Ingin Memiliki Karir yang Cerah?? Ini yang Harus Kamu Lakukan

0
24

Ingin Memiliki Karir yang Cerah?? Ini yang Harus Kamu Lakukan – Memiliki pekerjaan adalah harapan semua orang, namun tidak semua orang bisa menjaga dan mempertahankan pekerjaan tersebut. Selain karena pengaruh luar dari diri, kesulitan dalam bekerja juga disebabkan dari diri karyawan tersebut. Banyak orang yang selalu berusaha tampil prima dan menjadi karyawan yang berguna untuk diri sendiri dan juga kantor agar hasilnya maksimal. Memang gimana sih caranya biar bisa cemerlang di tempat kerja? buat kamu yang newbie di kantor harus ulasan berikut direkomendasikan untuk kamu. Jadi berikut adalah tips memiliki karir yang cemerlang di tempat kerja!

  1. Attitude

Ini adalah hal dasar yang tidak semua orang bisa lakukan dengan baik. Attitude ini tidak bisa dipelajari menggunakan text book mana saja karena pada dasarnya attitude di dapatkan dari kebiasaan dan pengalaman yang telah dijalani. Semua orang pasti menyukai orang yang memiliki attitude yang bagus, termasuk di tempat kerja. Attitude ini adalah cara bersikap bagaimana kamu memperlakukan rekan kerja, atasan dan client bahkan orang yang lebih rendah posisi nya.

BACA : Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Tetap Sehat Dan Fit Saat Wfo 

Banyak HRD yang mengatakan bahwa mereka akan menyukai dan memilih orang yang memiliki sopan santun dengan kemampuan pas-pasan daripada orang yang pintar namun memiliki attitude nol. Orang yang kurang ahli bisa diasah kemampuannya dengan terus belajar namun orang yang tidak ber-attitude akan sulit diajak bekerja sama.

Attitude ini adalah hal dasar dimanapun berada, attittude ini menjadi dasar kamu menjalani hidup. Jangan lupa bahwa attittude adalah hasil dari kebiasaan jadi selalu biasakan dirimu dengan attitude yang baik, kamu pasti akan mendapatkan feed backnya.

  1. Keahlian

Nah ini salah satu hal yang juga menentukan karir kamu, keahlian. Bekerja sesuai dengan keahlian tentunya sangat menarik dan menyenangkan, karena kita sudah memiliki modal dasar dalam bekerja jadi tinggal improve dengan lingkungan kerja. Bekerja sesuai keahlian sangat membantu pencapaian target kerja, sehingga kamu bisa menyelesaikan tugas dengan baik dan optimal.

Aplikasi Kantor Kita
Aplikasi Kantor Kita
  1. Disiplin

Salah satu contoh penerapan disiplin di dunia kerja adalah dengan bekerja dengan tertib atau datang tepat waktu. Ini adalah bentuk disiplin yang dalam praktiknya memerlukan kebiasaan. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan dengan membiasakan hidup disiplin, seperti hidup lebih tenang, teratur dan tertata.

Disiplin membuat kita belajar managemen waktu yang baik seperti mengatur jam berangkat, mmenghitung estimasi waktu perjalanan, waktu kerja dan waktu istirahat. Disiplin ini adalah etos kerja yang paling penting perusahaan atau kantor.

Lalu bagaimana menilai disiplin kerja untuk kamu yang sedang WFH selama pandemi ini?? salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi mobile phone yang saat ini banyak digunakan yaitu, KantorKita. Aplikasi absensi online yang bisa diakses dimanapun selama terhubung dengan internet. Dilengkapi dengan fitur GPS jadi tetap bisa memberikan performa yang baik selama WFH dan HRD pun bisa menilai dengan baik pula. Aplikasi ini bisa digunakan di smartphone berbasis android jadi waktu mulai kerja dan waktu selesai kerja, lembur maupun dinas bisa tercatat dengan baik.

  1. Bekerja dalam tim

Bekerja dalam perusahaan pasti memerlukan koordinasi antar individu maupun tim untuk  menghasilnya kinerja yang optimal. Kemampuan yang digunakan untuk koordinasi ini adalah kemampuan komunikasi yang baik, dengan komunikasi kamu bisa dengan mudah mempelajari hal yang kamu tidak tahu.

Untuk kamu yang merasa kesulitan berkomunikasi dengan orang lain, sebaiknya berlatihlah walau perlahan karena komunikasi ini adalah kemampuan yang wajib dimiliki untuk bekerja dengan tim dalam sebuah tim baik lingkup kecil maupun besar. Pastinya dengan belajar kamu akan terbiasa dan akan menguntungkan kamu ketika masuk di dunia kerja maupun di kehidupan sosial.

Bayangkan jika kamu masuk kerja dan kamu bingung memulai obrolan dengan rekan kerja, pasti akan sangat awkward sekali, bukan? Jadi mari improve skill komunikasi kita dengan selalu belajar dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun!

  1. Kemampuan bergaul di kantor

Kemampuan bergaul berkorelasi dengan kemampuan berkomunikasi, hanya saja dengan kemampuan bergaul ini kamu bisa menerima banyak orang dengan berbagai karakter dan latar belakang. Namun jangan lupa jika iklim bergaul di kantor berbeda dengan bergaul di tempat lain karena kamu juga harus menjaga privasi dan memberikan ruang kepada rekan kantor kamu.

Kemampuan bergaul ini akan memudahkan kamu dalam memperlakukan orang yang tepat,  menerima perbedaan dan proses adaptasi. Jika kamu bisa menghadapi perbedaan dengan baik, dan adaptasi dengan baik pastinya kamu akan merasa betah sehingga resultnya pekerjaan akan optimal.

  1. Sikap terbuka terhadap kritik

Kritik bisa datang dalam bentuk masukan, teguran bahkan peringatan dari rekan kerja maupun atasan. Jika kamu ingin menjadi orang yang berkembang untuk terus belajar maka milikilah sikap terbuka terhadap kritik. Prioritaskan kritik yang bersikap membangun untuk dijadikan bahan introspeksi diri dan membenarkan kesalahan. Kritik ini cukup dipikirkan dengan memberikan perubahan jangan sampai kritik menurunkan kinerjamu atau malah membuatmu lesu dan overthinking karena baper dengan kritik tersebut.

  1. Berikan performa yang bagus saat bekerja

Penilaian karyawan teladan ini tentunya dilihat dari performa kamu saat bekerja, ya tentunya juga dengan penilaian dari hal-hal lain. Performa saat bekerja ini akan membuat atas menaruh kepercayaan kepadamu. Membangun performa yang baik pastinya memiliki motivasi dan keinginan diri, jadi sebelum kamu bekerja pastikan kamu memiliki tujuan dan motivasi yang jelas agar bekerja tidak hanya bekerja.

Setelah menemukan motivasi dan tujuan untuk membangung performa dalam bekerja, langkah selanjutnya adalah mempertahankan performa bekerja. Seperti banyak cendekian bilang “Mempertahankan akan lebih sulit daripada mendapatkannya!”  jadi tetap jaga motivasi agar performa bekerja stabil. Performa dalam bekerja memerlukan ketekunan, kesabaran, ketelitian dan sikap selalu ingin belajar, dengan memberikan hal yang terbaik pastinya kamu akan mendapatkan feedback nya.

  1. Menjaga kualitas diri

Kualitas diri adalah sikap dan karakter yang ada dalam diri kamu dan dilihat orang lain. Seseorang yang cenderung memiliki kualitas diri yang baik pasti memiliki positif vibes yang bisa dirasakan orang di sekitarnya, jadi apa yang ia sebarkan yang ia konsumsi dan apa yang ia jalani adalah hal-hal positif yang berguna untuk dirinya dan juga orang lain disekitarnya.

Beberapa hal yang menunjukan kualitas diri seseorang adalah sikap tolong menolong antar rekan kerja, memberikan bantuan kepada senior, memberikan masukan dan solusi kepadarekan dan tim atau cara memperlakukan orang lain.

Ada banyak sekali hal yang membuatmu memiliki karir yang cemerlang dan menjadi karyawan yang teladan. Tentunya hal tersebut sebuat prestasi dalam karir kamu, selain memberikan banyak manfaat untuk perusahaan tempat kerja, hal tersebut juga memberikan kebanggan terhadap diri sendiri agar tetap memiliki motivasi bekerja. Jadi kamu gimana? Ingin menjadi karyawan terbaik? Yuk biasakan diri menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna untuk sekitar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here