Jangan Sampai Terlewat: Jadwal Tes CPNS 2021, Syarat dan Persiapannya

0
57
Jangan Sampai Terlewat: Jadwal Tes CPNS 2021, Syarat dan Persiapannya

Jangan Sampai Terlewat: Jadwal Tes CPNS 2021, Syarat dan PersiapannyaPegawai Negeri Sipil atau biasa kita dengar dengan PNS adalah salah satu profesi yang tidak bisa dilihat dengan sebelah mata. Tidak heran banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dan menantikan pembukaan untuk lowongan PNS ini.

Sempat di tidak membuka pendaftaran PNS, di tahun 2021, Pemerintah akan membuka lagi pendaftaran PNS di bulan Juni ini. Menjadi salah satu lowongan yang paling banyak diminati setiap tahunnya, bagaimana sih pendaftaran CPNS 2021 ini? Bagaimana formasi dan jadwal untuk tahun ini? Kantor Kita aplikasi absensi terbaik akan mengulasnya di artikel berikut ini

Berapa Formasi yang Dibuka Tahun 2021 ini?

Di tahun 2021 ini, formasi yang dibuka akan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini sangat mungkin terjadi karena di tahun 2020, Pemerintah tidak membuka pendaftaran CPNS. Jika tahun 2019, formasi dibuka sebanyak  254.173 formasi maka di tahun 2021 ini Pemerintah membuka formasi sebanyak 1.3 juta.

informasi cpns 2021
Ikuti perkembangan informasi CPNS 2021 bersama kantor kita

Jumlah ini untuk mengisi bagian dari guru PPPK, Pemerintahan daerah dan pemerintahan pusat dengan pembagian jumlah formasi yaitu satu juta formasi untuk guru PPPK, 83 ribu formasi untuk pemerintahan pusat dan 189 ribu untuk pemerintahan daerah.

Semakin banyaknya formasi yang dibuka untuk CPNS tentunya akan memperbesar peluang untuk bisa lolos juga.

Kapan Jadwal Pendaftaran untuk CPNS 2021??

Pada bulan Mei 2021 ini, Pemerintah sudah resmi menerbitkan jadwal terkait seleksi CPNS 2021. Melalui Rapat Virtual Persiapan Pengadaan CASN 2021 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, jadwal Seleksi ditetapkan sebagai berikut ini

jadwal tes cpns 2021
Jadwal seleksi CPNS 2021 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dari jadwal di atas, bisa ditandai pada akhir bulan Mei sampai Juni sudah mulai pendaftaran seleksi CPNS untuk kemudian diikukuti seleksi administrasi dan pengumuman pada bulan Juni 2021.

Update Pengetahuanmu Mengenai Perkembangan Teknologi Dan Dunia Kerja

Untuk Anda yang sudah menginginkan lowongan CPNS ini, maka segera persiapkan syarat administrasi dan persiapan lainya agar tidak sampai ketinggalan.

Syarat yang Harus Dipersiapkan untuk Seleksi CPNS 2021

Walaupun tes CPNS tahun ini dilakukan dengan fitur baru SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Negara) namun ada beberapa syarat administrasi yang harus dilengkapi oleh peserta. Beberapa syarat administrasi tes CPNS 2021 yang sudah dirangkum oleh Kantor Kita aplikasi absensi terbaik, yaitu sebagai berikut

  1. Scan KTP Asli
  2. Pas foto
  3. Swafoto
  4. Ijazah (fotocopy dan scan)
  5. Transkip Nilai (fotocopy dan scan)
  6. Dokumen pendukung yang disyaratkan seperti TOEFL/EAP/ILTS SCKC dan lain sebagianya.

Sedangkan syarat umum untuk tes CPNS 2021 adalah sebagai berikut

  1. Setiap WNI bisa mendaftarkan diri sebagai CPNS dengan batasan umur minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar
  2. Jabatan CPNS dengan batas usia maksimal 40 tahun untukposisi : Dokter dan Dokter Gigi ; Dokter Pendidik Klinis ; Dosen, Peneliti dan Perekayasa.
  3. Tidak pernah terpidana penjara 2 tahun atau lebih
  4. Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS, Prajurit TNI dan Anggota Kepolisian, Pegawai Swasta.
  5. Pelamar tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, Prajurit TNI atau anggota Kepolisian Negara.
  6. Pelamar tidak menjadi anggota/pengurus Parpol atau terlibar politik praktis
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  8. Sehat jasmani dan rohani
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi Pemerintahan
  10. Calon pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan satu formasi jabatan.

Jika Anda tertarik mengikuti CPNS, perhatikan syarat-syarat di atas, apakah Anda masuk kualifikasi atau tidak. Jangan lupa untuk mempersiapkan berkas persyaratan administrasi CPNS ya!

Baca Artikel : Tips Memilih Aplikasi Absensi Online Untuk Karyawan

Bagaimana Alur Seleksi CPNS?

untuk Anda yang ingin mencoba mendaftar sebagai CPNS maka Anda bisa langsung membuka halaman website sscasn.bkn.g.id , ini adalah satu-satunya website resmi Pemerintah yang dibuka untuk pendaftaran CPNS 2021.

aplikasi absensi online
www.kantorkita.co.id

Secara garis besar, alur pendaftaran seleksi untuk CPNS sebagai berikut:

  1. Melakukan pendaftaran online
  2. Melakukan seleksi administratif
  3. Verifikasi berkas
  4. Berkas yang lolos akan masuk tes SKD menggunakan metode CAT (computer assisted test)
  5. Dilanjutkan seleksi tes SKB
  6. Integrasi nilai
  7. Pengumuman kelulusan
  8. Pemberkasan

Berdasarkan alur tersebut maka persiapan yang perlu Anda lakukan bukan hanya administrasi saja melainkan juga persiapan kemampuan untuk menjalani tes SKD dan SKB.

Beberapa Website yang Berhubungan dengan Seleksi CPNS 2021

Proses pendaftaran utama seleksi CPNS 2021 memang berada pada alamat sscasn.bkn.go.id namun sampai sekarang, halaman ini masih belum ada pergerakan apapun, karena memang belum masuk waktu pendaftaran.

Di mesin pencarian muncul beberapa alamat website yang masih ada kaitanya dengan proses seleksi CPNS. Apa sajakah?

  1. sscasn.bkn.go.id portal utama pendaftaran CPNS/ASN juga untuk PPPK dan kedinasan
  2. sscn.bkn.go.id portal untuk pengumuman, login akun pendaftaran
  3. sscnbkn.win website yang berisi berita mengenai seleksi CPNS

Baca Juga : Mengenal Karakter Generasi Z Di Dunia Kerja

Kesimpulan

Kesempatan untuk masuk sebagai ASN lebih besar daripada tahun sebelumnya karena formasi yang dibuka untuk tahun 2021 ini juga lebih banyak, namun jangan lupa pesaing yang Anda miliki pastinya juga lebih besar. Untuk itu persiapan dan ketelitian perlu diperhatikan dengan baik untuk mengikuti perkembangan informasi CPNS 2021 dan juga untuk bersiap diri melakukan seleksi kemampuan maupun administrasi.

Jangan lupa untuk tetap berabsen tepat waktu setiap harinya menggunakan aplikasi absensi terbaik Kantor Kita. Akurat, mudah, cepat dan profesional.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here