Jangan Sepelekan; Ini Waktunya Ambil Jatah Cuti

0
183
Awali ke kantor dengan aplikasi absensi online yang membantumu bekerja lebih teratur

Jangan Sepelekan; Ini Waktunya Ambil Jatah Cuti – Pekerja memiliiki hak untuk mengajukan cuti dalam setahun, masalah cuti ini juga sudah dibahas dengan jelas di Undang-undang Cipta Kerja Kluster Ketenagakerjaan yang menuliskan bahwa karyawan berhak mendapatkan jatah cuti paling sedikit 12 hari setelah karyawan tersebut bekerja 12 bulan di perusahaan tersebut. Jadi untuk kamu yang sudah bekerja lebih dari satu tahun berhak untuk mengajukan cuti. Nah manfaatkan hak cutimu untuk me-refresh diri agar bisa menjaga performa. Taukah kamu tubuh sering memberikan sinyal untuk beristirahat loh, apa saja sih tanda-tanda kamu harus mengambil cuti? Berikut ulasanya untuk kamu

Pikiran Sudah Tidak Fokus Ke Pekerjaan

Jangan Sepelekan; Ini Waktunya Ambil Jatah Cuti

Hal yang harus kamu sadari ketika kamu memerlukan cuti adalah ketika pikiran sudah tidak fokus terhadap kerjaan di kantor. Biasanya kamu semangat berangkat pagi dan melakukan pekerjaan secara teratur, namun sekarang berangkat pagi terlalu malas, pekerjaan tidak kunjung selesai bahkan kamu tidak memiliki motivasi untuk bekerja.

Jika sudah memiliki ciri seperti ini berarti kamu memelukan istirahat dari bekerja. Kamu memerlukan penyegaran otak dan badan untuk mengembalikan mood bekerja lagi. Daripada pekerjaan dipaksakan dan tidak optimal akan lebih baik kamu istirahat sejenak dan mengatur otak dan tubuh mu kembali agar siap menghadapi pekerjaan.

Bosan dan lelah itu manusiawi banget kok, apalagi setelah bekerja terus menerus tubuh akan kelelahan dan pikiran akan merasa jenuh.

Tidak Menemukan Motivasi Dalam Bekerja

Jika kamu sudah kehilangan motivasi bekerja berarti sudah waktunya kamu mengajukan jatah cuti. Bekerja seharusnya dilakukan dengan baik namun ketika kamu merasa datar, bekerja hanyalah rutinitas dan keseharian, tidak ada pencapaian lain, ini adalah sinyal bahwa kamu perlu break dulu dari dunia kerja.

BACA JUGA : Rekomendasi Aplikasi Penting untuk Perkantoran 

Hilangnya motivasi pekerjaan ini membuatmu cepat merasa bosan, ingin segera weekend atau selalu melihat jam ingin segera pulang dan tidur. Hal ini menandakan kamu lelah dan butuh hiburan. Disaat saat seperti ini kamu cenderung melihat segala sesuatunya dengan buruk. Agar tidak berlarut-larut segeralah mengambil jatah cuti dan liburan.

Overthinking Soal Pekerjaan

Bekerja memang berat namun jika pekerjaanmu sampai menjadi pikiran yang berlarut-larut hal ini bisa membawa pengaruh buruk ke dirimu sampai ke lingkunganmu. Kamu jadi murung dan mudah marah, malas berinteraksi dengan seseorang dan yang paling utama adalah masalah kesehatan. Jangan biarkan hal ini berlarut-larut dan mengganggu hidupmu lebih baik segera selesaikan dan ambil cuti, dapatkan hiburan yang membuatmu lebih rileks.

Kehilangan Waktu Berkumpul

Absensi Mudah dengan Kantor Kita
Absensi Mudah dengan Kantor Kita

Menjadi pekerja memang harus fokus kepada pekerjaan namun hal ini jangan sampai membuatmu kehilangan waktu bersama keluarga. Jika hal ini terus terjadi pastinya akan mengganggu kehidupan keluarga. Untuk menghindarinya Kamu harus segera mengambil jatah cuti agar waktu luang dengan keluarga. Pastinya hal ini ditunggu oleh keluarga kamu dengan mengambil cuti kamu juga beristirahat dengan baik dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Setelah mengetahui kapan kamu perlu mengambil cuti, berikut adalah manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengambil jatah cuti.

  1. Pikiran lebih terbuka dan segar

Beristirahat maupun berlibur membuat kamu merasa lebih baik karena pikiran lebih terbuka. Badanpun terasa lebih fresh segala hal soal pekerjaan dilupakan sejenak, tidak ada hal yang membebanimu. Dengan pikiran yang lebih fresh ini tentunya membuat kamu merasa siap untuk bekerja dan mendapatkan tugas lagi. baca juga : 9 Cemilan Sehat Yang Cocok Untuk Mencegah Ngantuk Saat Bekerja 

  1. Tidak lagi bosan

Mengambil jatah cuti adalah waktumu untuk lari dari rutinitas pekerjaan yang membosankan, jika kamu mengambil jatah cuti maka kamu memiliki waktu untuk menginstirahat kan pikiran Hal ini membuat kamu tidak cepat bosan dengan pekerjaan dengan begitu performa kamu di kantor tetap bagus.

  1. Bisa menikmati hidup

Beristirahat dari rutinitas membuatmu bisa menikmati hidup, waktu luang yang kamu dapatkan digunakan untuk menikmati hal-hal yang tidak bisa kamu lakukan sebelumnya. Seperti bangun siang, menonton film, mengunjungi teman atau prang tua, ngopi bersama teman-teman ataupun membeli makanan yang kamu sukai langsung di tempatnya. Aktifitas yang menyenangkan ini bisa membuatmu lebih bahagia dan menikmati hidup. Kebahagiaan membuat rasa iri, insecure atau lainnya tertutupi sehingga bisa melihat banyak hal dengan sudut pandang yang berbeda. Masuk kerja pun lebih fresh karena pikiran sudah ringan hatipun sudah senang.

Cuti adalah salah satu hal yang bisa membuat mu tetap update
  1. Mendapatkan inspirasi

Untuk kamu yang bekerja di bidang kreatif tentunya inspirasi dalam pembuatan karya sangat diperlukan. Cuti adalah salah satu hal yang bisa membuat mu tetap update, di masa cuti kamu bisa berlibur atau menikmati banyak hal dimana hal ini bisa memberikmu banyak ide yang fresh dan menarik.

  1. Mental dan fisik lebih sehat

Beristirahat dan berlibur adalah suatu kebutuhan, banyak waktu yang dipergunakan di dalam ruangan dan terus berpikir. Hal ini tentunya akan membuatmu tertekan dan bosan, jika sudah begitu kamu akan rentan stress. Hindari stress dengan berlibur bersama pasangan maupun orang tersayang agar mendapatkan kesenangan.

Cuti adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam bekerja, untuk itu gunakan waktu cuti sebaik mungkin agar ke kantor lebih siap. Awali ke kantor dengan aplikasi absensi online yang membantumu bekerja lebih teratur, Kantor Kita aplikasi absensi online yang cocok digunakan oleh karyawan. Yuk download dan gunakan aplikasinya agar absensi lebih mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here