Sistem Manajemen SDM yang Baik

0
2337
Sistem Manajemen SDM yang Baik
Sistem Manajemen SDM yang Baik

Sistem Manajemen SDM yang BaikSumber Daya Manusia atau lebih singkatnya SDM adalah individu yang bekerja secara produktif dan sebagai penggerak dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sumber Daya Manusia merupakan aset yang sangat penting bagi perusahaan karena SDM yang baik dapat membantu dalam kemajuan dan perkembangan perusahaan. Maka dari itu perusahaan juga memiliki peran penting dalam menciptakan sistem manajemen SDM yang baik agar karyawan dapat bekerja dengan baik dan efektif sesuai dengan tanggung jawabnya.

Kemampuan yang dimiliki oleh setiap karyawan atau tenaga kerja juga tidak sama. Ada fresh graduate atau belum memiliki pengalaman sama sekali di dunia kerja sehingga perlu beradaptasi dan belajar, ada juga yang sudah berpengalaman dan memiliki kemampuan di bidangnya sehingga mudah menyesuaikan.

Mari kita bahas bersama tentang sistem manajemen SDM yang baik di ulasan berikut ini.

 

Manajemen SDM

Manajemen SDM
Manajemen SDM

Setiap perusahaan pasti ada tim yang memiliki fungsi sebagai pengatur SDM. Umumnya, manajemen SDM ini dipegang oleh HRD namun tidak jarang dipahami juga manajemen SDM langsung dipegang oleh owner perusahaan tersebut. Jika dilihat dari namanya, manajemen SDM ini adalah tim yang memiliki tugas untuk mengatur, mengelola karyawan.

Mengelola karyawan bukan hanya tentang membuat aturan saja melainkan juga mengurus administrasi karyawan, memenuhi posisi yang kosong di perusahaan dengan mencari karyawan, mengurus kontrak karyawan sampai dengan career path dan resign karyawan. Tidak lupa dengan struktur organisasi karyawan juga dengan penggajian dan lain sebagainya.

Manajemen karyawan juga memiliki tugas mengatur agar hubungan karyawan dengan perusahaan berjalan dengan baik. Karyawan bisa mendapatkan hak-hak dari perusahaan pun perusahaan pun dapat hasil yang baik dari kinerja karyawan.

Jadi hubungan antara karyawan dengan perusahaan bisa berlangsung baik.

 

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Tujuan dari manajemen SDM adalah untuk dapat mencapai tujuan perusahaan, menciptakan tenaga kerja yang terampil, cakap dan dapat bekerja secara efektif dan efisien. Setiap tujuan dari manajemen perusahaan berbeda, namun secara khusus memiliki tujuan berikut:

  1. Menciptakan suasana yang produktif dan harmonis di tempat kerja antara manajemen dan karyawan.
  2. Mendorong karyawan agar memiliki semangat dan motivasi kerja
  3. Membantu dalam menyelesaikan masalah
  4. Komunikasi antara pekerja dan perusahaan berjalan dengan baik
  5. Menguntungkan karyawan dan perusahaan karena dampak yang dihasilkan adalah untuk kedua pihak
  6. Mempertahankan kesejahteraan mental dan fisik karyawan.

Baca : Peraturan Yang Perlu Diketahui HRD dalam Mengelola SDM

 

Cara Menerapkan Manajemen Sdm Secara Efektif

Manajemen SDM sangat diperlukan untuk dapat memastikan bahwa tenaga kerja yang dimiliki oleh perusahaan adalah tenaga kerja yang kompeten dan berkualitas. Perusahaan juga perlu memantau bahwa manajemen yang diterapkan berjalan dengan efektif dan efisien. Berikut tips yang dapat anda terapkan:

1. Memberikan Pendidikan atau Pelatihan

Perusahaan bisa memberikan pelatihan atau training untuk tenaga kerja terutama tenaga kerja baru agar tenaga kerja tersebut dapat menyesuaikan sistem kerja yang diterapkan oleh perusahaan. Selain itu pelatihan yang diberikan juga dapat membantu tenaga kerja untuk meningkatkan pengetahuan, profesionalisme, solidaritas dan keterampilan.  Contoh pelatihan yang dapat dilakukan yaitu:

a. Melakukan Outbond

Memberikan pelatihan dengan cara outbond dapat meningkatkan loyalitas dan solidaritas tenaga kerja melalui kerja tim.

b. Memberikan Tutorial atau Demonstrasi

Metode ini dapat dilakukan untuk memberikan contoh cara kerja atau praktek menggunakan peralatan. Memberikan demonstrasi akan membantu karyawan untuk memahami karena mereka diperlihatkan dan diajarkan caranya.

2. Memberikan Kesempatan

Memberi kesempatan tenaga kerja atau karyawan untuk dapat menyalurkan pendapat dan ide yang dimiliki. Kontribusi karyawan dalam memberikan masukan dapat membantu untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan.

absensi karyawan
Aplikasi Absensi Android Lebih Efektif Digunakan Karyawan

3. Melakukan Penilaian dan Evaluasi

Untuk meningkatkan kinerja karyawan perlu melakukan penilaian rutin. Jika melakukan penilaian maka dapat mengetahui bagaimana cara kerja karyawan, sistem kerja karyawan dan hasil kerjanya apakah sudah produktif, efektif dan efisien.

4. Memberikan Penghargaan

Memberi penghargaan untuk karyawan yang berprestasi dapat membuat karyawan menjadi termotivasi, merasa dihargai dan tentunya akan bekerja dengan lebih giat. Jika karyawan merasa demikian, tentunya akan memberi dampak juga untuk perusahaan. Tentang reward ini sudah pernah kami bahas di reward dan punishment strategi menjaga kinerja pegawai

5. Manajemen Konflik

Manajemen konflik menjadi satu hal yang harus ada di perusahaan. Sebab kita tahu bahwa perusahaan memiliki banyak karyawan di dalamnya dengan berbagai karakter dan lainya. Konflik pasti ada sehingga manajemen konflik juga harus ada. Manajemen konflik ini adalah cara yang digunakan untuk memberikan solusi terhadap karyawan yang sedang memiliki konflik dengan sesama karyawan atau bagian lingkungan kerja lainya.

Manajemen karyawan adalah hal yang bisa dikatakan cukup sulit karena  kita memanajemen manusia dengan berbagai karakternya. Yang paling penting dalam manajemen karyawan adalah sistem yang luwes/tidak kaku juga tetap perlu menggunakan empati.

Baca : Kelola SDM sekaligus Inventaris dengan Software HRIS  

 

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Fungsi manajemen SDM mempengaruhi aktivitas seluruh area kerja perusahaan. Berikut adalah fungsi dari manajemen SDM, yaitu:

1. Perencanaan SDM

Pentingnya peran manajemen SDM dalam menentukan kualitas tenaga kerja perusahaan. Dalam melaksanakan perencanaan sumber daya manusia, hal yang dilakukan oleh perusahaan adalah melakukan perekrutan dan seleksi calon tenaga kerja, serta melakukan pemberhentian kerja dengan cara yang baik kepada karyawan.

2. Penilaian Kinerja atau Evaluasi

Evaluasi yang dilakukan tidak hanya penilaian positif saja, tetapi perusahaan juga perlu memberikan penilaian yang negatif apabila hasil kerja dan kinerja pegawai buruk. Memberikan evaluasi kepada tenaga kerja dapat menentukan pantas atau tidaknya karyawan diberi penghargaan atas kinerjanya.

Software HRIS

3. Menciptakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kondisi lingkungan kerja juga perlu diperhatikan dari kebersihan, keamanan dan suasana kerja, karena hal tersebut akan berpengaruh ke kinerja pegawai.

Lingkungan kerja yang tidak bersih akan membuat karyawan sering sakit dan tidak masuk kerja. Lingkungan kerja yang kurang aman akan mempengaruhi keselamat karyawan, terutama jika perusahaan dengan gedung tinggi, pabrik dan yang berkaitan dengan alat berat. Jika suasana kerja tidak baik, itu juga membuat mood karyawan menjadi buruk dan merasa tidak nyaman di tempat kerja yang mempengaruhi kinerja karyawan.

4. Hubungan Terjaga

Relasi tidak hanya dari luar antar perusahaan saja, namun perusahaan dengan karyawan dan antar karyawan juga perlu membangun relasi yang baik. Hal ini diperlukan agar tidak memicu terjadinya tindakan dan kegiatan yang tidak sehat.

Itulah penjelasan tentang manajemen SDM di perusahaan untuk Anda, manajemen SDM menjadi satu hal yang penting karena digunakan menjadi dasar dalam pengelolaan karyawan di dalamnya.  Manajemen SDM secara umum  juga bisa dikelola oleh HRD.

 

Kesimpulan

Manajemen SDM akan sangat dibutuhkan di dunia kerja atau di perusahaan. Manajemen SDM ini berfungsi untuk mengelola karyawan mulai dari kegiatan administrasi sampai dengan konflik maupun hubungan antara SDM dan perusahaan. Dengan manajemen SDM yang baik tentunya SDM di perusahaan akan tertata dengan baik pula. Hak-hak karyawan terpenuhi, karyawan bisa bekerja dengan baik begitu juga dengan perusahaan yang selalu memberikan yang terbaik untuk karyawan.

Manajemen karyawan ini bisa terbantu menggunakan software HR Indonesia yang memberikan Anda fitur terbaik dari pengelolaan absensi sampai dengan penggajian karyawan. Manajemen absensi dari pencatatan absensi sampai dengan laporan absensinya. begitu juga dengan payroll yang terintegrasi secara otomatis dengan rekap absensi karyawan.

Salah satu aplikasi absensi online adalah Kantor Kita. Aplikasi HR Indonesia yang memberikan banyak fitur  untuk pengelolaan karyawan.Aplikasi HRIS

cek secara lengkap dengan melakukan daftar Kantor Kita dan ikuti privat zoom meeting untuk mengetahui Kantor Kita lebih dalam juga gratis.

Sekian informasi hari ini tentang sistem manajemen SDM yang baik, semoga bermanfaat!

Previous article5+ Tips Tidak Terlambat Ke Kantor
Next articleTips Mengatur Gaji Bulanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here