Tips Mengatur Gaji Bulanan

0
1984
Tips Mengatur Gaji Bulanan
Tips Mengatur Gaji Bulanan

Tips Mengatur Gaji BulananMengatur gaji tiap bulannya adalah sebuah seni, dimana jika kita berhasil mengelola keuangan kita maka hal-hal pemborosan bisa dihindari. Selain bisa menabung, mungkin bisa juga mengalokasikan uang yang kamu dapatkan pada hal-hal yang berarti seperti asuransi kesehatan sampai dengan investasi.

Dengan pengaturan keuangan yang baik, maka uang yang kamu dapatkan bisa digunakan secara efisien, memplotkan uang berdasarkan kebutuhan, keperluan jangka panjang juga kebutuhan sekunder dan lainya.

Nah pengaturan uang ada tipsnya loh, untuk yang kamu sedang banyak mengatur gaji bulanan mari kita bahas bersama tips mengatur gaji bulanan untuk karyawan.

 

Tips Mengatur Gaji Bulanan 

Lebih mudahnya untuk membagi penghasilan bisa banget menggunakan sistem presentasi untuk membagi pada beberapa aspek. Menurut Kemenkeu, kamu bisa mengelola penghasilan dengan presentase menggunakan formula tertentu misalnya formula 40:30:20:10 dengan kebutuhan.

Persentase Menghitung Penghasilan
Persentase Menghitung Penghasilan

Dengan menerapkan penghitungan persentase seperti di atas kita menjadi lebih mudah dalam mengelola penghasilan kita. Dari awal sudah di plot-plotkan berapa saja penghasilan yang digunakan untuk tabungan, cicilan sampai dengan kebutuhan harian dan lainya.

Misalnya saja, kamu memiliki penghasilan Rp 5.000.000/bulan maka

40% = Rp 2.000.000 untuk kebutuhan

30% = Rp 1.500.000 untuk cicilan

20% = Rp 1.000.000 untuk tabungan

10% = Rp 500.000 untuk biaya harian

Atau juga bisa dengan menggunakan pedoman presentasi lainya, yang kamu dapatkan dari sumber lain atau juga yang bisa kamu dapatkan dari penyesuaian dengan kehidupan kamu sendiri. Contoh lainya adalah sebagai berikut

Persentase Penghitungan Penghasilan
Persentase Penghitungan Penghasilan

Presentase ini memang cukup subjektif dimana bisa saja sesuai dengan kondisi penghasilan kamu atau tidak sesuai. Sehingga harus disesuaikan lagi selanjutnya. Namun yang pasti adalah hal seperti ini sangat dibutuhkan dalam mengelola keuangan kita. Dengan plot yang sudah jelas maka kita bisa menganggarkan uang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Penghasilan yang tidak jelas rencana penganggarannya, akan membuat kita menjadi lebih impulsif dan tidak bisa mengatur keuangan dengan baik.

Baca Artikel : Jenis Gaji yang Banyak Dicari Di Google

 

Tips Mengelola Gaji agar Tidak Boros

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menekan gaji agar tidak boros atau berlebihan dalam menggunakannya.

1.   Membuat Catatan Pengeluaran Setiap Akan atau Setelah Belanja

Apakah kamu  sering membuat catatan pengeluaran dari kegiatan belanja kamu? Jika belum, lebih baik mulai sekarang mulai dibiasakan untuk membuat listnya ya! Dengan membuat catatan barang yang akan dibeli dan jumlah  pengeluaran maka akan membantu mengetahui kebutuhan mana yang terpenting dan tidak. Hal tersebut juga memudahkan kamu  untuk bahan evaluasi bulan-bulan selanjutnya agar lebih hati-hati dalam membelanjakan gaji bulanan kamu .

Apalagi jika ada barang bagus dan diskon, banyak dari kita yang lupa dengan tujuan utamanya. Mulai saat ini buat kamu yang suka belanja perlu menerapkan tips mengelola keuangan yang baik untuk menjaga uang di dompet maupun di rekening kamu  tetap aman.

2.   Mengatur Gaji Untuk Kebutuhan Primer Maupun Tersier

Kebutuhan karyawan selama satu bulan terkadang terasa tidak cukup dengan gaji yang didapatkan. Maka kita harus pintar-pintar mengelola keuangan dengan baik sehabis menerima gaji bulanan dari perusahaan.

Jika kamu  merasa bingung mengelola gaji karyawan , kamu  bisa mencoba rumus dari Elizabeth Warren yakni metode 50/30/20. Metode tersebut menjelaskan bahwa pengelolaan gaji sebesar 50% untuk kebutuhan primer seperti makan sehari-hari, transportasi dan sewa rumah atau apartemen, 30% untuk kebutuhan tersier seperti belanja, dan 20% untuk untuk prioritas keuangan seperti cicilan, membayar hutang atau menabung.

Tahukah kamu  bahwa mengatur gaji dalam berbagai bagian dapat mempermudah kamu  memulai hidup hemat.

3.   Selalu Membawa Uang Tunai Secukupnya

Apakah kamu  terbiasa berbelanja menggunakan uang tunai? Sadar atau tidak membawa uang tunai dalam jumlah banyak bisa membuat kamu lebih boros lho.  Salah satu tips mengelola keuangan yang dapat kamu  lakukan adalah dengan membawa uang tunai biasanya kita sulit untuk menahan keinginan membeli barang lain karena merasa masih ada uang di dompet.

Sebaiknya kamu  membawa uang secukupnya saja, kamu  bisa mencatat terlebih dahulu keutuhan yang kamu  beli. Cara seperti ini dapat sedikit menghambat uang gaji bulanan kamu  cepat ludes.

4.   Hindari Impulsif Berkedok Self Reward

Sekarang ini yang paling relate dengan kehidupan anak muda adalah memberikan reward atau penghargaan kepada diri sendiri dengan membeli banyak barang-barang tertentu setiap bulannya.

Jika kita lihat dengan teliti self reward ini malah bisa menjadi satu hal yang membuat kita impulsif atau menjadi boros dengan membeli kesenangan tanpa membutuhkannya. Memang memberikan rasa senang namun tidak terkadang itu adalah barang yang tidak kita butuhkan banget.

Sebaiknya bedakan self reward, keinginan dan kebutuhan. Self reward tentunya boleh-boleh saja sebagai hadiah atas kerja keras kamu. Namun keinginan hanya berupa kesenangan saja tanpa benar-benar membutuhkannya.

5.   Coba Berinvestasi

Ada banyak media yang banyak digunakan untuk berinvestasi sekarang ini, mulai dari investasi untuk newbie sampai dengan alat investasi untuk profesional dan lainya. Investasi ini membantu kamu untuk menyimpan uang tabungan juga untuk membantu kekayaan kamu bisa berkembang. Namun untuk bermain investasi perlu hati-hati karena banyak media investasi yang malah merugikan kamu.

itulah beberapa cara yang digunakan untuk mengatur gaji bulanan. Dengan pengaturan gaji bulanan yang baik kamu bisa menggunakan penghasilan dengan maksimal sesuai kebutuhan dan plot yang tepat. Mengurangi pengeluaran yang boros dan juga pengeluaran tidak penting lainya.

Baca : SOP Penggajian Karyawan

 

Kesimpulan

Tips mengatur gaji bulanan tidak hanya terikat terikat pada konsep yang kaku dengan presentase-presentase tertentu juga. Namun lebih kepada seni mengatur penghasilan agar uang yang kamu miliki bisa cukup untuk kebutuhan hidup sekarang dan kedepannya. Mengatur keuangan sehingga tidak kehabisan sebelum waktunya juga tidak menggunakan uang secara impulsif.

Nah itulah penjelasan tentang tips mengatur gaji bulanan untuk karyawan. Semoga dengan tips di atas, dapat digunakan dengan baik.

Jika ingin menggunakan layanan software HRIS Indonesia untuk asisten HRD karyawan bisa menggunakan aplikasi absensi karyawan online Kantor Kita sebagai yang membantu HRD untuk mengelola karyawan.

Ada fitur absensi online sampai dengan payroll karyawan sehingga HR bisa mengurus administrasi karyawan dengan lebih mudah menggunakan aplikasi perkantoran dari Kantor Kita.

Daftar Kantor Kita untuk mendapatkan free zoom meeting dan mencoba semua fiturnya dengan bebas selama 15 hari.

Baca : Jenis Slip Gaji dan Keuntungan Menggunakan Slip Gaji Online

Previous articleSistem Manajemen SDM yang Baik
Next articleKomunikasi dalam Tata Hubungan Kantor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here