Tips Memilih Aplikasi Absensi Online

0
411
Tips Memilih Aplikasi Absensi Online
Tips Memilih Aplikasi Absensi Online

Tips Memilih Aplikasi Absensi Online – Aplikasi absensi online adalah salah satu aplikasi yang banyak dicari dan digunakan di masa sekarang ini. Di awali pada masa pandemi, aplikasi ini masih tetap eksis sampai sekarang. Bagaimana tidak, aplikasi absens ini memenuhi kebutuhan absens dan manajemen absensi karyawan di perusahaan. Daripada menggunakan aplikasi absensi yang masih menggunakan teknologi manual, bukankan aplikasi absen online ini memberikan banyak kemudahan dan lebh fleksibel?

Dalam rangka membangun bisnis perusahaan, salah satu pondasi awalnya adalah kita harus membangun SDM atau Karyawan dalam perusahaan. Bukan hanya mencari karyawan yang unggul. Tapi bagaimana cara mengelola karyawan tersebut.

Lalu, bagaimana cara memilih aplikasi yang tepat untuk bisnis Anda? Mari kita simak tipsnya.

tips memilih aplikasi absensi
Figure 1. Tips Memilih Aplikasi Absensi

1. Fleksibel

Maksud dari fleksibel di aplikasi absensi ini adalah fleksibel menggunakan perangkat apa saja, baik itu aplikasi absensi android ataupun menggunakan iOS. Pun jika sudah bisa digunakan, maka perlu kompatibel dengan android apa saja sehingga pengguna mobile dari seluruh  versi bisa memanfaatkan ini untuk berabsen. Akan percuma jika aplikasi absensi canggih namun tidak bisa digunakan untuk versi tertentu.

2. Akurat

Aplikasi absensi online tentunya harus lebih akurat daripada absensi manual. Sebab inilah yang dicari dari penggunaan aplikasi absensi online. Aplikasi ini diharapkan bisa memberikan efisiensi dan menekan kecurangan sehingga karyawan bisa bekerja secara tepat waktu. Berbeda dengan metode absen manual dimana keakuratannya masih diragukan, membuat penilaian kurang pas.

3. User Friendly

Taukah Anda bahwa aplikasi absensi sangat mungkin digunakan oleh siapa saja, baik itu dari ibu-ibu, bapak-bapak dan anak muda. Pastinya fiturnya harus mudah digunakan sehingga semua orang termasuk seseorang buta teknologi pun bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah.

4. Employee Self Service (ESS)

Employee self service sebelumnya sudah pernah kita bahas di ulasan. Inti dari ESS adalah karyawan bisa memenuhi kebutuhan administrasinya secara mandiri sehingga mereka bisa mengakses apa yang dibutuhkan tanpa perlu menunggu pihak lain.

Misalnya jika mereka perlu slip gaji, ternyata slip ini sudah tersedia di aplikasi absensi online, jadi tidak perlu menunggu tim admin karena mereka sudah bisa akses sendiri. Selain itu contohnya pengisian administrasi, dimana karyawan bisa melakukanya sendiri tanpa perlu diinputkan oleh tim admin.

ESS ini memudahkan karyawan dan tim administrasi untuk mengefisienkan waktu. Tidak perlu bekerja 2x karena pengisian satu kali saja sudah cukup. Pun bisa mengurangi kesalahan.

5. Integrasi Payroll

Payroll adalah sistem penggajian karyawan dimana menggunakan hasil rekapan absensi karyawan. Sehingga hasil absensi akan langsung berpengaruh kepada jumlah gaji dan potongan. Misalnya terlambat dan izin, sistem payroll akan langsung otomatis memotong gaji karyawan sesuai aturan. Begitu juga halnya dengan lembur, penghitungan gaji karyawan akan langsung dijumlahkan. Dengan sistem payroll ini memudahkan HRD untuk bekerja lebih cepat, tidak perlu cara manual bahkan hasil gaji otomatis bisa langsung terlihat.

6. Cari Informasi Tentang Aplikasi yang akan Dibeli

Informasi mengenai produk yang akan kita beli merupakan salah satu hal yang penting dan biasanya dapat ditemukan di situs yang resmi. Informasi yang kita dapatkan nantinya akan berguna untuk perusahaan. Dan mengenai hal ini jangan lupa juga untuk menanyakan kepada rekan Anda yang lebih memahami tentang aplikasi absen.

7. Mencoba Versi Trial

Sebelum kita menentukan untuk membeli suatu produk alangkah lebih baiknya untuk mencoba terlebih dahulu. persusahaan software biasanya menyediakan versi trial kepada calon pelanggan, hal ini guna meningkatkan rasa percaya pelanggan terhadap perusahaan. Setelah di coba lalu ternyata cocok, kemudia Anda  dapat memutuskan untuk membeli aplikasi tersebut atau tidak.

8. Jaminan Support

Hal ini juga merupakan salah satu yang mungkin saja memerlukan bantuan sewaktu-waktu. perusahaan software yang professional tentunya menyediakan support untuk para pelanggan mereka.

9. Kelengkapan Fitur

Perangkat lunak yang bagus mungkin tidak melulu dilihat dari kelengkapan fiturnya. Namun tidak ada salahnya mencoba untuk menentukan perangkat lunak yang memiliki fitur yang lengkap yang dapat dimanfaatkan segara jajaran staff.

10. Pilih Produk Dari Pengembang Profesional

Anda  harus pintar-pintar menggali informasi tentang track record perusahaan software tersebut. Lihat sudah berapa lama perusahaan tersebut menjalankan bisnisnya, lalu sudah sejauh manakah perangkat lunak yang telah berkembang sejak peluncuran.

Kesimpulan

Jadi itulah beberapa tips untuk memilih aplikasi absensi yang terbaik. Bagaimana, apakah Anda  sudah dapat memutuskan untuk membeli aplikasi absen untuk menunjang ebutuhan perusahaan Anda .

Tentunya dengan tips-tips tadi Anda  dapat memahami bagaimana memilih software yang tepat. Jika anda masih kebingungan dimana kita membeli aplikasi absen online, Anda  tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada aplikasi absensi dari Kantor Kita yang sudah dipercaya oleh ribuan pengguna. Memiliki fitur lengkap dan harga yang terjankau untuk penggunaanya.

Daftar Kantor Kita segera untuk mencoba free trial dan lanjut berlangganan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here