Kemampuan Problem Solving Di Dunia Kerja

0
615
Kemampuan Problem Solving Di Dunia Kerja

Kemampuan Problem Solving Di Dunia KerjaSalah satu skill yang banyak dibutuhkan dalam dunia kerja adalah skill penyelesaian masalah atau problem solving. Kemampuan seperti ini sangat dibutuhkan perusahaan, untuk itu dalam proses rekrutmen karyawan dicari mana kandidat terbaik yang tidak hanya bagus di skill teknis namun juga skill pemecahan masalah.

Pemecahan masalah tidak hanya didukung dengan kemampuan teknis dan pengetahuan saja, melainkan kemampuan bersosial dengan orang lain. Seperti apa sih skill problem solving dibutuhkan dalam dunia kerja? Simak dengan lengkap di ulasan berikut ini.

Rekomendasi Produk : Aplikasi Absensi Wajah

 

Skill Problem Solving

Kemampuan Problem Solving
Kemampuan Problem Solving

Problem solving atau kemampuan pemecahan masalah adalah softskill yang dibutuhkan di dunia kerja. Pemecahan masalah merupakan kemampuan menganalisis dan menemukan solusi yang paling efektif ketika ada masalah. Dengan kemampuan problem solving yang bagus membantu karyawan memutuskan sesuatu dan juga dap at mengatasi masalah yang terduga maupun masalah yang tidak terduga.

Kemampuan problem solving juga erat kaitannya dengan kemampuan teknis sesuai bidang kerja karyawan. Sedangkan softskill karyawan yang mendukung adalah kemampuan komunikasi juga kreativitas dan kerja tim. Setelah itu hasilnya adalah pengambilan keputusan yang terbaik berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang sudah dipilih.

Memiliki karyawan dan juga pimpinan perusahaan yang memiliki skill problem solving merupakan sebuah keberuntungan untuk perusahaan. Untuk itulah dalam proses rekrutmen kerja karyawan dipilih kandidat yang memiliki potensi

Baca Juga Tips Cepat Dapat Promosi Kerja di Kantor

 

Kenapa Kemampuan Problem Solving Dibutuhkan dalam Dunia Kerja?

Kemampuan pemecahan masalah menjadi kemampuan yang banyak dicari dan diprioritaskan dari karyawan untuk membantu perusahaan menemukan solusi atas masalah yang banyak terjadi. Semakin tinggi kreatifitas dan kemampuan problem solving karyawan maka perusahaan akan banyak terbantu sehingga pekerjaan akan lancar dan perusahaan stabil.

Selain membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di perusahaan, kemampuan problem solving ini juga membantu mengasah kemampuan berpikir karyawan (critical thinking). Proses penyelesaian masalah membuat karyawan lebih kreatif. Sehingga munculah inovasi yang bermanfaat untuk perusahaan.

Dari segi pengambilan keputusan, kemampuan problem solving yang baik akan mempengaruhi seseorang untuk mengambil keputusan yang strategis dan efektif. Akibatnya produktivitas kerja akan semakin meningkat.

Skill problem solving yang baik memberikan banyak manfaat yang baik untuk perusahaan, diantaranya meningkatkan kompetensi karyawan, produktifitas perusahaan meningkat, kualitas pekerjaan meningkat, pekerjaan berjalan lancar dan juga kepercayaan klien terhadap perusahaan juga meningkat.

Baca Yuk Kenali Masalah Kesehatan Yang Sering Mengintai Karyawan Kantor

Fitur Broadcast Di Aplikasi Kantor Kita
Fitur Broadcast Di Aplikasi Kantor Kita

 

Langkah Problem Solving

Dalam menyelesaikan masalah seseorang melewati beberapa langkah hingga akhirnya menemukan satu keputusan yang dianggap terbaik untuk kondisi tersebut. Langkah pemecahan masalah diantaranya adalah

1. Menganalisis Masalah

Langkah pertama yang dilewati seseorang ketika bertemu masalah adalah mengenali masalah tersebut.

Dari mana asalnya masalah?”

“Bagian apa saja yang terdampak dari masalah ini?”

“Apa penyebab masalah terjadi?”

“Kenapa hal ini bisa terjadi?”

“Langkah apa yang sudah dilakukan?”

Jika sudah mengenali masalah maka proses pemecahan masalah akan ditemukan dengan mudah juga. Proses analisis masalah ini tidak hanya dilakukan dengan singkat namun butuh pendalaman juga hingga seseorang mengetahui dengan pasti apa yang menjadi penyebabnya.

2. Merencanakan Solusi

Setelah menemukan penyebab maka akan tergambar beberapa pilihan solusi yang bisa dicoba. Umumnya ada beberapa opsi solusi yang akhirnya dipilih mana yang terbaik. Pencarian solusi dapat dilakukan dengan kerja tim, kreatifitas dan pencarian dari banyak sumber juga pengalaman.

3. Memilih Satu Solusi Terbaik

Setelah ada banyak plan yang direncanakan maka dapat ditentukan satu solusi terbaik untuk masalah tersebut. Solusi terbaik ini dipilih sesuai dengan banyak pertimbangan misalnya menyesuaikan keadaan, budget yang dimiliki, SDM yang dimiliki dan lainya. Tidak semua solusi cocok diterapkan untuk kondisi perusahaan untuk itu pemilihan keputusan dengan skenario yang cocok dijalankan untuk perusahaan.

4. Menerapkan Solusi

Selanjutnya adalah menerapkan solusi yang sudah dipilih ini. Menerapkan solusi dilakukan dengan pemantauan dan standar yang telah dipilih sehingga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

5. Monitoring

Yang terakhir adalah monitoring solusi yang telah diterapkan, mengawasi apakah sudah sesuai, apakah ada masalah yang timbul dan juga apakah semua sesuai dengan harapan dan lainya. Setelah monitoring adalah evaluasi dari keputusan tersebut.

Jadi dari proses penemuan masalah sampai penerapan ada langkah yang harus dilewati, tidak hanya asal memutuskan namun membutuhkan proses pemecahan masalahnya juga.

Baca Artikel Cara Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan

 

Kesimpulan

Itulah penjelasan dari kemampuan problem solving yang perlu dimiliki karyawan ketika bekerja. Problem solving akan sangat membantu perusahaan dalam menjalankan proses kerjanya. Menjadi lebih efektif dan inovatif. Sayangnya tidak semua karyawan memiliki kemampuan ini sehingga memang perlu pengembangan softskill ini untuk semua karyawan.

customer service kantor kita
customer service kantor kita

Itulah penjelasan tentang kemampuan problem solving, semoga bermanfaat! Jika ingin berlangganan aplikasi absensi untuk karyawan di kantor bisa menggunakan aplikasi absensi dari Kantor Kita! Aplikasi absensi karyawan terbaik dengan harga terjangkau.

Banyak dipilih untuk asisten HRD dalam pengelolaan gaji dan administrasi karyawan sehingga pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat.

Daftar Kantor Kita di Daftar Kantor Kita segera!

Previous articleTips Cepat Dapat Promosi Kerja di Kantor
Next articleCuti Lebaran 2023 Menurut Pemerintah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here