Apresiasi Kerja : Manfaat Dan Pentingnya Untuk Karyawan 

0
1930
Apresiasi Kerja : Manfaat Dan Pentingnya Untuk Karyawan
Apresiasi Kerja : Manfaat Dan Pentingnya Untuk Karyawan

Apresiasi Kerja : Manfaat Dan Pentingnya Untuk KaryawanApresiasi kerja karyawan merupakan hal yang penting untuk menunjang kinerja karyawan. Walaupun dianggap cukup sepele untuk atasan namun sangat penting untuk karyawan. Apresiasi akan mempengaruhi motivasi kerja karyawan, kepuasan kerja juga loyalitas karyawan di perusahaan.

Nah bagi Anda yang memiliki banyak anggota tim atau karyawan, boleh sesekali memberikan apresiasi. Baik dalam bentuk verbal, barang, materi dan lainnya. Seperti apa sih pentingnya apresiasi kerja dan manfaatnya untuk karyawan?

 

Apresiasi Kerja Karyawan

Apresiasi kerja karyawan adalah bentuk penghargaan kepada karyawan yang memiliki kinerja dan usaha yang baik pada pekerjaannya. Secara bahasa arti dari apresiasi adalah proses menilai dan menghayati suatu karya.

Apresiasi kerja merupakan hubungan dua arah antara perusahaan dan karyawan. Dimana dengan memberikan apresiasi kepada karyawan akan memberikan motivasi dan kepuasan kerja yang baik.

aplikasi absensi online
Cara Mudah Pantau Produktifitas Karyawan Selaama Cuti Bersama Natal 2021

Karyawan bisa bekerja lebih maksimal dan memiliki relasi yang kuat kepada perusahaan. Sebaliknya karyawan yang minim akan apresiasi memiliki performa kerja yang standar atau biasa saja. Hal ini bisa jadi karena apapun hasil pekerjaannya tidak akan dihargai oleh perusahaan.

Tentunya penghargaan atau apresiasi diberikan secara adil dan objektif, diman karyawan yang memang memiliki usaha dan mencapai target yang diberikan perusahaan patut mendapatkan penghargaan.

Untuk itulah kenapa banyak perusahaan yang menggunakan sistem reward kepada karyawan. Selain digunakan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja karyawan juga digunakan untuk meningkatkan motivasi dan kinerja. Dengan begitu juga tercipta persaingan yang sehat antar karyawan.

Apakah perusahaan Anda juga menerapkan hal yang sama?

 

Pentingnya Apresiasi Kerja Karyawan

Apresiasi kerja berhubungan dengan kinerja karyawan. Beberapa hal yang membuat apresiasi kerja menjadi hal yang penting adalah

1. Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Motivasi kerja adalah hal yang membuat karyawan terus semangat dan memiliki harapan untuk terus bekerja. Apresiasi menjadi salah satu hal yang membuat karyawan merasa semangat untuk terus belajar dan memperbaiki kinerjanya dengan baik.

Walau terlihat sangat sepele namun apresiasi ini menandakan bahwa perusahaan atau atasan memperhatikan kinerja karyawan dengan baik. Sehingga karyawan merasa cukup dihargai dan dibutuhkan.

2. Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

Motivasi kerja karyawan juga berhubungan dengan kepuasan kerja. Kepuasan kerja akan mempengaruhi perilaku karyawan dalam bekerja, seperti produktivitas, semangat bersosial dan kinerja yang bagus selama menjalani pekerjaan.

3. Mengurangi Stress Kerja

Menjalani pekerjaan terus menerus sangat memungkinkan karyawan mengalami burnout dan stress kerja. Pekerjaan yang berat dan minim apresiasi tidak akan membuat karyawan menjadi lebih baik. Untuk mengurai hal ini maka tidak ada salahnya jika perusahaan banyak memberikan apresiasi karyawan.

Baca Artikel Tentang Menagemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja

 

Bentuk Apresiasi Kerja Karyawan

Bentuk Apresiasi Kerja Karyawan
Bentuk Apresiasi Kerja Karyawan

Ada banyak bentuk apresiasi kepada karyawan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini

1. Apresiasi Verbal

Apresiasi verbal adalah jenis apresiasi yang cukup mudah dan tanpa perlu banyak effort. Anda bisa melakukannya dengan memberikan ucapan terimakasih, ucapan selamat maupun ucapan motivasi kepada karyawan.

Memberikan apresiasi seperti ini akan memberikan karyawan lebih merasa diperhatikan, dihargai dan dianggap penting dari pekerjaanya. Pun mode ucapan bisa menggunakan banyak cara, baik secara langsung, secara online maupun menggunakan telepon.

Feedback yang positif atas pekerjaan karyawan menjadi hal yang menyenangkan setelah karyawan banyak bekerja keras.

2. Apresiasi dengan Reward

Apresiasi dengan pemberian reward karyawan juga merupakan hal yang berguna untuk karyawan. Perusahaan bisa memberikan banyak jenis reward yang patut. Umumnya perusahaan memiliki sistem tersendiri untuk aturan pemberian reward ini. Siapa saja yang patut diberikan reward, kapan pemberian reward dan nominal reward serta peraturan lainnya.

Dengan sistem reward untuk karyawan yang berprestasi seperti ini akan meningkatkan daya saing di perusahaan. Pun karyawan potensial juga akan semakin banyak bermunculan.

3. Apresiasi dengan Pemberian Fasilitas

Fasilitas kerja terkadang menjadi hal yang sangat berguna untuk karyawan. Sesuai dengan tujuannya fasilitas kerja ini akan mendukung kerja karyawan. Bentuk apresiasi dengan pemberian fasilitas yang membantu karyawan bekerja akan membuat karyawan lebih mudah dalam bekerja. Fasilitas yang digunakan bisa bentuk kendaraan, elektronik juga lainya.

4. Apresiasi dengan Bonus

Selanjutnya apresiasi kerja bisa dilakukan dengan pemberian bonus kepada karyawan yang diberikan langsung maupun dalam bentuk bonus tahunan. Pemberian bonus dalam bentuk uang ini jauh lebih berguna untuk kebutuhan pribadi karyawan namun tentunya memberikan kepuasan tersendiri untuk karyawan.

Itulah beberapa bentuk apresiasi karyawan yang bisa dipilih untuk memberikan apresiasi di perusahaan Anda.

 

Kesimpulan

Memberikan apresiasi kepada karyawan menjadi hal yang penting dan sangat dibutuhkan karyawan untuk menjaga motivasi karyawan dalam bekerja. Apresiasi bisa diberikan dalam bentuk bentuk seperti verbal sampai pemberian bonus dan materi lain.

Aplikasi Absensi Online Kantor Kita
Gambar  1 Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

Nah itulah penjelasan tentang apresiasi kerja karyawan yang bermanfaat untuk mendukung karyawan bekerja. Semoga berguna dan bermanfaat untuk Anda!

Jika ingin mengelola administrasi karyawan dengan mudah bisa menggunakan aplikasi absensi karyawan di Kantor Kita. Aplikasi absensi online yang memudahkan proses pencatatan absensi menggunakan android maupun IOS. Fitur lengkap mulai dari absensi online sampai dengan payroll juga pengajuan izin/cuti online.

Langsung saja daftar dan nikmati 15 hari free  di daftar Kantor Kita!

Previous articleTutorial Penggunaan Fitur Tugas Di Aplikasi Kantor Kita
Next articleHubungan Pengalaman Kerja Dengan Kinerja Karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here