Kompensasi Karyawan : Arti, Jenis, dan Fungsinya

0
1738
Kompensasi Karyawan
Kompensasi Karyawan Arti, Jenis, dan Fungsinya

Kompensasi Karyawan : Arti, Jenis, dan FungsinyaDi dunia kerja, kompensasi karyawan merupakan satu hal yang sudah sering disebutkan. Terutama dalam peraturan tertulis perusahaan maupun peraturan pemerintah. Kompensasi ini ada banyak praktiknya dalam dunia kerja, yang mewakiliki keringanan sampai dengan imbalan untuk karyawan.

Kompensasi juga tidak selalu berbentuk uang lho jika di perusahaan, ada beberapa jenis kompensasi non uang yang perlu diketahui.

Apa itu kompensasi karyawan dan bagaimana jenis dan fungsinya di dunia kerja? Mari kita bahas bersama.

Kompensasi Karyawan Adalah

Kompensasi karyawan menurut KBBI ada beberapa arti, diantaranya adalah ganti rugi, imbalan berupa uang dan bukan uang yang diberikan kepada karyawan dalam perusahaan atau organisasi.

Sedangkan menurut para ahli, kompensasi karyawan memiliki arti sebagai berikut:

Kompensasi Karyawan
Kompensasi Karyawan Adalah

Dari beberapa pengertian menurut ahli tentang pengertian kompensasi karyawan, bisa disimpulkan bahwa kompensasi karyawan adalah sesuatu (baik berupa uang dan non uang) yang diterima karyawan sebagai balas jasa perusahaan atas kerja keras karyawan.

Sehingga ada timbal balik antara karyawan dengan reward yang diberikan perusahaan.

Jenis-Jenis Kompensasi Karyawan

Seperti yang kita tuliskan di atas, ada beberapa jenis kompensasi karyawan. beberapa jenis kompensasi karyawan diantaranya adalah

1. Kompensasi Non Finansial

Kompensasi non finansial adalah pemberian imbalan ke karyawan yang berbentuk non materil. Ada beberapa bentuk kompensasi non finansial untuk karyawan, diantaranya adalah memberikan promosi jabatan, memberikan fasilitas yang layak untuk website, pemberian reward pegawai , pemberian membentuk lingkungan baru yang nyaman dan terbaik untuk karyawan.

2. Kompensasi Finansial

Selanjutnya adalah pemberian kompensasi finansial kepada karyawan, kompensasi ini berbentuk materi untuk karyawan. Misalnya pemberian tunjangan karyawan, pemberian bonus, insentif, asuransi, atau biaya sekolah.

Itulah beberapa jenis kompensasi karyawan yang banyak diterapkan di perusahaan. Baik kompensasi finansial maupun non finansial  dari perusahaan untuk karyawan.

Tujuan Pemberian Kompensasi Karyawan

Pemberian kompensasi karyawan memiliki tujuannya tersendiri. Ada beberapa tujuan di dalamnya. Beberapa tujuan pemberian kompensasi karyawan adalah

1. Penghargaan Untuk Karyawan

Penghargaan untuk karyawan adalah salah satu hal yang membuat kerja lebih menarik dan meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja.

Penghargaan karyawan ini baik menggunakan tunjangan, bonus atau hadiah juga memberikan berupa Tindakan tertentu seperti ucapan selamat dan pemberian promosi jabatans.

Ada banyak manfaat memberikan penghargaan kepada karyawan. Salah satunya karyawan akan berkompetisi secara sehat untuk mendapatkan pekerjaan terbaik dan juga meningkatkan motivasi kerja karyawan yang lebih teratur.

2. Mempertahankan Kerja Karyawan

Ada banyak hal yang membuat karyawan meninggalkan perusahaan, salah satunya adalah karena lingkungan kerja, beban kerja sampai dengan gaji karyawan.

Dengan memberikan kompensasi kerja, pastinya karyawan akan berpikir ulang untuk mengundurkan diri. Sebab karyawan merasa usaha kerjanya dihargai dan juga mendapatkan timbal balik atas usaha yang diberikan selama ini.

Baca Artikel : 3+ Cara Menentukan Gaji Pokok Karyawan

3. Mendapatkan SDM yang Berkualitas

Kompensasi karyawan bisa menjadi satu spesifikasi yang diperhatikan kandidat ketika ingin melamar pekerjaan.

Dengan kompensasi terbaik, maka kandidat yang dicari pun terbaik sehingga perusahaan bisa mendapatkan SDM yang berkualitas.

Selain itu pemberian kompensasi akan mempertahankan karyawan yang berprestasi sehingga hal ini membuat perusahaan memiliki SDM yang baik.

Itulah beberapa tujuan pemberian kompensasi karyawan di perusahaan. Dengan manfaat ini, perusahaan bisa mendapatkan feed back yang baik pun karyawan juga bisa mendapatkan feed back yang baik pula.

Kelebihan Memberikan Kompensasi Karyawan

Selanjutnya pemberian kompensasi karyawan memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihan ini tentunya untuk perusahaan dan karyawannya. Apa saja sih?

1. Perusahaan diincar banyak kandidat pekerja

2. Memiliki turn over rendah

3. Kesejahteraan karyawan

4. Citra perusahaan

Perusahaan memiliki daya Tarik tersendiri di mata kandidat pekerja maupun orang lain karena memiliki kompensasi yang memberikan kesejahteraan sehingga citra perusahaan juga akan dikenal baik.

Aplikasi absensi
Aplikasi absensi Kantor Kita

Faktor yang Memengaruhi Pemberian Kompensasi Karyawan

Selanjutnya adalah faktor yang memengaruhi pemberian kompensasi untuk karyawan, apa sajakah faktornya?

1. Faktor Internal

Faktor internal masih menjadi penentu dalam pemberian kompensasi karyawan. Ada beberapa faktor internal yang menjadi pertimbangan.

a. Jenis Pekerjaan

Jenis pekerjaan apa yang diselesaikan karyawan membawa pengaruh terhadap pemberian kompensasi.

Pekerjaan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan tanggung jawab besar tentunya akan memengaruhi besarnya kompensasi karyawan. Misalnya pekerjaan yang di lapangan memiliki kompensasi lebih besar dari pada pekerja dalam ruangan.

Pekerja Teknik memiliki kompensasi lebih besar daripada pekerja administrasi. Dan lain sebagainya.

Sehingga dengan perbedaan jenis pekerjaan ini membuat pekerja mendapatkan kompensasi lebih sesuai dengan jabatannya.

Baca Artikel : Ketentuan PHK dan Penghitungan Pesangon Karyawan 2022

b. Posisi dan Jabatan

Seperti yang disinggung di atas, posisi dan jabatan karyawan akan memengaruhi besarnya kompensasi yang diberikan. Posisi tinggi otomatis memiliki tanggung jawab yang tinggi pula pun ada banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan.

Untuk itulah posisi akan memengaruhi kompensasi yang didapatkan.

c. Produktifitas Karyawan

Produktifitas karyawan dalam bekerja menjadi nilai mutlak yang harus dipertimbangkan dalam pemberian kompensasi. Pastinya karyawan yang memiliki produktifitas yang bagus, yang mana dilihat dari absensi, pencapaian target dan ke-aktifan di perusahaan menjadi beberapa faktor yang dinilai.

2. Faktor Eksternal

Selain faktor internal ada juga faktor internal yang menjadi acuan dalam pemberian kompensasi karyawan di perusahaan. Simak faktornya sebagai berikut.

a. Kondisi Peluang Kerja

Di dalam dunia kerja, kondisi peluang kerja juga perlu diperhitungkan dalam pemberian kompensasi. Jika kebutuhan tenaga kerja tinggi dan jumlah pekerja rendah maka kompensasi bisa tinggi.

Sebaliknya jika kebutuhan kerja rendah dan jumlah pekerja tinggi maka kompensasi yang diberikan bisa lebih rendah.

b. Aturan Pemerintah

Aturan pemerintah juga menjadi satu patokan dalam pemberian kompensasi karyawan. Pemerintah mengatur berapa nilai minimum untuk karyawan sehingga kompensasi adil dan jelas.

c. Biaya Hidup

Biaya hidup daerah A berbeda dengan daerah B dimana ini juga menjadi patokan dalam menentukan kompensasi karyawan.

d. Kemampuan Perusahaan

Kondisi keuangan perusahaan juga menjadi faktor yang menentukan besaran kompensasi karyawan.

Faktor ekonomi perusahaan misalnya profit perusahaan, pemasukan dan lain sebagainya.

Itulah beberapa faktor yang menentukan kompensasi karyawan di perusahaan. Mulai dari faktor internal sampai dengan faktor eksternal dari karyawan dan perusahaan.

Hitung Kompensasi Karyawan dengan Payroll KantorKita

Hitung gaji dan bonus karyawan dengan mudah menggunakan software HRIS dari Kantor Kita. Sistem HR yang membantu HRD dalam manajemen karyawan lebih efisien dan mudah.

Tersedia banyak fitur untuk manajemen karyawan dari urusan administrasi sampai dengan pembayaran gaji. Termasuk aplikasi absensi dan fitur lainya.

fitur aplikasi kantor kita
Gambar 2 Fitur Aplikasi Kantor Kita

Informasi selengkapnya tentang Kantor Kita bisa langsung di cek di Kontak Kantor Kita. Tim CS Kantor Kita akan senang hati membantu Anda membagikan informasinya.

Baiklah, sekian informasi untuk hari ini tentang kompensasi karyawan, tujuan pemberian konpensasi karyawan sampai dengan faktor yang memengaruhi pemberian kompensasi karyawan hari ini. semoga bermanfaat!

 

Previous articleEvaluasi Kerja, Pentingnya Dan Bagaimana Caranya?
Next articleAplikasi HR, Tujuan Penggunaan dan Manfaatnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here