Struktur Organisasi Perusahaan : Fungsi dan Contohnya

0
20763
Struktur Organisasi Perusahaan : Fungsi dan Contohnya
Struktur Organisasi Perusahaan : Fungsi dan Contohnya

Struktur Organisasi Perusahaan : Fungsi dan ContohnyaPernahkah Anda masuk di sebuah perusahaan dan melihat ada struktur organisasi di dalamnya? Struktur organisasi adalah salah satu komponen yang perlu ada dalam sebuah perusahaan. Dimana struktur organisasi ini memiliki fungsi untuk menjelaskan posisi atau bagian yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Memiliki urutan dari bagian yang paling atas, sampai dengan bagian terbawah. Mulai dari direktur sampai dengan staff. Dengan begitu posisi dan jabatan karyawan di perusahaan tersebut jelas. Hal ini juga berpengaruh terhadap hak dan kewajiban masing-masing posisi nantinya.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi juga sering disebut sebagai S.O merupakan bagan yang menjelaskan mengenai hubungan antar posisi/jabatan dalam perusahaan. Selain menjelaskan mengenai posisi, struktur ini juga memperlihatakan hak dan kewajiban maupun tanggung jawab seseorang dalam menjalankan pekerjaan di posisi tersebut.

Baca Artikel : Semangat Baru 2022 untuk Perusahaan dan Karyawan

Setiap perusahaan baik kecil maupun besar perlu menyusun Struktur organisasi. Tidak hanya berguna untuk HRD, namun struktur organisasi ini penting dibuat agar bisa juga dipahami oleh umum (tamu, client, mitra) tentang posisi kerja di perusahaan tersebut.

Fungsi Struktur Organisasi

Struktur organisasi memiliki banyak fungsi penting dalam penyusunannya. Ini adalah sturktur dasar yang membantu perusahaan tersebut terus berkembang, dan menjadi satu pedoman dasar terkait posisi kerja sekaligus tanggung jawab, hak dan kewajibannya untuk menjalankan organisasi tersebut.

Jika tidak ada struktur organisasi, perusahaan bisa saja rancu terkait tugas dan kewajiban masing-masing atau juga batasan dan hubungan dengan karyawan lainya.

Beberapa fungsi utama struktur organisasi adalah sebagai berikut

1. Menjelaskan Posisi Karyawan

Fungsi dari struktur organisasi yang pertama adalah untuk menjelaskan posisi karyawan di perusahaan. Posisi ini akan membentuk tanggung jawab dan jobdesk masing-masing karyawan.

Misalnya posisi menjadi kepala laboratorium berarti ia memiliki tanggung jawab membawahi staff di laboratorium tersebut dan juga memiliki jobdesk khusus.

Sehingga dengan pembagian yang cukup jelas seperti ini membantu seseorang mengerti siapa saja bagian dari perusahaan tersebut.

2. Menjelaskan Hubungan Kerja Karyawan

Dalam sebuah struktur organisasi, hubungan antar posisi bisa dihubungkan dengan garis lurus, garis vertical sampai dengan garis putus-putus.

Masing-masing garis ini memiliki fungsi dan makna khusus. Seperti halnya garis vertical dari bawah ke atas, yang menandakan bahwa ada posisi yang lebih tinggi dan lebih rendah. Dimana posisi yang lebih tinggi memiliki tanggung jawab untuk mengelolaan staff di bawahnya. Sedangkan garis yang lebih rendah memiliki makna untuk bahwa ia memiliki atasan yang memimpinnya.

Juga garis lurus atau horizontal dimana ia memiliki satu posisi yang sama atau setara dalam satu garis. Selanjutnya garis putus-putus menunjukkan bahwa ada hubungan koordinasi kerja antar satu posisi dengan posisi lainya.

Jadi sudah sangat jelas ya bagaimana sebuah struktur organisasi bisa menjelaskan hubungan kerja di perusahaan.

3. Dasar Untuk Pembagian Jobdesk

Selain menunjukkan tanggungjawab masing-masing karyawan, struktur organisasi berguna untuk membagi jobdesk sesuai dengan posisinya.

Misalnya manajer sales maka memiliki jobdesk untuk mengawasi tenaga sales dan mengelolanya sehingga tujuan dan target bisa tercapai dan lain sebagainya.

Pembagian jobdesk ini nantinya akan berpengaruh terhadap pekerjaan agar menghindari kerja dobel atau beban kerja terlalu tinggi atau juga koordinasinya.

4. Dasar Untuk Penggajian

Penggajian karyawan juga bisa didasarkan atas posisi kerja dan jobdesk yang diampunya. Untuk itu dari awal perusahaan berdiri perlu membahas mengenai struktur organisasi di perusahaan tersebut, untuk memudahkan dalam proses penempatan, pembagian jobdesk dan pembagian gaji karyawan.

Baca Artikel : Bagaimana Cara Membuat Aturan untuk Karyawan di Perusahaan?

Itulah fungsi dari struktur organisasi dan bagaimana kegunaanya untuk perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan organisasi yang ada.

Memperbarui Struktur Organisasi

Struktur organisasi juga perlu diperbarui dalam waktu tertentu. Hal ini berkaitan dengan perubahan sususan organisasi seperti SDM dan juga pertambahan divisi atau posisi. Tidak ada waktu tertentu yang menjadi patokan kapan struktur organisasi perlu diubah, hanya saja perbarui struktur organisasi ini diperlukan ketika di dalamnya ada pengubahan.

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi Perusahaan
Gambar 1 Struktur Organisasi Perusahaan

Dalam struktur organisasi juga ada arti/lambang dari penggunaan garis di dalamnya. Diantaranya adalah

1. Garis Vertical

Garis lini adalah garis atas ke bawah yang menunjukkan hubungan hirarki posisi. Dimana satu posisi memiliki tanggungjawab membawahi posisi tertentu. Sehingga bisa diketahui bahwa ada posisi yang mengkomando dan ada yang dikelola.

2. Garis Koordinasi

Dilambangkan dengan garis putus-putus yang memiliki arti bahwa antara satu pihak dengan pihak lainya ada hubungan koordinasi. Disini hanya bentuk koordinasi saja tanpa memiliki hak untuk komando pihak yang berkaitan.

2. Garis Solid

Di bagan struktur organisasi juga ada garis solid. Dimana ini menggambarkan ada wewenang untuk perintah atau komando untuk posisi yang berkaitan dengannya.

Pembuatan struktur organisasi bisa dilakukan dengan model hirarki yaitu model dari posisi paling atas sampai dengan posisi paling bawah.

Bisa juga dibentuk dalam model horizontal yaitu dari posisi kiri ke kanan (posisi dengan jabatan tertinggi ke yang lebih rendah) atau juga melingkar dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1. Model Vertical

 Struktur Organisasi Model Vertikal
Gambar 2 Struktur Organisasi Model Vertikal

2. Model Horizontal

Struktur Organisasi Model Horizontal
Gambar 3 Struktur Organisasi Model Horizontal

Itulah beberapa contoh pembuatan struktur organisasi di perusahaan. Ada beberapa bentuk dan versi. Setiap perusahaan memiliki versi masing-masing.

Kelola Karyawan dengan Mudah Menggunakan Aplikasi HR dari Kantor Kita

Selain membuat struktur organisasi, untuk mengelola karyawan, perusahaan juga perlu menggunakan aplikasi atau komponen pendukung yang lainya, misalnya adalah penggunaan aplikasi HR. Dimana aplikasi ini membantu menyelesaikan urusan HR dalam masalah administrasi maupun karyawan.

Salah satu aplikasi HR adalah Kantor Kita. Aplikasi yang memiliki fungsi utama absensi online dengan fitur pendukung lainya seperti reimbursement, slip gaji online, pengajuan izin & cuti online juga urusan payroll dan laporan absensi karyawan.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk kemudahan dan efisiensi pengelolaan karyawan yang lebih hemat waktu dan canggih.

aplikasi manajemen karyawan

Anda bisa menggunakan kantor kita dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu atau jika ingin mencoba fiturnya secara lengkap bisa mencoba free trial 14 hari secara gratis.

Daftar kantor kita bisa melalui halaman Daftar Kantor Kita berikut ini.

Buat Struktur Organisasi Perusahaan Anda!

Sudah paham ya bagaimana sebuah perusahaan memerlukan struktur organisasi untuk berbagai keperluan. Mulai dari urusan menjelaskan posisi karyawan juga untuk sarana menjelaskan hubungan posisi hak, kewajiban dan koordinasi.

Baca Artikel : Pentingnya Aplikasi Kas untuk Perusahaan

Jadi bagaimana? Apakah perusahaan Anda sudah memiliki struktur organisasi untuk perusahaan? Jika belum, maka perlu banget untuk dibuat ya!

Sekian dulu ulasan kita hari ini tentang struktur organisasi perusahaan fungsi dan contohnya. Semoga bermanfaat dan tunggu informasi mengenai HR dan teknologi aplikasi absensi dari Kantor Kita!

Previous articleKenapa Perjanjian Kerja Karyawan itu Penting?
Next articleMengetahui Hak Perempuan di Dunia Kerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here