5+ Tips Tidak Terlambat Ke Kantor

0
909
5+ Tips Tidak Terlambat Ke Kantor
5+ Tips Tidak Terlambat Ke Kantor

5+ Tips Tidak Terlambat Ke KantorTerlambat datang ke kantor adalah salah satu hal yang menunjukkan kamu tidak cukup profesional dalam menjalani pekerjaan. Tidak hanya sekedar masalah profesionalitas, terlambat juga akan bermasalah dengan performa dan kelancaran pekerjaan. Untuk itulah kenapa kebiasaan terlambat ke kantor harus dihindari atau segera diperbaiki.

Untuk mengatasi masalah keterlambatan berangkat ke kantor ini, Kantor Kita ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti sehingga bisa memperbaiki kebiasaan terlambat ke kantor.

Kita simak bersama ulasan hari ini.

 

Akibat Terlambat Datang Kerja

Untuk kamu yang memiliki kebiasaan terlambat, akan lebih baik jika kebiasaan tersebut segera dihilangkan dari sekarang ini. Sebab jika sudah masuk dunia kerja, keterlambatan membawa banyak hal buruk pada pekerjaan kamu. Diantaranya adalah

akibat terlambat bekerja
Akibat Terlambat Bekerja

1. Mempengaruhi rekapan absensi

Rekapan absensi adalah satu hal yang menjadi dasar untuk kehidupan karyawan. Mulai dari penghitungan gaji/ payroll karyawan sampai dengan penilaian kinerja karyawan semuanya berdasarkan dari laporan absensi ini.

Pun sekarang rekapan absensi tidak bisa diedit-edit karena sudah menjadi sistem otomatis. Sekarang banyak HR yang menggunakan aplikasi absensi ((absensi android) karyawan online sehingga semua laporan dan kondisi absensi karyawan sudah auto siap juga tidak bisa tindakan curang dari karyawan tersebut.

Jika rekap absensi buruk maka gaji dan penilaian karyawan pastinya juga akan berpengaruh juga.

2. Dinilai Tidak Profesional

Salah satu hal yang membuatmu dipertimbangkan dalam berbagai project pekerjaan adalah profesionalitas yang kamu miliki. Selain dari hasil kerja kamu, juga didapatkan dari kebiasaan kamu sehari-harinya. Termasuk manajemen waktu yang kamu miliki.

Sering terlambat memberikan tanda bahwa kamu memiliki manajemen waktu yang masih buruk. Untuk itulah kenapa profesionalitas dalam dunia kerja harus diperhatikan dengan baik.

3. Mengurangi Penilaian Kinerja Karyawan

Berhubungan dengan nomor satu. Dimana penilaian kinerja karyawan selain dari hasil tugas yang diberikan, sikap juga dari hasil absensi karyawan.  Setiap bulannya HRD / kepala tim memiliki laporan kinerja karyawan yang dipertanggungjawabkan kepada atasan.

Pun penilaian kinerja ini akan berpengaruh terhadap kesempatan kamu berkarir dan membuat kesempatan banyak lainya di tempat kerja.

4. Teguran HRD

Jangan sampai kamu mendapatkan surat peringatan karyawan  / SP dari HRD karena kamu dinilai tidak teratur dalam bekerja yang disebabkan karena keterlambatan. Jika HR sudah menegur berarti kamu memiliki kesalahan yang tidak lagi sepele apalagi dengan pemberian SP.

5. Mengganggu Kinerja

Datang terburu-buru saat bekerja adalah hal yang tidak mengenakkan, selain sungkan dengan karyawan lain juga kita tidak punya persiapan untuk bekerja. Tidak heran alat kerja ketinggalan atau malah pekerjaan tidak lancar karena terlalu buru-buru.

6. Denda Keterlambatan

Apakah di perusahaan kamu memberikan denda keterlambatan bagi karyawan yang terlambat? ini adalah hal yang dirugikan jika kamu datang terlambat di kantor selain kerja tidak nyaman, juga kamu harus membayar denda keterlambatan atau dilakukan potongan gaji karyawan.

Peraturan Kantor sangat penting untuk diterapkan di lingkungan dan diterapkan pada setiap karyawannya, agar menambah rasa kedisiplinan saat berkantor. Setelah kamu mengetahui beberapa akibat sering datang terlambat, sekarang ubah kebiasaan untuk selalu datang tepat waktu ya!

 

5+ Tips Tidak Terlambat Ke Kantor

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menghindari datang terlambat ke kantor secara terus-menerus.

1. Hindari Begadang

Salah satu hal utama yang perlu dihindari untuk mengatasi terlambat masuk kerja adalah begadang. Hindari begadang jika memang tidak ada urusan penting di malam hari. Begadang memiliki banyak dampak buruknya untuk tubuh dan kegiatan kita.

Hindari Begadang
Hindari Begadang

Jangan membuang banyak waktumu untuk scroll sosial media, menonton TV atau malah aktivitas berat dan lainya. Untuk menghindari begadang adalah dengan merutinkan waktu tidur awal.

Misalnya kamu sudah tentukan harus tidur jam 10 malam maka di jam ini pastikan kamu sudah di tempat tidur. Jika ini dibiasakan maka kebiasaan begadang dan efeknya akan hilang.

2. Hindari Melakukan Aktifitas Banyak

Salah satu hal yang membuat kamu terlambat masuk kerja adalah karena melakukan banyak aktifitas di pagi atau malam hari. Sebenarnya jika kamu memiliki manajemen waktu yang baik, banyaknya aktifitas bisa di handle dengan baik.

Namun yang berbahaya adalah ketika kamu memiliki banyak kegiatan dan aktivitas sehingga kamu tidak bisa mengelola pembagian waktunya dengan baik yang akhirnya membuat datang kerja jadi terlambat.

Keasikan memiliki banyak aktifitas juga membuat persiapan kerja jadi berkurang dan tubuh jadi kurang bersemangat. Jadi akan lebih baik jika kurangi kegiatan/aktivitas yang kurang penting di malam atau pagi hari sebelum bekerja agar bisa bersiap ke tempat kerja lebih awal dengan persiapan yang memadai juga.

3. Berangkat Lebih Awal

Berangkat lebih awal menjadi satu cara agar bisa menghindari keterlambatan kerja yang paling efektif. Berangkat lebih awal artinya kamu perlu bangun lebih pagi dan bersiap lebih awal juga. Untuk itu pastikan tubuhmu dalam kondisi baik dan ada transportasi yang memadai yang digunakan untuk berangkat kerja.

Berangkat kerja lebih awal cocok untuk kamu yang memiliki jarak rumah dan kantor yang jauh.

4. Pilih Domisili Dekat Kantor

Bertempat tinggal dekat kantor adalah salah satu hal yang membuat kamu aman dari keterlambatan. Pilih domisili yang memiliki jarak 5-10 menit dari kantor sehingga kamu yang suka datang mepet lebih aman.

Selain tips di atas, sebenarnya keterlambatan bisa dicegah dengan mudah yaitu dengan hidup yang teratur. Tips di atas hanyalah tips biasa jika kamu tidak memperhatikan dengan baik. Berangkat tepat waktu adalah sebuah kebiasaan, sehingga untuk mencapainya memang perlu dibiasakan pula hal-hal baik yang teratur.

 

Kesimpulan

Kebiasaan terlambat ke kantor adalah kebiasaan yang cukup buruk untuk karyawan. Sebagai karyawan yang memiliki profesionalisme yang baik, kebiasaan ini harus sangat perlu dihindari. Selain mengganggu performa kerja juga ada banyak akibat yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan terlambat ke kantor ini. Termasuk pengurangan gaji dan penilaian kinerja yang buruk.

Di atas adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghindari kebiasaan terlambat untuk kamu.

Nah untuk HR, untuk menilai performa absensi karyawan dengan mudah menggunakan software HRIS Indonesia Kantor Kita. Aplikasi HR yang membantu HRD mengurus absensi karyawan sampai dengan payrollnya secara otomatis.

Aplikasi Kantor Kita dilengkapi dengan face recognition dan GPS dalam absensi online nya sehingga meminimalkan kecurangan pada absensi karyawan. Juga dashboard pemantauan absensi karyawan, laporan absensi otomatis dan penghitungan gaji karyawan otomatis.

Aplikasi hr
Aplikasi absensi Kantor Kita

Jika ingin menggunakan  Kantor Kita bisa langsung daftar Kantor Kita. Kami juga ada privat zoom meeting jika ingin mengetahui dan konsultasi lebih dalam tentang Kantor Kita lebih jauh. Bersama tim Customer Service Kantor Kita, Anda bisa konsultasi penggunaan dengan bebas.

Sekian informasi hari ini, semoga banyak membantu Anda!

Previous articleApa Sih Job Desk Telemarketing?
Next articleSistem Manajemen SDM yang Baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here