5+  Cara Mengatasi Stres Di Tempat Kerja

0
1013
5+ Cara Mengatasi Stres Di Tempat Kerja
5+ Cara Mengatasi Stres Di Tempat Kerja

5+  Cara Mengatasi Stres Di Tempat KerjaStres di tempat kerja adalah hal yang cukup familiar di telinga kita, para karyawan. Sepertinya dimana saja dan apapun pekerjaan seseorang, pasti ada hal yang membuat kita merasa stres. Bisa jadi karena jobdesknya, bisa jadi karena rekan kerja, lingkungan kerja maupun atasan pekerjaan.

Dampak dari stres sendiri tidak selamanya jelek, melainkan ada juga baiknya. Seperti memberikan kita motivasi untuk menjadi lebih baik atau juga memberikan kita semangat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Namun yang membahayakan adalah jika stres ini memberikan banyak dampak buruk dan mempengaruhi performa kerja Anda. Tidak semangat juga tidak banyak termotivasi untuk bekerja.

 

Stres Pada Karyawan

Stres pada dunia kerja itu cukup beragam. Stres timbul dengan berbagai jenis perasaan seperti cemas, sedih, tertekan bahkan juga memberikan efek secara fisik misalnya hadirnya rasa pegal, lemas, gatal dan sesak nafas.

Menurut kemenkes, stres adalah respon tubuh ketika ada perubahan lingkungan yang terjadi sehingga mengharuskan seseorang untuk menyesuaikan diri. Stres merupakan respon alami tubuh, namun jika berlangsung berlarut-larut dan mengganggu aktifitas seseorang maka stres tersebut akan memiliki sifat merusak fisik dan mentalnya.

Stres pada karyawan terjadi umumnya karena banyak tekanan pekerjaan maupun tekanan lingkungan kerja. Stres karena pekerjaan akan memberikan gejala fisiologis baik itu perubahan pada perilaku, psikologis, juga fisiologisnya.

Untuk itu stres di tempat kerja perlu dihindari atau diatasi dengan cara yang tepat sehingga tidak akan mengganggu kesehatan karyawan baik secara psikis maupun fisik.

 

Tanda Karyawan Mengalami Stres di Kerja

Seperti yang dituliskan di atas, karyawan yang mengalami stres kerja mengalami beberapa tanda khusus. Diantaranya adalah

  1. Penurunan kinerja karyawan
  2. Perubahan mood karyawan
  3. Penurunan antusiasme / semangat kerja karyawan
  4. Kurang bersosial
  5. Sering sakit

Perubahan ini pastinya akan cukup terlihat dari karyawan, jika umumnya karyawan selalu semangat dan memiliki kinerja yang baik, namun jika muncul beberapa pertanda seperti atas barangkali karyawan terindikasi sedang mengalami burn out.

 

Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Bagaimana sih cara mengatasi stres di tempat kerja? Apa saja yang bisa membantu Anda merasa lebih rileks ketika menghadapi banyak tekanan di tempat kerja? mari kita bahas bersama.

1. Gunakan Teknik Pernapasan

Cara pertama yang bisa Anda coba ketika stres melanda di tengah-tengah pekerjaan adalah tarik nafas dalam-dalam. Karena tubuh anda cenderung bernafas lebih cepat dari biasanya pada saat stres. Cara ini terbukti dapat membantu membuat tubuh lebih rileks dan tingkat stres pun berkurang. Sebaiknya anda melakukan hal ini berulang kali.

Banyak psikolog atau ahli yang membantu mengatasi stres karyawan untuk menyarankan menggunakan metode pernapasan untuk membantu mengurangi ketegangan selama bekerja.

Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan melakukan teknik pernapasan ketika stres adalah

  1. Menenangkan detak jantung
  2. Menetralkan tekanan darah
  3. Menenangkan pikiran

Walau terlihat cukup sepele namun Anda bisa mencoba menggunakan teknik ini untuk mengurangi tensi amarah. Pun cara ini terbukti ampuh untuk me-release stres.

2. Lebih Rileks dengan Musik

Musik ternyata juga akan mempengaruhi mood kita loh! musik memiliki kekuatan untuk membuat seseorang lebih semangat, lebih tenang atau bahkan ikutan sedih mendengarkan aransemennya.

Mengatasi Stres di Tempat Kerja
Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Menurut Dr. Teresa Lesiuk, dalam penelitiannya ditemukan bahwa orang yang mendengarkan musik kebanyakan dapat memenuhi tugasnya lebih cepat dan  mempunyai ide-ide yang lebih baik.  Salah satu penyebabnya tentu saja karena musik  meningkatkan mood.

Pun sekarang untuk bisa mengakses musik juga tidak sulit, pastikan Anda membawa earphone dan putar musik-musik yang membuat rileks dan bahagia. Musik yang tenang atau musik yang menghentak sehingga membantu kamu mengeluarkan emosi dalam tubuh.

3. Lakukan Olahraga Kecil

Anda juga bisa melakukan peregangan tubuh atau stretching saat bekerja untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh bagian tubuh dan otak. Anda bisa melakukan sedikit olahraga ketika tubuh dan pikiran anda lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Hal ini bukan hanya membuat anda lebih rileks namun juga efektif menurunkan tingkat stres Anda terhadap pekerjaan.

Stretching untuk di kantor ini sudah pernah kami bahas di ulasan Stretching di Kantor Mulai sekarang.

4. Jangan Pernah Menunda Pekerjaan

Mungkin anda juga termasuk orang yang suka menunda pekerjaan. Namun tahukah Anda? Menunda pekerjaan justru menjadi pemicu anda stres ditempat kerja. Apabila Anda semakin menunda pekerjaan, akan semakin menumpuk pekerjaan Anda nantinya.

Pekerjaan anda akan terasa banyak dan berat. Maka kerjakanlah pekerjaan Anda  segera. Siasati dengan membuat daftar prioritas pekerjaan. Hal ini akan membantu Anda bekerja secara efektif dan disiplin. Bukankah lebih nyaman apabila pekerjaan cepat selesai dan anda juga tidak terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan?

Manajemen waktu yang baik untuk pekerja bisa Anda pahami di ulasan manajemen waktu kerja karyawan.

5. Gunakan Waktu Istirahat Dengan Efektif

Anda juga perlu memanfaatkan sela-sela waktu istirahat yang juga merupakan salah satu cara mengatasi stres di tempat kerja. Anda bisa keluar kantor sejenak untuk menyantap makan siang bersama rekan kerja lain. Selain membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, kegiatan ini juga dapat membuat anda lupa sejenak akan rutinitas pekerjaan dan tekanan yang mungkin sedang anda hadapi.

6. Sharing

Mengatasi Stres di Tempat Kerja
Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Sharing adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja. Tidak jarang perusahaan memberikan klinik konsultasi psikologis untuk karyawan. Bisa dengan menghadirkan psikolog atau juga sharing dengan HR.

Sharing dengan rekan kerja seperti ini umumnya akan meringankan beban yang ditanggung. Pun apalagi jika ada feed back di dalam kegiatan sharing tersebut. Sehingga ada teman untuk bertukar pikiran sangat membantu mengurangi stres Anda.

 

Kesimpulan

Stres kerja adalah hal yang umum namun jika terjadi berlarut-larut akan memberikan dampak yang buruk untuk karyawan. Dampak ini bisa terlihat dari perubahan perilaku dan psikis karyawan. Untuk membantu karyawan mengelola stres kerja seperti ini perusahaan perlu menghadirkan ahli untuk membantu memanajemen stres karyawan.

Sedangkan untuk membantu perusahaan mengelola administrasi karyawan, perusahaan bisa menggunakan software hris karyawan. Software yang dibuat khusus untuk membantu tim HRD mengelola pekerjaan administrasi lebih mudah. Aplikasi hr (home) Indonesia Kantor Kita membantu Anda mengelola sistem pengelolaan karyawan dengan cara yang lebih efisien dan mudah.

Kantor Kita adalah aplikasi absensi android (halaman absensi android) yang mudah digunakan untuk pengelolaan absensi online lengkap dengan rekap absensi dan payroll karyawan.

Nah itulah cara mengatasi stres di tempat kerja, semoga bermanfaat untuk Anda!

Previous articleModel Bisnis B2C : Pengertian, Karakteristik dan Contoh
Next articleIngin Mendapatkan Karir yang Bagus? Tingkatkan Dengan Kemampuan Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here