Kisaran Gaji HRD dan Jenjang Karirnya

0
476
Gaji HRD
Gaji HRD

Kisaran Gaji HRD dan Jenjang Karirnya — Menjadi HRD atau Human Resource Development merupakan salah satu posisi yang kerap dilamar oleh lulusan psikologi. Karena termasuk posisi yang sangat penting di perusahaan, banyak orang yang bertanya-tanya berapakah kisaran gaji HRD.

Perlu diketahui juga bahwa HRD sama seperti posisi lainnya di perusahaan yang punya jenjang karier. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kisaran gaji dan jenjang karir HRD, sebaiknya jangan lewatkan penjelasan yang akan diberikan pada artikel ini.

 

Apa Itu HRD?

Sebelum membahas mengenai gaji dan jenjang karirnya, akan lebih baik jika memahami pengertian dari HRD terlebih dahulu. Seperti yangs udah disebutkan sebelumnya, HRD adalah singkatan untuk Human Resource Development atau bisa disebut pengembangan sumber daya manusia (SDM).

kisaran gaji HRD dan jenjang karirnya
kisaran gaji HRD dan jenjang karirnya

Pengertian dari HRD adalah sekumpulan usaha memanfaatkan sumber daya manusia, pelatihan karyawan, pengembangan karier, coaching, hingga mentoring guna mengembangkan SDM itu sendiri. Jadi, HRD tidak hanya fokus pada recruitment karyawan.

 

Tugas HRD 

Tugas utama HRD berhubungan dengan pengelolaan SDM perusahaan. HRD lah yang memastikan database karyawan terkumpul dengan lengkap, gaji karyawan sudah dibayarkan dan terpenuhi, pengembangan diri karyawan juga penyelesaian masalah jika ada konflik dengan karyawan. Tanggung Jawab HRD dalam perusahaan cukup luas, HRD lah yang memastikan pemenuhan hak karyawan di perusahaan berjalan dengan baik. 

Informasi tentang tugas dan wewenang HRD dalam perusahaan sudah pernah kami bahas dalam ulasan Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab HRD dalam Membantu Perusahaan

 

Kisaran Gaji HRD

Berikut adalah informasi lebih lengkap mengenai kisaran gaji yang bisa diperoleh HRD berdasarkan levelnya.

1. Level Staff

Level staff adalah tingkatan paling rendah di HRD. Fresh graduate yang melamar di posisi HRD biasanya akan masuk ke level staff terlebih dahulu, begitu juga dengan HRD yang punya pengalaman kurang dari 3 tahun.

Adapun gaji yang didapatkan oleh level staff HRD beragam, mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000 per bulannya.

2. Level Superior

Lebih tinggi dari level staff, selanjutnya ada level superior. Orang-orang yang masuk di level ini umumnya sudah memiliki pengalaman HRD selama 3-4 tahun karena akan membawahi beberapa staff.

Adapun kisaran gajinya untuk HRD di level ini adalah Rp6.000.000 hingga Rp12.000.000 yang didapatkan setiap bulan nya.

3. Level Manager

Level manager HRD terbagi lagi menjadi 3 level, yaitu lower level, middle level, hingga top level manager. Semakin tinggi levelnya, tanggung jawab yang diemban juga semakin besar, begitu pula dengan gajinya.

Untuk level manager HRD, gaji yang didapatkan berkisar di angka Rp8.000.000 hingga Rp20.000.000 per bulan. Namun angka ini bukan patokan yang pasti karena setiap perusahaan tentu punya kebijakan masing-masing.

Baca juga : Manager Operasional : Pengertian, Tugas, Skill yang Dibutuhkan, dan Berapa Gajinya?

 

Jenjang Karir HRD

Tertarik melamar posisi HRD perusahaan karena gajinya yang besar? Sebelum melamar, ketahui dulu jenjang karier di posisi HRD, lebih lengkapnya akan segera dijelaskan di bawah ini.

Jenjang Karir HRD
Jenjang Karir HRD
  1. Recruitment staff: memiliki tanggung jawab untuk merekrut karyawan yang akan bekerja di perusahaan.
  2. Payroll staff: staff khusus di HRD yang memiliki tugas untuk melakukan perhitungan gaji atau upah seluruh karyawan.
  3. Benefits specialist: HRD yang memiliki tanggung jawab untuk mengatur kompensasi serta manfaat yang dapat diterima oleh para karyawan dari perusahaan.
  4. Training & development specialist: mengatur serta mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pelatihan serta pengembangan diri karyawan, baik dari segi hard skill maupun soft skill.
  5. Business partner: memiliki tugas untuk melakukan networking serta membuat perencanaan bisnis perusahaan, membuat kebijakan, mengawasi pelaksanaan kebijakan, serta berhubungan langsung dengan perwakilan karyawan.
  6. Industrial relation manager: menjadi penghubung antara karyawan dengan perusahaan dan begitu juga sebaliknya
  7. HR manager: memiliki tanggung jawab untuk mengatur seluruh orang di dalam tim HRD, melakukan problem solving, serta berkoordinasi secara langsung dengan manajer divisi lain dan direktur.
  8. Chief HR officer: posisi paling tinggi dari posisi HR dan berada tepat di bawah CEO. Tugasnya adalah memimpin divisi HRD, membuat keputusan, serta memberikan masukan terhadap jajaran direksi. 

Menjadi HRD memiliki jenjang karir dari waktu ke waktu sehingga tentu saja ketika ingin mendalami karir HRD ini ada kesempatan Anda memperoleh posisi lebih tinggi. 

Rekomendasi Software HR : Software Absensi Kantor Kita 

 

Kesimpulan 

Menjadi HR bukan pekerjaan yang mudah karena memiliki banyak tugas dan tanggung jawab yang besar. HR team bertanggung jawab pada kondisi semua karyawan dari masalah administrasi sampai pengembangan diri. Cukup kompleks bukan pekerjaan HR? 

Namun hal ini juga setimpal dengan gaji yang diberikan untuk HR. Dari ulasan di atas gaji HR dari 5 juta sampai dengan 20 juta perbulannya. 

Aplikasi HR
Aplikasi HR by Kantor Kita

Nah untungnya sekarang ini banyak software hrd yang digunakan perusahaan untuk HRD dalam membantu menyelesaikan tugasnya di perusahaan berupa aplikasi HR seperti Kantor Kita. aplikasi HRD yang memiliki fitur yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan HR. Jadi cukup lengkap dan dapat digunakan dengan harga mulai dari Rp 10.000/bulan/user. 

Sekian informasi hari ini tentang kisaran gaji hrd, semoga bermanfaat! 

Previous articleCara HRD Mengatasi Kebosanan pada Karyawan dalam Bekerja
Next article4 Cara HRD Mengatasi Karyawan yang Bad Attitude

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here