Mitos Tentang Gaji Karyawan

0
717
Mitos Tentang Gaji Karyawan
Mitos Tentang Gaji Karyawan

Mitos Tentang Gaji KaryawanGaji karyawan adalah salah satu hal yang sangat sensitif untuk karyawan. Mulai dari proses recruitment sampai dengan kontrak kerja dan proses kerja, gaji adalah satu komponen yang selalu menjadi pertimbangan utama dalam memilih pekerjaan.

Baca Artikel Tentang SOP Penggajian Karyawan

Sayangnya masalah gaji ini memiliki banyak simpang siur yang akhirnya membuat banyak orang mendapatkan kekeliruan informasi tentang gaji.

Apa saja sih mitos tentang gaji yang beredar di masyarakat? Yang kebenarannya belum tentu valid? Mari kita bahas bersama.

 

Mitos Tentang Gaji Karyawan

Di lingkungan kita tersebar banyak sekali mitos mengenai gaji karyawan. Beberapa mitos ini cukup unik namun beberapa diantaranya cukup merugikan atau bahkan menyesatkan. Padahal realitanya mitos ini tidak cukup akurat.

Apa saja sih mitos tentang gaji karyawan yang selama ini beredar di masyarakat? Mari kita bahas bersama.

1. Fresh Graduate Memiliki Standar Gaji yang Rendah

Tidak semua fresh graduate digaji dengan nilai minimal perusahaan. Banyak yang mengira bahwa fresh graduate tidak berhak untuk meminta gaji yang sesuai, pada akhirnya banyak fresh graduate yang menilai dirinya dengan rendah dan menerima gaji yang rendah pula.

Padahal di sekitar kita juga banyak fresh graduate gaji yang adil, sesuai dengan kemampuan, skill dan pendidikan.

Fresh graduate memiliki hak untuk menawar gaji ke perusahaan. Dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki bukan tidak mungkin gaji nya cukup sesuai.

2.  Menjadi Freelancer Nggak Ada Gajinya!

Menjadi freelancer nggak ada gajinya!
Menjadi freelancer nggak ada gajinya!

Banyak orang memandang rendah freelancer karena dianggap gajinya tidak sebesar karyawan kantoran. Apa benar sih?

Tentu saja tidak!

Sekarang ini freelancer bisa menemukan pekerjaan/project dengan mudah berkat aplikasi/website yang ada. Hal ini sangat memudahkan freelancer menemukan pasar di tingkat internasional.

Banyak lho freelancer yang bekerja dengan klien dari luar negeri, dan tentu saja gaji freelancer yang didapatkan juga cukup menggiurkan. Bahkan melebihi gaji karyawan kantoran.

3. Memberi Penawaran Gaji itu Tabu!

Di Indonesia juga masih banyak terjadi aktivitas menawar gaji itu adalah hal yang kurang sopan atau tabu untuk karyawan kepada perusahaan.

Padahal memberikan menyebutkan penawaran gaji atau negosiasi gaji adalah hak kandidat ketika melakukan wawancara kerja. Sehingga hal ini bukan sama sekali hal yang tabu.

Banyak yang mengatakan jika memberikan penawaran gaji malah akan membuat kandidat gagal dalam mendapatkan pekerjaan. Hal ini memang perlu diperhatikan, sebelum menyebutkan nominal gaji akan lebih baik jika melakukan riset terlebih dahulu sehingga sesuai dengan kondisi yang ada.

Jika mengajukan negosiasi gaji namun penyebutan gaji tidak masuk akal atau terlalu tinggi otomatis akan langsung dieliminasi oleh perusahaan.

4. Pindah Perusahaan Lain Gajinya Lebih Tinggi

Selain fresh graduate yang dinilai wajar jika memiliki gaji yang rendah, juga banyak yang beranggapan bahwa pindah ke perusahaan lain akan memberikan kenaikan gaji karyawan yang lebih tinggi.

Padahal hal ini juga tidak pasti. Belum tentu pindah perusahaan atau tempat kerja akan memberikan gaji yang lebih tinggi dari sebelumnya. Sebab hal ini tergantung dari banyak hal.

Baca Artikel :Jenis-Jenis Potongan Gaji Karyawan

Daerah kerja, UMR, beban kerja, kelas perusahaan dan lain sebagainya. Jumlah gaji ini akan diketahui jika sudah melakukan interview kerja.

Itulah beberapa mitos yang sering ada di sekitar kita tentang gaji. Mitos mitos ini jika berlarut-larut di percayai akan memberikan kerugian sendiri untuk beberapa orang tertentu.

 

Kesimpulan

Ada banyak hal yang tersebar seputar mitos tentang gaji di dunia kerja. Terlepas dari masalah mitos atau bukan, penggajian karyawan atau payroll sudah ditentukan berdasarkan indikator yang sudah ada di perusahaan.

Mulai dari pendidikan, pengalaman kerja sampai dengan masa jabatan di perusahaan tersebut. Tidak ada yang menjamin pindah perusahaan akan mendapatkan gaji tinggi, pun fresh graduate juga memiliki hak untuk melakukan nego gaji sehingga anggapan fresh graduate tidak memiliki hak tentunya sangat kurang benar.

Untuk memudahkan Anda dalam pengelolaan gaji karyawan, sekarang sudah ada aplikasi hris dari Kantor Kita.

Augustus Mendadak Cashback 100% Layanan Kantor Kita
Augustus Mendadak Cashback 100% Layanan Kantor Kita

Aplikasi absensi online yang memiliki banyak fitur yang membantu HRD dalam pengelolaan karyawannya.

Baca : Slip Gaji Karyawan Online Gratis

Untuk HRD yang sedang mencari absensi online untuk mengelola absensi karyawan dengan baik, mudah dan maksimal bisa menggunakan Kantor Kita.

Coba Kantor Kita secara free 14 hari gratis dalam demo Kantor Kita. Daftar segera!

Sekian informasi hari ini seputar mitos tentang gaji untuk karyawan, semoga bermanfaat!

Previous articleKiat Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan Perusahaan yang Terbukti Berhasil
Next articleKaryawan Resign Sebelum Kontrak Habis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here