Cara Monitoring SalesMonitoring sales adalah salah satu jobdesk manager penjualan untuk mengawasi sales bekerja dengan baik dan tentu saja mencapai target yang diinginkan. Namun sayangnya tidak semua manager sales bekerja dengan baik dalam monitoring salesnya. Alih-alih mendapatkan hasil sesuai target yang diinginkan, cara monitoring sales yang salah juga membentuk hubungan tidak baik antar manager dan tim sales. Padahal disini tugas manager adalah pengayom, yang selain memantau juga memberikan motivasi dan support.

Seperti yang kita tahu, di lapangan sales menjumpai banyak kendala dan kesulitan yang menyebabkan target tidak terpenuhi. Jadi sales berperan memberikan solusi, bukan hanya target setiap harinya. Nah, memang gimana sih cara monitoring sales itu? Apa yang yang harus dicek dan di pantau? Simak ulasan berikut.

Monitoring Sales

Ada beberapa hal yang perlu dipantau dalam monitoring sales. Beberapa diantaranya adalah

Monitoring Sales

Fiture 1. Monitoring Sales

Dengan memantau kinerja sales seperti di atas, proses akan berurutan dan lebih rapih. Bayangkan jika pemantauan tidak dilakukan tersistem, maka apa yang terjadi? Pasti cukup berantakan dan hasilnya bisa kurang valid. Sebagai sales tentu saja penilaian kinerja ini juga menjadi hal penting, pun sebagai manager yang bertanggung jawab atas semua tim sales hal ini harus diperhatikan dengan baik agar penilaian akurat.

Bagaimana Cara Memonitoring Sales?

Pernahkan mendengar kalimat “ada banyak jalan menunju Roma,” ? nah begitu juga dalam proses penilaian kinerja sales, ada banyak cara yang digunakan untuk satu tujuan atau penilaian tersebut. Proses penilaian sales ada beberapa cara, misalnya menggunakan metode konvensional dan metode digital.

Sekarang ini mungkin penilaian kerja sales lebih banyak menggunakan metode digital daripada konvensional karena dianggap lebih ringkas dan mudah.

1. Cara Monitoring Sales Konvensional

Monitoring sales konvensional dilakukan menggunakan teknik atau cara lama untuk memantau kerja sales. Cara penilaian konvensional dilakukan dengan pengecekan secara offline atau langsung kepada salesnya, misalnya dalam proses wawancara maupun menggunakan laporan mingguan atau bulanan. Selain itu bisa dengan melakukan meeting briefing di pagi hari dan meeting di sore hari membahas hasil. Cukup menguras waktu dan tenaga, bukan?

Beberapa alasan kenapa cara ini masih dilakukan adalah karena lebih murah atau minimnya informasi mengenai teknologi digital tentang pemantauan sales. Cara ini memang masih bisa digunakan dalam usaha yang memiliki lingkup kecil yang mungkin memiliki sales kurang dari 10 orang.

Namun untuk perusahaan besar dengan jumlah sales dan penjualan tinggi tentunya cara ini kurang efektif digunakan, selain menyita banyak waktu juga membuat pekerjaan tidak ringkas. Sebelum ada teknologi sangat mungkin menggunakan cara ini, namun jika sudah ada teknologi akan lebih mudah jika memaksimalkan teknologi yang ada.

2. Cara Monitoring Sales Menggunakan Teknologi

Selain menggunakan cara konvensional, monitoring sales juga menggunakan cara modern yakni memanfaatkan teknologi. Sekarang sudah ada banyak teknologi yang digunakan, mulai dari software atau juga aplikasi.

Aplikasi atau software monitoring ini sangat membantu proses monitoring sales karena menggunakan sistem berbasis cloud dan CRM. Dimana software ini bisa menyimpan data secara mudah dan otomatisasi, yang membuat proses jauh lebih cepat.

Bagaimana sih cara menilai kinerja sales hanya dari software?

Perlu diketahui penggunaan software ini merupakan integrasi pemakaian antara manager dan sales. Sehingga setiap progress yang dilakukan oleh sales akan di update dalam sistem software dan bisa dinilai oleh manager. Mulai dari informasi customer, progress, sampai dengan pencapaian dan target.

Dengan menggunakan software macam ini, manager bisa menilai dan memantau kapan saja dimana saja tanpa perlu bertatap muka. Kegiatan adminitrasi seperti meng-email customer, mengirimkan penawaran dan lain sebagainya juga akan terlacak dalam software ini.

Software/aplikasi sales ini memang di desain digunakan untuk meringkas dan memudahkan penilaian sales. Tanpa software dan aplikasi sales ini, penilaian bisa saja kurang efektif. Apalagi di zaman digital dan penuh teknologi seperti ini, cara konvensional tidak bisa lagi digunakan sebagai cara utama.

Beberapa fitur yang umum ada di dalam software monitoring sales adalah

  1. Pemantauan aktifitas sales
  2. Pengecekan stock
  3. Ceking status proses penjualan sales (Penawaran, Penjualan, Pembayaran)
  4. Informasi pencapaian dan target sales
  5. Informasi customer
  6. Update informasi (informasi/pegumuman dari manager, kendala sales dsb)
  7. Laporan dan grafik

Dengan fitur lengkap di atas, satu software sudah mencangkup banyak pekerjaan yang memudahkan manager dan sales dan koordinasi terkait penjualan.

Anda bisa melihat beberapa perbedaan penggunaan software sales dan pemantauan sales metode konvensional bisa Anda lihat pada kolom di bawah ini.

No Perbedaan Monitoring sales metode konvensional Monitoring sales menggunakan software
1.         Cara penilaian Offline – wawancara / laporan Online – menggunakan aplikasi
2.         Kebutuhan Waktu Penggunaan waktu lebih lama untuk menilai setiap sales Penilaian dilakukan real time dan terupdate sehingga lebih cepat
3.         Proses penilaian Dinilai berkala

(seminggu sekali)

(sebulan sekali)

Terupdate secara otomatis setiap saat sehingga pemantauan bisa dilakukan kapan saja secara real time.
4.         Ke-efektifan Kurang efektif. Jika ada masalah di lapangan baru diketahui setelah ada laporan berkala.

 

Manager kurang bisa bertindak mengarahkan.

–          Update otomatis membuat penggunaan aplikasi lebih efektif. Masalah di lapangan diketahui lebih cepat sehingga penanganan juga lebih cepat.

–          Manager bisa memberikan arahan kapan saja sesuai progress sales.

5.         Kemudahan Tidak cukup mudah. Apalagi jika sales memiliki jumlah banyak Software yang cukup mudah digunakan dan membantu mempersingkat proses pemantauan sales.
6.         Harga Terjangkau Biaya aplikasi

Perbedaan pemantauan sales dengan cara konvensional dan menggunakan software sales

Jadi itulah beberapa perbedaan dari pematauan sales metode konvensional dan menggunakan software sales. Dengan memahami tabel dan cara pemantauan di atas, Anda dapat mengetahui cara mana yang tepat untuk Anda.

Monitoring Sales Dengan Aplikasi Kantor Kita

Monitoring sales dengan mudah dilakukan menggunakan aplikasi sales management Kantor Kita. Memiliki fitur manajemen sales yang lengkap, tampilan yang menarik dan harga terjangkau. Beberapa fitur sales management yang kami miliki adalah

  • Manajemen Pelanggan
  • Sales Database
  • Pengelolaan Membership
  • Asset Promosi
  • Kelola invoice
  • Marketing Database
  • Tracking Histori
  • Laporan dan Statistik

Dengan fitur di atas, pengelolaan jauh lebih mudah dan menghemat waktu sehingga kerja lebih efisien. Pertanyaan mengenai sales management bisa Anda ajukan ke CS Kantor Kita melalui Whatsapp maupun chat web Kantor Kita atau langsung saja mendaftar di daftar Kantor Kita

Kesimpulan

Memonitoring kerja sales, memiliki banyak cara namun tidak semuanya memiliki hasil yang efektif untuk diterapkan. Salah satunya Anda bisa menggunakan software sales sebagai cara untuk monitoring sales. Kelengkapan fitur dan kemudahan perlu dipertimbangkan dalam pemilihan software ini. Salah satu software monitoring sales terbaik adalah Kantor Kita. Cek add on terbaru yang menarik lainya Kantor Kita

 

Cara mudah manajemen kantor besama Aplikasi Kantor Kita

Cara Mudah Manajemen Kantor besama Aplikasi Kantor Kita