Kasbon Karyawan : Pengertian dan Contoh Formnya

0
5746
Kasbon Karyawan : Pengertian dan Contoh Formnya
Kasbon Karyawan : Pengertian dan Contoh Formnya

Kasbon Karyawan : Pengertian dan Contoh FormnyaKasbon karyawan adalah salah satu jenis fasilitas yang banyak dimanfaatkan karyawan di dunia kerja. Seiring bertambahnya jumlah karyawan maka fasilitas di dalamnya juga perlu bertambah. Perusahaan perlu untuk meningkatkan fasilitas karyawannya agar membuat karyawan semakin betah dan juga mengurangi turn over karyawan.

Nah apakah di perusahaan Anda juga tersedia kasbon? program kasbon karyawan ternyata cukup efektif untuk membuat karyawan merasa lebih terbantu dan juga menguntungkan untuk perusahaan. Bagaimana sih peran kasbon dalam dunia kerja, mari kita bahas bersama di ulasan berikut.

 

Apa Itu Kasbon

Kasbon adalah pinjaman tunai yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Umumnya, perusahaan memiliki lembaga khusus, seperti koperasi, yang memberikan pinjaman tunai kepada karyawannya. Karyawan mengajukan dana kredit sesuai kebutuhan. Setiap perusahaan dapat menetapkan aturan besaran pinjaman dari karyawan.

Pembayaran kasbon umumnya dilakukan dengan cara pemotongan gaji karyawan setiap bulannya. Pun kasbon ini tanpa membebani karyawan karena karyawan hanya perlu membayar hutangnya sesuai dengan jumlah pinjaman awal. Tidak ada bunga di dalamnya.

Baca Artikel Tentang : Pinjaman Uang Karyawan : Cara Pengajuan dan Contoh Formulirnya

 

Apa Keuntungan Kasbon

Salah satu keunggulan Kasbon adalah pinjamannya bebas bunga. Oleh karena itu, kasbon berbeda dengan meminjam uang dari bank atau fintech berbunga.

Keunggulan lain dari Kasbon adalah kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan. Sehingga Kasbon dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak karyawan. Cara pembayaran kasbon ini nantinya menggunakan potongan gaji karyawan. Kasbon ditalangi terlebih dahulu oleh perusahaan ketika seorang karyawan mengajukan pinjaman.

kasbon karyawan
Kasbon Karyawan | Aplikasi Kantor Kita

 

Cara Mengajukan Kasbon

Setiap perusahaan memiliki tata cara atau SOP perusahaan sendiri yang mengurusi tentang pengajuan kasbon karyawan ke perusahaan. Cara pengajuan kasbonnya adalah sebagai berikut :

Cara Mengajukan Kasbon

 

Manfaat Kasbon

Kasbon dari perusahaan ini memberikan manfaat bantuan keuangan darurat kepada karyawan. Di bawah ini adalah deskripsi lengkap tentang manfaat Kasbon bagi karyawan dan bisnis.

1. Karyawan

Karyawan dapat menerima dana darurat dengan cepat dan tanpa syarat yang rumit. Keuntungan dari kasbon ini adalah tidak ada bunga karena perusahaan tidak mendapatkan keuntungan. Pinjaman tunai biasanya dipotong dari gaji karyawan. Keuntungan lainnya adalah karyawan menerima pinjaman dari sumber terpercaya dan tidak curang.

2. Bisnis

Bisnis dapat membuktikan kualitas karyawan mereka serta konsumen mereka. Kasbon dapat meningkatkan kinerja karyawan dan produktivitas perusahaan. Perusahaan telah mendapatkan loyalitas dan kepercayaan dari karyawan yang didukung oleh pinjaman tunai.

Dengan beberapa kelebihan kasbon yang dimiliki tersebut membuat keduanya sama-sama diuntungkan, perusahaan untung karena bisa meningkatkan kinerja karyawan sedangkan karyawan juga untuk karena terbantu dengan fasilitas yang diberikan karyawan.

Baca : Tips Mengatur Gaji Bulanan

 

Penggunaan Kasbon Karyawan

Ada beberapa alasan yang membuat karyawan mengajukan kasbon, mulai dari urusan keluarga, kendaraan sampai dengan pesta pernikahan. Namun tidak semua alasan ini bisa langsung di ACC dalam proses pengajuan kasbon. Tentunya perusahaan mencari yang lebih efektif dan menunjang kinerja karyawan.

1. Pembelian/Penggantian Kendaraan Untuk Transportasi Kerja

Setelah beberapa tahun bekerja, pegawai mungkin mendapati bahwa kendaraan mereka tidak layak lagi untuk digunakan. Setelah mereka memikirkan banyak pertimbangan, pegawai memutuskan untuk mengambil kasbon dari perusahaan. Karena mereka pasti berfikir, akan lebih baik bagi manajemen untuk menyarankan pegawai untuk membeli kendaraan melalui sewa atau kredit sehingga mereka dapat melakukan pembayaran dengan cara yang lebih sistematis.

2. Dana Renovasi Rumah

Tidak semua orang dapat menjaga rumah mereka dalam kondisi prima untuk menghadapi cuaca yang tidak terduga selama musim hujan. Kalau cuma gentengnya saja yang bocor, tidak apa-apa, tapi bagaimana jika rumah pegawai Anda kebanjiran setiap tahun? Nah, gaji bulanan mungkin tidak cukup untuk merenovasi rumah besar. Penerimaan uang pegawai juga diperlukan untuk memperbaiki kondisi rumah agar kinerja pegawai tidak terpengaruh.

aplikasi payroll

3. Biaya Pernikahan

Tidak peduli seberapa baik pernikahan direncanakan oleh pegawai, tetapi calon pengantin mungkin tidak dapat mengendalikan biaya dan harus meminjam uang kasbon dari kantor. Mereka biasanya menerima “amplop” dari tamu undangan, sehingga mereka berharap dapat membayarkan kembali kasbon yang telah digunakan untuk acara pernikahan. Manajemen dapat memperkirakan kemampuan membayar berdasarkan jumlah tamu undangan yang dimiliki pegawai.

4. Biaya Pendidikan

Selain itu, biaya pendidikannya atau anaknya semakin meningkat. Pegawai tersebut mungkin sudah memperkirakan biaya sekolahnya atau anak tersebut, namun ternyata masih banyak pengeluaran lain, seperti seragam, buku pelajaran, kegiatan sepulang sekolah atau les, dan tamasya dari pihak sekolahan. Jika tidak direncanakan dengan baik, pegawai dapat dipaksa untuk mengambil kasbon demi membayar pendidikannya sendiri atau anak-anak mereka.

5. Biaya Pengobatan/Biaya Melahirkan

Tidak ada satu orang pun yang ingin sakit, sehingga jika pegawai sering sakit maka produktivitas perusahaan akan terganggu. Namun, manajemen tidak dapat menolak bencana, apalagi jika penyakit pegawai sudah sangat parah sehingga membutuhkan perawatan jangka panjang. Untuk mengatasi kredibilitas tersebut, perusahaan dapat mendaftarkan pegawainya sebagai peserta BPJS Kesehatan atau menyediakan fasilitas kesehatan di kantor. Pegawai yang sehat akan bekerja lebih baik.

6. Biaya Perjalanan

Pegawai yang ingin berlibur dan bepergian ke luar negeri juga mengajukan kasbon kepada perusahaan karena bonusnya tidak berkurang. Alasan seperti ini dapat diterima selama manajemen yakin mereka tahu bagaimana pegawai mereka dibayar. Pengeluaran dicirikan sebagai pengeluaran yang kurang mendesak dan bersifat tersier/non-rekreasi.

7. Dana Ibadah

Pegawai dapat mengajukan kasbon dari perusahaan untuk memenuhi misi keagamaan mereka, agar nantinya saat ibadah tidak memikirkan biaya yang kurang untuk ibadah. Jadi ibadahnya bisa khusyu dan berlangsung dengan lancar.

Itulah beberapa hal yang membuat karyawan meminjam dana di perusahaan atau kasbon. Sebaiknya memang memilih karyawan yang meminjam dengan alasan / tujuan yang jelas dan menunjang pekerjaan.

Rekomendasi : Aplikasi Absensi Karyawan Online

 

Contoh Formulir Kasbon Karyawan

Berikut adalah beberapa contoh formulir kasbon karyawan untuk Anda, semoga bisa digunakan untuk referensi membuat formulir kasbon untuk karyawan ya!

ontoh Form Pengajuan Pinjaman Karyawan
Contoh Formulir Kasbon Karyawan
Contoh Form Pengajuan Pinjaman Karyawan
Contoh Formulir Kasbon Karyawan

 

Kesimpulan

Kasbon adalah pinjaman tunai yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Kasbon dari perusahaan ini memberikan manfaat bantuan keuangan darurat kepada karyawan.

Beberapa perusahaan menawarkan kasbon pegawai untuk meningkatkan loyalitas, tetapi tidak semua pegawai benar-benar membutuhkan kasbon ini. Kasbon pegawai siap membantu mereka yang berada dalam situasi sulit, bahkan di masa kritis seperti ini tanpa mengenakan bunga kepada pegawainya.

Itulah penjelasan tentang kasbon karyawan dan contoh kasbon karyawan, semoga bermanfaat. Jika ingin menggunakan aplikasi perkantoran, bisa banget menggunakan software hris indonesia dari Kantor Kita.

customer service kantor kita
customer service kantor kita

Aplikasi UMKM maupun interprise yang memudahkan mengelola absensi karyawan dengan mudah. Dengan absensi online yang terintegrasi dengan payroll/sistem penggajian karyawan. daftar mudah menggunakan dengan langsung masuk di halaman daftar Kantor Kita maupun langsung menghubungi kontak Kantor Kita.

Sekian informasi tentang kasbon karyawan hari ini semoga bermanfaat!

Previous articleFingerprint Vs Aplikasi Absensi Online??
Next articleStruktur Organisasi di Perkantoran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here