Alasan Kenapa Lamaran Kerja Ditolak HRD Perusahaan

0
694
Alasan Kenapa Lamaran Kerja Ditolak HRD Perusahaan
Alasan Kenapa Lamaran Kerja Ditolak HRD Perusahaan

Alasan Kenapa Lamaran Kerja Ditolak HRD Perusahaan — Dalam dunia pencarian kerja, seringkali kita mengalami penolakan dari HRD (Human Resources Department) saat melamar pekerjaan. Keputusan ini dapat membuat frustasi, tetapi penting bagi kita untuk memahami alasan di balik penolakan tersebut untuk evaluasi lamaran kerja selanjutnya. 

Perlu diketahui juga HRD menolak lamaran kerja bukan karena Anda tidak kompeten bisa jadi karena over qualified atau bahkan tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa lamaran kerja seringkali ditolak oleh HRD. Dari kurangnya pengalaman kerja yang relevan, kurangnya keterampilan yang dibutuhkan, hingga kesalahan dalam menyusun dan menyampaikan lamaran kerja, kita akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan HRD dalam menolak lamaran kerja.

Software HRIS Kantor Kita
Software HRIS by Kantor Kita

 

Kenapa Lamaran Kerja Ditolak HRD?

Ada banyak alasan dari kejadian penolakan lamaran kerja HRD. Cek poin dibawah ini terlebih dahulu, apakah lamaran kerja Anda ditolak karena salah satu alasan ini. 

1. Kesalahan Penulisan CV & Lamaran Kerja 

Salah satu alasan kenapa lamaran ditolak HRD adalah karena CV ataupun surat lamaran kerja yang Anda masukkan masih kurang maksimal. Ada beberapa kesalahan dalam CV atau surat lamaran kerja yang sering terjadi. 

Kesalahan Umum Penulisan CV 

1. Layout CV yang berantakan Kesalahan kecil seperti di atas membuat penilaian HRD bahwa Anda adalah kandidat yang kurang profesional. 
2. Banyak kesalahan penulisan
3. CV yang tidak mengesankan HRD Menggunakan CV template, tidak disertai portofolio, tidak kreatif. 


HRD akan menilai kemauan seseorang dalam mencari kerja dengan melihat seberapa niat kandidat mempresentasikan dirinya dengan baik. 

4. Kesalahan penulisan nama perusahaan dan HRD  Termasuk dalam kesalahan fatal dalam pembuatan surat lamaran kerja maupun penulisan pengantar surat lamaran kerja. 

Kenapa Lamaran Kerja Ditolak HRD

Tips :
Lakukan perbaikan CV terus menerus. Cari referensi atau informasi sebanyaknya dari banyak sumber sampai dapatkan CV terbaik. Tips lainya :

  • Rapi dan Terstruktur
  • Perhatikan Tata Bahasa dan Ejaan
  • Sesuaikan skill/pencapaian dengan Posisi yang Dilamar
  • Sorot Pencapaian
  • Perbarui Informasi Kontak
  • Tinjau dan Perbarui Secara Berkala

Baca juga : Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Lengkap 

2. Proses Interview Kurang Maksimal 

Jika Anda tidak diterima dalam proses rekrutmen bisa jadi karena gagal di tahapan interview. Pada proses ini HRD akan menilai semua hal yang tampak dari diri Anda, mulai dari ketepatan waktu, etika, tampilan, cara bicara dan juga pemikiran. 

Hindari berpenampilan berantakan dan gaya yang kurang sopan karena akan langsung memberikan kesan tidak bagus dan meningkatkan kemungkinan untuk dilewatkan. Selain itu juga perlu dihindari kedatangan yang terlambat atau kurang persiapan wawancara sehingga prosesnya menjawabnya kurang maksimal.

Kenapa Lamaran Kerja Ditolak HRD

Tips :
Tips wawancara kerja secara lengkap dan jelas sudah kami bahas dalam ulasan:

3. Tidak Sesuai dengan Kriteria Kandidat Perusahaan

Ada banyak hal yang diperhatikan HRD ketika melakukan screening kandidat selama masa rekrutmen. Dari skill, kemampuan, karakter dan lainnya. Hal ini untuk mengetahui apakah kandidat adalah pilihan tepat untuk perusahaan dan cocok untuk lingkungan kerja perusahaan, politik perusahaan, pola kerja, skill yang dibutuhkan dan lainya. 

Jika hal ini tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka HRD akan melepaskan kandidat. Namun jangan berkecil hati jika HRD tidak memberikan kesempatan lanjut, sebab hal ini memang urusan cocok tidak cocok bukan karena kesalahan kandidat. 

Tips :
Seperti yang kita tuliskan cocok tidaknya kandidat dengan perusahaan adalah rezeki dan takdir. Namun jika ada yang perlu diubah untuk hal yang lebih baik maka perbaiki dan kembangkan diri. Misalnya:

  • Perbaiki kemampuan/skill Anda (kemampuan yang dibutuhkan dalam bidang tersebut)
  • Bersikap terbuka dan fleksibel untuk menerima semua kondisi lingkungan kerja yang umum (komunikatif, kerja sama tim, peraturan perusahaan dan lainya)
  • Coba lowongan kerja lainya yang dianggap lebih sesuai dan cocok di bidang tersebut. 
Software Absensi
Software Absensi by Kantor Kita

4. Urusan gaji  

Masuk ke tahap negosiasi gaji, jika hal ini tidak berhasil maka akan menjadi penyebab HRD tidak meloloskan Anda. Misalnya jika Anda menginginkan gaji sekian, namun hal ini tidak sesuai dengan budget gaji yang ditetapkan perusahaan maka akan sulit untuk diterima perusahaan. 

Tips :

  • Cari referensi gaji dari berbagai sumber (mantan pekerja, pekerja, website perusahaan tersebut)
  • Gunakan UMR untuk standar gaji
  • Berikan alasan logis jika menginginkan gaji di atas angka yang ditetapkan perusahaan 

5. Overqualified 

Selain karena kurangnya kriteria sesuai perusahaan dan masalah tampilan, ternyata salah satu alasan kenapa HRD tidak menerima Anda adalah karena overqualified atau kriteria yang Anda miliki melebihi dari kriteria perusahaan. 

Kenapa hal ini menjadi bahan untuk menolak kandidat? Karena HRD memiliki kekhawatiran tidak bisa memenuhi ekspektasi kandidat seperti gaji, fasilitas, lingkungan kerja dan lain sebagainya. Yang akhirnya ketidaksesuaian ini membuat karyawan yang overqualified mengundurkan diri dengan cepat. 

Tips :

  • Cari tahu kriteria seperti apa yang dibutuhkan perusahaan
  • Cari lowongan kerja/perusahaan yang sesuai dengan kelas Anda
  • Bersikap terbuka dan menerima jika dalam posisi yang lebih rendah dari kriteria Anda 

Jadi itulah alasan kenapa banyak lamaran kerja ditolak HRD. Ada banyak alasan di dalamnya dari berbagai penyebab.  Anda bisa menganalisis apa yang membuat ditolak oleh HRD dengan beberapa kemungkinan di atas. 

Baca juga :
Apa yang dicek HRD dalam Sosial Media Kandidat?
7 Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate 

 

Kesimpulan 

Dalam kesimpulan, penolakan lamaran kerja oleh HRD dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kurangnya pengalaman kerja yang relevan, keterampilan yang tidak sesuai, kesalahan dalam menyusun lamaran, dan tidak memenuhi kriteria perusahaan. 

Namun, penolakan tersebut bukan akhir dari segalanya. Kandidat dapat memperbaiki CV, mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan, dan menyusun lamaran dengan lebih baik. Penting untuk tetap positif, belajar dari pengalaman penolakan, dan terus mencoba. Dengan tekad dan perbaikan yang tepat, kesempatan untuk sukses dalam mencari pekerjaan yang diinginkan masih ada.

Itulah penjelasan tentang alasan lamaran kerja ditolak, semoga bermanfaat!

Previous article5 Komponen Laporan Gaji Karyawan yang Penting Dicantumkan
Next articleBenarkah Kandidat Overqualified Kemungkinan Besar Ditolak Perusahaan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here