sistem absensi langsung terhubung dengan penggajian pegawai, untuk gaji pokok, pemotongan, lembur maupun bonus bisa di input secara otomatis.

Fitur Absensi Online Kantor Kita
Fitur Absensi Online Kantor Kita

Aplikasi absensi ini berfokus kepada manajemen kepegawaian sehingga memiliki banyak fitur pendukung yang bermanfaat. Beberapa diantaranya adalah slip gaji online, perizinan online, akses pengisian identitas kepegawaian online dan lain sebagainya.
Kantor Kita sangat mendukung untuk proses kerja WFO maupun WFH.

Berbeda dengan aplikasi absensi lainya, yang menetapkan minimal jumlah pengguna, Kantor Kita bisa digunakan tanpa minimal jumlah pengguna. Dan ada harga berlangganan bulanan sampai dengan paket tahunan. 

Sekarang ini Kantor Kita sudah berkembang, tidak lagi berfokus pada aplikasi absensi saja, melainkan aplikasi kantor dengan memberikan banyak pengembangan fitur dan penambahan plugin yang berguna untuk HRD dalam memudahkan pengelolaan karyawan. 

4. Mint

Bicara soal perkantoran tentu akan bicara juga soal keuangan. Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengatur dan merekam alur keuangan adalah aplikasi mint. Hanya melalui smartphone, aplikasi min sudah dapat membantu Anda dalam mengumpulkan informasi tagihan, pengeluaran, investasi, pemasukan, dan lain sebagainya secara teratur. Tampilan mint juga sangat friendly dan mudah untuk dioperasikan.

Baca Artikel : Review Aplikasi Absensi Online untuk Karyawan

4. e-wallet 

e-wallet atau biasa kita kenal dengan dompet elektronik. Juga merupakan salah satu kebutuhan aplikasi atau software yang diperlukan saat ini. Sebab sekarang ini ada banyak pelayanan keuangan yang bisa diselesaikan dengan mudah menggunakan e-wallet. 

Di Indonesia sendiri, penggunaan e-wallet sudah cukup familiar terutama untuk gen Z. Didukung dengan tersedianya pembayaran virtual di banyak layanan. 

Ada beberapa contoh e-wallet yang umum digunakan di Indonesia, diantaranya adalah 

  • Gopay 
  • OVO 
  • Shopee
  • Dana 
  • LinkAja! 

dan lain sebagainya. 

Pembuatan e-wallet ini bisa dilakukan dengan cukup mudah dan ringkas menggunakan smartphone, dalam proses pembayarannya juga cukup mudah tinggal tap-scan maka pembayaran selesai dilakukan. 

Selain harus dapat mengaplikasikan macam-macam aplikasi perkantoran tersebut, dibutuhkan juga adanya soft skill. Kemampuan dan keterampilan dalam mengoperasikan komputer juga wajib harus dimiliki. Setidaknya beberapa aplikasi kantor misalnya aplikasi absensi online atau offline, dan Microsoft Office terutama Microsoft word.

Soft skill merupakan sebuah kemampuan yang wajib dimiliki karyawan atau pencari kerja. Kemampuan soft skill yang sering kali diinginkan adalah kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja bersama tim maupun individu, mengambil keputusan dengan cepat, berpikir kritis, dapat memecahkan masalah, membuat rencana prioritas, dan kemampuan mengoperasikan berbagai aplikasi perkantoran.

Team work atau bekerja dapat disebut sebagai kemampuan klasik, namun nyata sering diabaikan dan dilewatkan oleh banyak orang. Untuk dapat menjalin team work yang baik, Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif, memperhatikan hal kecil, menerima kritik dan saran dengan objektif, dan mampu memecahkan masalah secara bersama-sama.

Berikut berbagai aplikasi perkantoran yang dapat mempermudah pekerjaan dari masalah administrasi hingga aplikasi absensi.

Previous articleIzin Karyawan Pulang Cepat Yang Dibenarkan
Next articleTips Memudahkan Pekerjaan Dengan Software Canggih Dan Murah

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here