Jangan Sepelekan; Ini Waktunya Ambil Jatah Cuti

0
1136
Awali ke kantor dengan aplikasi absensi online yang membantumu bekerja lebih teratur

Jangan Sepelekan; Ini Waktunya Ambil Jatah CutiJangan Sepelekan; Ini Waktunya Ambil Jatah Cuti – Pekerja memiliki hak untuk mengajukan cuti dalam setahun, masalah cuti ini juga sudah dibahas dengan jelas di Undang-undang Cipta Kerja Kluster Ketenagakerjaan yang menuliskan bahwa karyawan berhak mendapatkan jatah cuti paling sedikit 12 hari setelah karyawan tersebut bekerja 12 bulan di perusahaan tersebut. Jadi untuk kamu yang sudah bekerja lebih dari satu tahun berhak untuk mengajukan cuti. Nah manfaatkan hak cutimu untuk me-refresh diri agar bisa menjaga performa.

Apa saja sih tanda-tanda kamu harus mengambil cuti? Berikut ulasanya untuk kamu

 

Waktu yang Tepat untuk Ambil Jatah Cuti?

Berikut adalah beberapa tanda yang bisa saja muncul pada karyawan, bisa jadi pertanda waktunya untuk mengambil cuti. Jika kamu juga merasakannya, segera ambil cuti ya!

1. Tidak Fokus Bekerja

Waktunya Ambil Jatah Cuti
Waktunya Ambil Jatah Cuti

Hal yang harus kamu sadari ketika kamu memerlukan cuti adalah ketika pikiran sudah tidak fokus terhadap kerjaan di kantor. Biasanya kamu semangat berangkat pagi dan melakukan pekerjaan secara teratur, namun sekarang berangkat kerja menajadi hal yang berat, pekerjaan tidak kunjung selesai bahkan kamu tidak memiliki motivasi untuk bekerja.

Jika sudah memiliki ciri seperti ini berarti kamu memerlukan istirahat dari bekerja. Kamu memerlukan penyegaran otak dan badan untuk mengembalikan mood bekerja lagi. Kamu sudah banyak melewati hari untuk bekerja dan belum ambil kesempatan beristirahat, maka ini waktu yang tepat untuk kamu mengambil cuti dari pekerjaan.

Memaksakan untuk bekerja juga akan beresiko kamu melakukan kesalahan lebih besar dalam bekerja. Lebih baik segera sadarkan diri dan ambil cutinya.

2. Burnout

Burnout kerja
Burnout Kerja | Waktunya Ambil Jatah Cuti

Setiap pekerjaan memiliki tekanan dan tugas masing-masing, namun jika kamu merasa sudah cukup lelah dengan tekanan kerja  yang menyebabkan kelelahan berlarut-larut, maka sudah waktunya untuk mengambil cuti karyawan.

Jika pekerjaanmu sampai menjadi pikiran yang berlarut-larut hal ini bisa membawa pengaruh buruk ke dirimu sampai ke lingkunganmu. Kamu jadi murung dan mudah marah, malas berinteraksi dengan seseorang dan yang paling utama adalah masalah kesehatan. Jangan biarkan hal ini berlarut-larut dan mengganggu hidupmu lebih baik segera selesaikan dan ambil cuti, dapatkan hiburan yang membuatmu lebih rileks.

Masalah stress dan cara manajemen stress untuk karyawan bisa dibaca di ulasan Menagemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja

3. Kehilangan Waktu Berkumpul

Menjadi pekerja memang harus fokus kepada pekerjaan namun hal ini jangan sampai membuatmu kehilangan waktu bersama keluarga maupun teman. Jika hal ini terus terjadi pastinya akan mengganggu kehidupan keluarga. Untuk menghindarinya Kamu harus segera mengambil jatah cuti agar waktu luang dengan keluarga. Pastinya hal ini ditunggu oleh keluarga kamu dengan mengambil cuti kamu juga beristirahat dengan baik dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

 

Manfaat Cuti Kerja

Setelah mengetahui kapan kamu perlu mengambil cuti, berikut adalah manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengambil jatah cuti.

1. Waktu Untuk Mengistirahatkan Pikiran

Beristirahat maupun berlibur membuat kamu merasa lebih baik karena pikiran lebih terbuka. Badanpun terasa lebih fresh segala hal soal pekerjaan dilupakan sejenak, tidak ada hal yang membebanimu. Dengan pikiran yang lebih fresh ini tentunya membuat kamu merasa siap untuk bekerja dan mendapatkan tugas lagi.

Mengambil jatah cuti adalah waktumu untuk lari dari rutinitas pekerjaan yang membosankan, jika kamu mengambil jatah cuti maka memiliki waktu untuk mengistirahatkan pikiran dan beristirahat sejenak dari pekerjaan. Hal ini membuat kamu tidak cepat bosan dengan pekerjaan dengan begitu performa kamu di kantor tetap bagus.

aplikasi absensi online
Cara Mudah Pantau Produktifitas Karyawan Selaama Cuti Bersama Natal 2021

2. Sarana Mencari Ide

Untuk kamu yang bekerja di bidang kreatif tentunya inspirasi dalam pembuatan karya sangat diperlukan. Cuti adalah salah satu hal yang bisa membuatmu tetap update, di masa cuti kamu bisa berlibur atau menikmati banyak hal dimana hal ini bisa memberikanmu banyak ide yang fresh dan menarik.

3. Mental dan Fisik Lebih Sehat

Beristirahat dan berlibur adalah suatu kebutuhan, banyak waktu yang dipergunakan di dalam ruangan dan terus berpikir. Hal ini tentunya akan membuatmu tertekan dan bosan, jika sudah begitu kamu akan rentan stress. Hindari stress dengan berlibur bersama pasangan maupun orang tersayang agar mendapatkan kesenangan. Dengan begitu kesehatan mental karyawan bisa lebih aman dan juga akan mempengaruhi fisiknya.

 

Mengelola Cuti Karyawan dengan Kantor Kita

Cuti adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam bekerja, untuk itu gunakan waktu cuti sebaik mungkin agar ke kantor lebih siap. Untuk HRD, pencatatan cuti lebih mudah menggunakan software HRIS Indonesia dari Kantor Kita.

Urus Cuti Karyawan Lebih Mudah dengan Aplikasi Kantor Kita
Urus Cuti Karyawan Lebih Mudah dengan Aplikasi Kantor Kita

Pencatatan cuti otomatis dan pengajuan cuti secara ESS dari karyawan. Jadi pengelolaan cuti akan lebih mudah dan tentu saja tersistem dengan baik. Gunakan free demo untuk mencoba aplikasi hr Kantor Kita. Jika ingin komunikasi lebih dalam dengan tim kami juga bisa menggunakan layanan zoom meeting online.

Sekian ulasan hari ini semoga bermanfaat!

Previous articleKeahlian yang Harus Dimiliki Di Dunia Kerja
Next articlePekerja Juga Punya Hak Dalam Bekerja, Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here