Cara Menginterview Calon Karyawan Untuk Menemukan yang Terbaik

0
219
Cara Menginterview Calon Karyawan
Cara Menginterview Calon Karyawan Untuk Menemukan yang Terbaik

Cara Menginterview Calon Karyawan Untuk Menemukan yang Terbaik — Proses interview merupakan proses yang krusial bagi sebuah perusahaan. Karena itu, kadang para recruiter pun masih merasa bingung bagaimana cara menginterview calon karyawan yang baik, agar mendapatkan yang terbaik bagi keberlangsungan perusahaan. 

Sebagai HRD, ada banyak aspek yang harus disiapkan dalam melakukan interview calon karyawan. Pertanyaan yang disiapkan, penilaian yang diperhatikan, tidak bisa ditentukan secara sembarangan. Pembahasan di bawah ini mungkin bisa membantu para recruiter. 

Kantor Kita : Aplikasi Absensi Android Solusi Masa Kini

 

Mengapa Proses Interview Perlu Dilakukan?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, interview kerja adalah proses penting untuk mencari karyawan potensial bagi perusahaan. Namun, sebenarnya apa yang membuat interview sangat penting dalam proses rekrutmen karyawan?

CV dan informasi yang diberikan para calon karyawan mungkin bisa menjadi dasar penilaian yang bagus. Namun, informasi tersebut tidak cukup untuk mengetahui kualifikasi dari calon karyawan. 

Dengan proses interview, ada banyak informasi tambahan yang bisa didapatkan. Mulai dari kecocokan calon karyawan dengan bidang yang dilamar, etos kerja, bahkan sampai informasi mengenai kepribadian calon karyawan. Informasi ini penting untuk menjadi dasar penilaian para recruiter. Karena dalam pekerjaan yang dibutuhkan tidak hanya sekedar skill namun juga perilaku dari calon karyawan. 

Baca juga : Mengenal Perbedaan Rekrutmen Internal dan Eksternal

 

Cara Menginterview Calon Karyawan yang Efektif 

Untuk menemukan karyawan terbaik bagi perusahaan, penting bagi recruiter untuk melakukan wawancara kerja secara efektif. Jadi, tidak hanya sekedar memberi pertanyaan pada calon karyawan saja.

Cara Menginterview

Berikut adalah beberapa cara yang mungkin bisa menjadi patokan bagi recruiter. Terutama, dalam melakukan interview yang efektif untuk menemukan kandidat terbaik:

1. Siapkan Pertanyaan yang Detail dan Spesifik 

Jika ingin mendapatkan jawaban yang memuaskan dan dapat melihat langsung ke pola pikir calon karyawan. Lebih baik bagi para recruiter untuk memberikan pertanyaan yang detail dan spesifik. 

Semakin detail dan spesifik semakin baik, pertanyaan seperti ini cenderung memberikan hasil yang lebih jujur dan penilaian yang lebih jujur dari calon karyawan. Siapkan terlebih dahulu agar lebih jelas apa yang akan ditanyakan. 

2. Tentukan Poin yang Akan Dinilai

Banyak aspek dan skill yang akan dijelaskan oleh pelamar kerja para recruiter. Namun, belum tentu semua berhubungan langsung dan berguna bagi posisi yang dilamar. Karena itu, agar menemukan kandidat yang cocok. 

Para recruiter lebih dulu harus menentukan poin yang akan dinilai. Tentukan poin-poin yang memang dibutuhkan pada posisi yang dicari pekerjanya. Dengan begitu, akan lebih mudah melakukan filtrasi dari hasil jawaban para calon karyawan. 

3. Perhatikan Bahasa Tubuh Calon Karyawan 

Jawaban tidak hanya bisa didapatkan dari apa yang dikatakan oleh calon karyawan ketika diberi pertanyaan. Namun juga dari bahasa tubuh yang ditunjukkan selama proses wawancara kerja.

Bahasa tubuh bisa menunjukkan karakter seseorang bahkan memberitahu apakah seseorang sedang berbohong, gugup, dan perasaan lainnya. Penting bagi para recruiter untuk memiliki pengetahuan mengenai bahasa tubuh setidaknya yang paling dasar. 

4. Catat Jawaban dari Calon Karyawan 

Tugas dari para recruiter tidak hanya memberi pertanyaan, namun juga menerima jawaban dari para calon karyawan. Karena itu, penting bagi recruiter untuk mencatat jawaban yang diberikan oleh para calon karyawan. 

Jawaban yang sudah dicatat bisa menjadi bahan tinjauan ulang ketika proses evaluasi. Dengan begitu, para recruiter bisa mendapatkan penilaian yang lebih baik. Terutama, untuk pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya krusial. 

Baca juga :
Persiapan HRD dalam Masa Orientasi Karyawan Baru
Contoh Form Karyawan Baru dan Kandidat Perusahaan

 

Contoh Pertanyaan untuk Interview Calon Karyawan

Interview memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kemampuan, kepribadian, dan kualifikasi calon tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan interview yang bisa Anda ajukan untuk menginterview calom karyawan:

Menginterview Calon Karyawan

1. Ceritakan tentang diri Anda dan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja yang relevan.

Pertanyaan ini memberikan kesempatan kepada calon karyawan untuk memperkenalkan diri secara singkat dan merangkum pendidikan atau pengalaman kerja yang mungkin relevan dengan posisi yang dilamar.

2. Apa yang membuat Anda tertarik pada perusahaan dan posisi ini?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana calon karyawan telah melakukan riset tentang perusahaan dan apakah mereka memiliki minat yang kuat dan motivasi terhadap posisi yang ditawarkan.

3. Bagaimana Anda menangani tantangan atau situasi sulit di tempat kerja sebelumnya?

Pertanyaan ini memberikan wawasan tentang kemampuan calon karyawan dalam mengatasi tantangan dan konflik di tempat kerja serta kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

4. Bagaimana Anda bekerja dalam tim?

Pertanyaan ini membantu menilai kemampuan calon karyawan jika bekerja dalam tim secara kolaboratif dengan orang lain, komunikasi tim, dan kontribusi mereka dalam mencapai tujuan bersama.

5. Bagaimana Anda mengatasi tekanan atau tenggat waktu yang ketat?

Pertanyaan ini membantu menilai tingkat kecakapan dan ketangguhan calon karyawan dalam menghadapi situasi yang penuh tekanan dan dapat memberikan wawasan tentang strategi yang mereka gunakan untuk mengatasi tekanan tersebut.

6. Berikan contoh proyek atau pencapaian yang paling membanggakan dalam karir Anda.

Pertanyaan ini memberikan kesempatan kepada calon karyawan untuk menunjukkan prestasi terbaik mereka yang relevan dengan posisi yang dilamar dan memberikan gambaran tentang kemampuan mereka dalam menghasilkan hasil yang luar biasa.

7. Bagaimana Anda melihat diri Anda berkembang di perusahaan ini dalam jangka panjang?

Pertanyaan ini memungkinkan calon karyawan untuk berbagi visi dan aspirasi mereka terkait dengan perusahaan, dan apakah mereka memiliki komitmen jangka panjang untuk berkontribusi dan berkembang dalam peran yang mereka lamar.

Absensi Modern : Aplikasi Absensi iOS by Kantor Kita

 

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa proses interview calon karyawan penting dalam mencari pekerja terbaik untuk perusahaan. Melalui interview, para rekruter dapat memperoleh informasi tambahan mengenai kecocokan, etos kerja, dan kepribadian calon karyawan yang tidak dapat diperoleh melalui CV saja. 

Untuk menginterview calon karyawan secara efektif, recruiter perlu mempersiapkan pertanyaan yang detail dan spesifik, menentukan poin-poin yang akan dinilai, memperhatikan bahasa tubuh calon karyawan, serta mencatat jawaban yang diberikan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, recruiter dapat melakukan evaluasi yang lebih baik untuk menemukan kandidat terbaik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tidak perlu bingung lagi mengenai bagaimana cara menginterview karyawan. Interview yang baik dan efektif bisa dipelajari oleh para recruiter. Kualitas interview yang baik akan meningkatkan kualitas calon karyawan yang masuk ke perusahaan.  

Kami merekomendasikan aplikasi absensi Kantor Kita jika Anda sedang kesulitan dalam memantau absensi karyawan Anda. Dengan Kantor Kita Anda bisa pantau kehadiran karyawan dengan lebih mudah dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik

Dilengkapi fitur face recognition, aplikasi absensi wajah ini akan memberikan hasil absen yang lebih akurat. Tunggu apa lagi? Daftar Kantor Kita sekarang juga!

Previous articleTips Merekrut Karyawan Berkualitas untuk Perusahaan Anda
Next articleSkill Kerja di Industri Kreatif Yang Wajib Anda Dikuasai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here