Kenapa Aplikasi Absensi Android Lebih Efektif Digunakan Karyawan?

0
280
Kenapa Aplikasi Absensi Android Lebih Efektif Digunakan Karyawan?
Kenapa Aplikasi Absensi Android Lebih Efektif Digunakan Karyawan?

Kenapa Aplikasi Absensi Android Lebih Efektif Digunakan Karyawan? Aplikasi absensi online merupakan salah satu jenis aplikasi yang mulai menjamur digunakan beberapa tahun terakhir. Semenjak pandemi mulai merebak di Indonesia banyak perusahaan yang mulai menerapkan WFH. Sehingga urusan absen pun perlu dikelola dengan baik walau kerja di rumah.

Perusahaan juga mulai mencari opsi aplikasi absensi yang bisa menjangkau urusan absen karyawan tanpa perlu melakukan kontak untuk proses absensinya.

Salah satu jawaban atas masalah ini adalah penggunaan aplikasi absensi online sebagai media absensi karyawan.

Aplikasi Absensi Online

Aplikasi absensi online adalah sistem pencatatan waktu kehadiran karyawan yang dapat diakses menggunakan website atau juga menggunakan aplikasi yang dioperasikan menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet.

Untuk aplikasi absensi yang berbasis web, memungkinkan diakses menggunakan website sehingga dari browser bisa dilakukan absensi. Sedangkan untuk aplikasi absensi mobile bisa dilakukan pencatatan kehadiran menggunakan perangkat mobile atau yang biasa disebut dengan aplikasi absensi android maupun aplikasi absensi iOS.

Baca Artikel Tentang Cara Mengendalikan Absensi Dengan Aplikasi Perkantoran Online

Jadi sebelum menggunakan aplikasi absensi untuk pengelolaan kehadiran karyawan, sangat diperlukan untuk mengetahui perangkat atau sistem apa yang digunakan untuk berabsensi.

Kenapa Aplikasi Absensi Android Lebih Efektif Digunakan?

Aplikasi absensi mobile yang termasuk aplikasi absensi android lebih efektif digunakan untuk karyawan. Ada beberapa alasan kenapa aplikasi absensi android lebih efektif.

1. Perangkat Android Lebih Umum Digunakan

Sekarang ini hampir semua orang memiliki perangkat smartphone untuk mendukung aktifitas keseharian. Perangkat yang paling banyak dimiliki adalah android. Jadi sudah cukup umum android dimiliki hampir semua orang di berbagai kalangan.

Begitu juga dengan kondisi karyawan di perusahaan yang mayoritas karyawannya memiliki perangkat android dengan berbagai versi. Hal inilah yang membuat perusahaan memilih perangkat android.

Jadi perusahaan bisa dengan mudah mengelola absensi hanya dari perangkat android dan langsung masuk ke sistem absen perusahaan.

2. Perangkat Mobile Lebih Fleksibel Untuk Berbagai Lokasi

Perangkat mobile juga merupakan perangkat yang cukup fleksibel digunakan untuk berbagai lokasi kerja. Di kantor, kerja lapangan maupun kerja dinas bisa dengan mudah melakukan absensi hanya dari perangkat mobile. Jadi dimana pun lokasi karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah.

Apalagi sekarang aplikasi mobile ini sudah dilengkapi dengan gps sehingga lokasi absensi bisa terlacak dengan baik. Hal seperti ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri untuk perusahaan karena untuk menghindari kecurangan absensi yang sering dilakukan.

Absensi untuk keperluan apa saja bisa dilakukan dengan mudah, hanya perlu pakai smartphone, urusan absensi dilakukan dengan mudah.

3. Efisien dan Praktis

Aplikasi absensi android cukup praktis digunakan. Tidak perlu menggunakan perangkat mesin absen satu untuk semua karyawan, namun aplikasi absensi bisa di gunakan oleh karyawan di perangkat masing-masing cukup praktis dan efisien.

Sehingga dengan aplikasi ini waktu karyawan bisa lebih hemat. Tidak perlu antre dengan banyak pengguna lain namun langsung bisa melakukan absensi secara mandiri.

4. Akurat

Aplikasi absensi android ini juga dinilai cukup akurat untuk mencatat waktu kehadiran karyawan. Sebab karyawan bisa langsung melakukan absensi tanpa perlu antre langsung melakukan absensi masing-masing. Hal ini tentunya membuat absen di aplikasi lebih akurat.

Aplikasi absensi online yang android ini memiliki tingkat kecurangan yang lebih kecil daripada mesin absensi yang lainya.

Itulah beberapa alasan kenapa aplikasi absensi android lebih banyak digunakan untuk kebutuhan absensi perusahaan. Selain mudah digunakan juga cukup relate dengan kondisi sekarang ini, untuk itulah aplikasi absen android ini cocok digunakan untuk absensi jaman sekarang.

Fitur Apa yang Ada dalam Aplikasi Absensi Android?

Sesuai dengan penggunaannya, aplikasi absensi android harusnya memiliki fitur-fitur yang sesuai dan bisa menunjang kebutuhan absensi. Fitur yang harus ada dalam aplikasi absensi android ini adalah

1. Face Recognition

Absensi online sangat memungkinkan untuk terjadi kecurangan, namun hal ini bisa diminimalkan dengan penggunaan fitur face recognition. Ini adalah Langkah verifikasi untuk proses absensi dengan cara mendeteksi wajah karyawan yang absen. Umumnya jika absensi android, menggunakan kamera depan untuk proses pengambilan gambar wajah.

Dengan cara seperti ini, potensi terjadinya kecurangan bisa diminimalkan. Karena data absen yang masuk sesuai dengan orang yang bersangkutan.

Jika aplikasi absensi online tidak dilengkapi dengan face recognition seperti ini tidak ada bedanya dengan mesin absensi manual yang memiliki banyak kecurangan.

2. Fitur Absensi Dinas

Aplikasi Absensi mobile dibuat untuk memudahkan proses absensi lapangan maupun dinas di luar kantor karena sudah dilengkapi dengan gps untuk tracking lokasi. Jadi fitur absensi dinas perlu ada dalam aplikasi absensi android.

Aplikasi Absensi Android
Aplikasi Absensi Android Lebih Efektif Digunakan Karyawan

Untuk keperluan absensi dinas seperti kunjungan dinas, survey, dinas luar kota dan lain sebagainya, metode absen android ini sangat membantu proses absensinya.

3. Absensi Lembur

Fitur yang harus ada lainya adalah absensi lembur, jadi ketika akan lembur maka karyawan bisa melakukan absensi mandiri dengan mencatat waktu lembur di aplikasi absensi androidnya. Hal ini lebih akurat dan jelas untuk penghitungan jam lembur. Jika waktu lembur tidak terhitung dengan baik tentunya akan merugikan karyawan tersebut.

4. Perizinan dan Cuti

Fitur selanjutnya yang perlu ada dalam aplikasi absensi android adalah urusan perizinan dan cuti dimana karyawan bisa mengajukan izin dan cuti secara online dari perangkat android. Sehingga perizinan dan cuti tidak lagi dilakukan secara manual ataupun menggunakan aplikasi perpesanan pribadi, namun secara profesional langsung menggunakan aplikasi absensi.

5. Laporan Absensi

Integrasi laporan absensi juga harus ada dalam aplikasi absensi android. Laporan absensi ini adalah kumpulan pencatatan absensi harian karyawan dimana akan memengaruhi jumlah gaji dan juga penilaian performa karyawan. Jadi dengan adanya fitur laporan absensi HRD tidak lagi perlu membuat laporan absensi secara manual lagi dan tentunya pencatatan lebih akurat.

Itulah beberapa fitur yang perlu dimiliki dari aplikasi absensi android. Tentunya fitur-fitur yang dimiliki perlu lebih canggih dan lengkap daripada mesin absensi teknologi sebelumnya.

Baca Artikel Fingerprint Vs Aplikasi Absensi Online??

Aplikasi Absensi Android Kantor Kita

Salah satu aplikasi absensi android yang banyak digunakan dan memiliki fitur lengkap untuk karyawan adalah aplikasi absensi android dari Kantor Kita. Menghadirkan aplikasi absen yang mudah diikuti dan digunakan dengan harga yang cukup terjangkau untuk perusahaan skala besar maupun kecil.

Adapun fitur Aplikasi Absensi Android Kantor Kita adalah sebagai berikut

  1. Pencatatan absensi karyawan mandiri dengan fitur face recognition
  2. Manajemen lembur
  3. Absensi dinas
  4. Pengajuan izin dan cuti online
  5. Slip gaji
  6. Reimbursement
  7. Manajemen tugas
  8. Pencatatan pinjaman karyawan
  9. Laporan absensi karyawan

Dengan aplikasi absensi android ini urusan absensi di perusahaan jauh lebih mudah dan ringkas. HRD bisa mengelola absensi tanpa perlu pendataan manual karena sudah tersaji laporan absensinya dengan baik.

Kantor Kita juga menyediakan trial gratis selama 15 hari untuk memberikan Anda kesempatan mengetahui Aplikasi Absensi Android Kantor Kita lebih dekat dan detail. Informasi terkait trial dan pendaftaran bisa Anda dapatkan dengan langsung menghubungi tim Kantor Kita.

Kesimpulan

Aplikasi absensi android memiliki banyak kelebihan untuk membantu mengelola absensi karyawan di perusahaan. Aplikasi absensi android tentunya memiliki kelengkapan fitur, lebih canggih maupun lebih efisien jika dibandingkan dengan metode absensi lainya.

Salah satu aplikasi absensi yang banyak digunakan dan dipercaya oleh banyak pelaku bisnis adalah Kantor Kita,  Aplikasi absensi android dengan banyak fitur lengkap dan tentunya harga sangat terjangkau untuk perusahaan.

Sekian ulasan hari ini, semoga bermanfaat!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here