Review Aplikasi Absensi Online untuk Karyawan

0
51
aplikasi absensi
Review Aplikasi Absensi Online untuk Karyawan

Review Aplikasi Absensi Online untuk KaryawanDi masa pandemi, bekerja tidak lagi harus di kantor, saat ini pemerintah memberikan anjuran untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau Work From Home (WFH). Mengingat kondisi pandemi di Indonesia yang belum cukup aman untuk masyarakat, WFH menjadi satu cara kerja di era new normal yang sudah banyak diterapkan.

Untungnya di Indonesia teknologi informasi sudah berkembang dengan baik, maka cara kerja dari rumah bukan menjadi hambatan yang berarti. Salah satu manfaat perkembangan teknologi yang cukup membantu proses kerja adalah absensi online.

Berabsen dimanapun dan kapanpun bisa dilakukan dengan mudah hanya berbekal smartphone saja, tidak heran pamor aplikasi absensi online karyawan makin meningkat jauh meninggalkan cara absensi yang lama seperti fingerprint.

Makin banyaknya aplikasi absensi membuat pengguna bingung menentukan pilihannya, berikut review aplikasi absensi online untuk karyawan, semoga bisa membantu Anda memilih aplikasi yang tepat dan sesuai yang Anda inginkan.

  1. Absenku Profesional (Rating 3.6)

Aplikasi absensi pertama adalah Absenku Profesional. Aplikasi yang didominasi warna biru ini sudah diunduh oleh 50ribu pengguna dengan tingkatan rating 3.6 dari pengguna android sedangkan rating 2.2 dari pengguna iOS.

Ketika masuk di halaman pertama beranda, kamu akan langsung di hadapkan oleh menu absensi, izin, informasi gaji, dan data absensi bulan ini dengan rekapan data jumlah kehadiran, izin dan sisa cuti. Untuk aplikasi yang berfungsi sebagai absensi saja, aplikasi ini dirasa sudah cukup mampu untuk memenuhi apa yang user butuhkan.

aplikasi absensi
Review aplikasi absensi online untuk karyawan bersama kantor kita

Absenku Profesional menginput data absen secara real time untuk absen masuk maupun keluar sehingga mencegah kecurangan dan langsung mendeteksi jika ada karyawan yang terlambat. Di aplikasi ini juga disertai dengan gambaran maps posisi user sehingga lokasi bisa diketahui dengan jelas.

Pengajuan cuti pada aplikasi ini juga cenderung simpel dan tidak berbelit, cukup mengisi alasan izin, pengisian tanggal dan keterangan. Fitur lain yang memudahkan pengguna adalah fitur kirim berita dan pengumuman sehingga jika ada pengumuman mengenai hari libur atau lainya, semua karyawan bisa tahu, fitur kelengkapan data karyawan dan kalender.

Untuk kantor yang tidak membutuhkan fitur yang bermacam-macam untuk karyawannya, menggunakan aplikasi absensi ini sudah cukup untuk merekap kehadiran karyawan. Aplikasi absensi ini bisa Anda nikmati dengan membayar sesuai paket yang Anda ambil, yang tentunya paket juga menyesuaikan fasilitas yang diberikan. Harga paket mulai dari Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 800.000 perbulanya.

  1. Atenda (Rating 4.0)

Selanjutnya adalah Atenda aplikasi absen online yang bisa diakses untuk android maupun iOS. Atenda ini juga masuk dalam fungsi payroll karena ia menggabungkan satu aplikasi untuk dua fungsi yaitu absen dan masalah penggajian. Jumlah unduh dari aplikasi ini lebih dari 10ribu untuk pengguna android dengan tingkatan rating 4.0.

Baca Artikel : Tips Memilih Aplikasi Absensi Online Untuk Karyawan

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis juga lho, namun jumlah karyawan yang bisa berabsen maksimal 10 orang. Sedangkan fitur yang bisa Anda nikmati dari aplikasi ini adalah absensi menggunakan GPS, penjadwalan kerja, perhitungan gaji, bonus dan potongan terlambat, akses free juga untuk pemilik usaha.

Sebenarnya masih ada fitur lain yang mendukung masalah absensi, misalnya absen menggunakan foto selfie, dokumen laporan absen karyawan, fitur izin cuti dan akses untuk HRD, hanya saja jika Anda ingin memiliki fitur-fitur ini untuk mendukung urusan absensi dikenakan biaya persatuannya mulai dari Rp. 29.000 sampai Rp. 49.000 tergantung fitur yang Anda inginkan.

  1. Kantor Kita (Rating 4.1)

aplikasi absensi online karyawan absensi selanjutnya adalah Kantor Kita Official. Aplikasi yang bisa diakses untuk android dan iOS ini sudah diunduh sebanyak 10ribu lebih pengguna untuk sistem android.

Selain berfokus pada absensi online, Kantor Kita Official juga terhubung dengan sistem penggajian atau Payroll dimana penghitungan gaji perbulannnya hasil dari absensi karyawan, baik untuk masalah keterlambatan, alpha dan lain sebagainya.

Aplikasi Kantor Kita Membantu Memanagement waktu

Cara berabsen menggunakan Kantor Kita cukup mudah yaitu menggunakan selfie yang sudah dilengkapi sistem pengenalan wajah dan didukung GPS untuk melacak lokasi absen. Sistem absensi menggunakan aplikasi ini menggunakan time tracker dimana absen masuk dan keluar terinput sesuai dengan waktu real time kedatangan dan waktu pulang pengguna. Sistem seperti ini untuk melacak keterlambatan karyawan sehingga bisa menghindari kecurangan, yang nantinya juga akan berpengaruh terhadap potongan keterlambatan dan gaji karyawan.

aplikasi absensi online
www.kantorkita.co.id

Fitur aplikasi absensi ini cukup lengkap untuk perusahaan karena satu aplikasi bisa meng-cover kebutuhan karyawan dan membantu HRD menjalankan tugasnya dalam menilai seluruh karyawannya, seperti

  1. Absensi harian
  2. Lembur
  3. Absensi perjalanan dinas
  4. Perizinan dan cuti
  5. Slip gaji
  6. Fitur data personal karyawawan
  7. Broadcast
  8. Penugasan
  9. Form peminjaman uang untuk karyawan
  10. Reimbursement atau pengeluaran karyawan selama kegiatan
  11. Payroll
  12. Dokumen laporan absensi karyawan

Dengan fitur yang lengkap ini, perusahaan bisa dimudahkan dalam pemantauan dan mengurus data karyawan. Kantor Kita juga dilengkapi dengan tampilan dashboard yang profesional sehingga untuk mendata karyawan, HRD tidak merasa kesulitan dengan tampilan yang sederhana namun lengkap.

Anda bisa melakukan trial gratis dengan aplikasi ini, karena pengembang memberikan free trial 15 hari untuk pengguna baru. Menarik, bukan?

Fitur lengkap dan cara penggunaan yang mudah membuat aplikasi ini banyak dipilih dengan biaya yang dihitung per pengguna sampai pertahunnya. Tentunya harga juga memberikan kualitas yang diberikan.

Clockify (Rating 4.0)

Untuk Anda pemilik perusahaan atau HRD yang hanya membutuhkan aplikasi untuk sekedar absen dan lengkap dengan time trackenya, bisa menggunakan Clockify. Aplikasi time tracker yang sudah diunduh 100ribu orang dengan rating 4.0.

Baca Artikel : Perusahaan Beralih Menggunakan Aplikasi Absensi Online? YES or NO?  

Fitur yang ada di Clockify ini berupa time tracker untuk absensi, time sheet untuk mendata jadwal secara mingguan, kalender, dan laporan. Tampilan dari Clockfy ini cukup simpel namun dinamis. Aplikasi ini bisa digunakan dalam mode gratis hanya dengan melakukan sign up dengan data yang Anda miliki.

Open Time Clock (Rating 3.6)

Hampir menyerupai dengan aplikasi di atas, Open Time Clock bekerja dengan sistem time tracking saja sehingga ketika absen masuk dan keluar tinggal menentukan clock in dan clock out. Rating yang didapat aplikasi ini adalah 3.6 dengan jumlah pengunduh lebih dari 50.000 orang.

Tampilan dari Open Time Clock ini cukup sederhana sehingga mudah untuk dipahami usernya. Penggunaan aplikasi ini bisa diakses secara berbayar maupun free namun tentunya fasilitas yang didapatkan juga sesuai dengan dana nya ya!

Kesimpulan

Aplikasi absensi online karyawan  adalah aplikasi yang cukup kita butuhkan saat ini. Jarak yang berbeda karena pembatasan tidak membuat urusan pekerjaan jadi ribet karena sudah ada aplikasi absensi online yang bekerja sesuai dengan lokasi dan time trackernya.

Kehadiran aplikasi absen online ini cukup memudahkan HRD maupun karyawan karena bisa berabsen dengan baik dan mudah pun HRD bisa menilai karyawannya dengan mudah pula dengan laporan dan tampilan dashboard aplikasi yang mendukung.

Baca Juga : Aplikasi Absensi Online untuk Perkantoran: Manfaat dan Efektivitasnya

Bagaimana dengan perusahaanmu? Apakah sudah menggunakan aplikasi absen online?

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here