Aplikasi Inventaris Barang Berbasis Web: Cara Mudah Kelola Asset Kantor 

0
614
Aplikasi Inventaris Barang Berbasis Web: Cara Mudah Kelola Asset Kantor
Aplikasi Inventaris Barang Berbasis Web: Cara Mudah Kelola Asset Kantor

Aplikasi Inventaris Barang Berbasis Web: Cara Mudah Kelola Asset KantorAplikasi inventaris adalah salah satu aplikasi yang banyak dibutuhkan di perusahaan untuk membantu mengurus inventaris barang. Sekarang aplikasi inventaris barang ini juga bisa dengan mudah di dapatkan karena sudah banyak beredar di pasaran aplikasi.

Namun seringkali banyak orang yang masih memilih cara lama untuk melakukan inventarisasi barang di kantornya. Sedangkan aplikasi inventarisasi ini memberikan kemudahan jauh lebih baik dan tentunya membantu koordinasi tim pengurus inventaris lebih mudah.

Mari kita bahas penggunaan aplikasi inventaris barang ini.

Inventaris Barang

Inventaris barang berasal dari kata Latin Inventarium yang memiliki arti barang-barang, atau bahan.

Inventaris barang adalah daftar barang yang dimiliki lengkap dengan data informasi mengenai kondisi barang, jumlah barang dan informasi lainya.

“Inventaris adalah daftar yang memuat semua barang milik kantor yang digunakan untuk melaksanakan tugas. Sedangkan Inventarisasi adalah  pencatatan atau pendaftaran barang milik kantor yang digunakan untuk melaksanakan tugas.”- KBBI

“Inventaris adalah daftar barang-barang yang digunakan dalam kantor yang menyertakan harga, jumlah, jenis dan keadannya.”- Soemarsono

Dari sisi ilmu akuntansi, inventaris adalah segala bentuk kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh data yang diperlukan mengenai persediaan barang yang dimiliki.

Jadi dapat disimpulkan bahwa invetaris adalah daftar barang yang miliki sebuah instansi. Sedangkan inventarisasi adalah upaya atau kegiatan yang dilakukan untuk mencatat atau mendaftarkan barang yang dimiliki. Proses inventarisasi berupa memberikan tanda pengenal untuk semua fasilitas atau barang yang dimiliki untuk tujuan memperlancar proses kerja.

Aplikasi Inventaris Barang

Aplikasi inventaris adalah program yang digunakan untuk mengelola atau mencat daftar barang. Aplikasi ini bisa digunakan dalam perangkat mobile maupun berbasis web sehingga bisa digunakan dalam personal komputer.

Baca Artikel Kelola SDM sekaligus Inventaris dengan Software HRIS  

Aplikasi inventaris barang ini menjadi satu opsi untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola fasilitas atau barang yang ada di perusahaannya. Tidak lagi perlu menggunakan pencatatan manual, hanya dengan aplikasi semua barang bisa di data secara online.

Tujuan Inventarisasi

Semua perusahaan pasti melakukan kegiatan pendataan seluruh barang ini di setiap tahunnya. Hal ini berhubungan dengan penjagaan fasilitas atau asset yang dimiliki. Selain itu inventaris juga digunakan untuk membantu perusahaan mengelola barang dengan mudah, mulai dari pendataan jumlah sampai dengan kondisi barang.

aplikasi absensi online
Cara Mudah Pantau Produktifitas Karyawan Selaama Cuti Bersama Natal 2021

Seperti yang sudah disinggung dalam penjelasan inventaris di atas, secara umum inventarisasi dilakukan untuk memperlancar proses kerja.

Namun secara spesifik tujuan dilakukannya inventarisasi barang adalah untuk

  1. Mencegah penyusutan asset kantor
  2. Mengontrol semua barang/asset kantor
  3. Melakukan tindak lanjut berdasarkan kondisi barang

Kenapa Aplikasi Inventaris Barang Banyak Digunakan?

Belakangan ini, aplikasi inventaris barang banyak digunakan oleh perusahaan atau kantor untuk membantu mengelola penataan barang menjadi lebih mudah dan tersistem. Namun apa sih yang membuat aplikasi inventaris barang lebih banyak dipilih daripada penggunaan pencatatan manual?

1. Sudah menggunakan sistem cloud

Berbeda dengan pencatatan manual menggunakan pengolah data atau pencatatan di buku, aplikasi inventaris barang ini sudah menggunakan sistem cloud untuk menyimpan semua data yang dimasukkan.

Sistem cloud ini sangat memungkinkan data untuk diakses banyak orang dari satu database. Sehingga untuk kegiatan inputing data yang bersifat multi admin, sistem cloud ini sangat pas digunakan. Pun penyimpanan cloud ini juga membantu memuat data lebih real time.

Tidak perlu lagi sharing data karena semua pengolah data inventaris ini sudah terpusat.

2. Lebih Mudah

Hal yang membuat aplikasi banyak digunakan adalah karena ia memberikan kemudahan untuk penggunannya. Begitu juga dengan aplikasi inventaris barang dimana pengelolaan data menjadi lebih mudah dan lebih efisien.

  • Kerangka Kerja yang Siap Pakai

Tidak perlu membuat kerangka daftar inventaris, melainkan bisa langsung bekerja dengan kerangka yang sudah jadi dari aplikasi.

Apalagi aplikasi inventaris ini juga menghadirkan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk mempermudah pencatatan, misalnya pengkodean inventaris otomatis dan juga menyajikan data dengan laporan atau grafik secara otomatis. Jadi data bisa terpantau dengan baik.

  • Input Bisa Dimana Saja

Aplikasi inventaris barang ini sangat memudahkan seseorang untuk input barang dimana saja selama ada koneksi internet.

Tinggal buka akun aplikasi inventaris barang melalui PC maupun smartphone kemudian barang bisa diinputkan dengan mudah.

Semua data akan disimpan secara terpusat sehingga membuat data tetap update dan real time.

3. Resiko Kehilangan Data Lebih Minim

Jika masih menggunakan media penyimpanan di komputer lokal, resiko kehilangan data akan lebih besar karena ada banyak hal yang memungkinkan data hilang. Misalnya karena perangkat rusak, terhapus atau disk error.

Apalagi jika data yang paling terbaru disimpan dalam perangkat tersebut saja, maka laporan inventaris jadi tidak update lagi.

Baca Artikel Tentang Cara Mudah Kelola Inventaris Barang

Berbeda dengan aplikasi inventaris, data tetap akan tersimpan dan bisa diakses menggunakan perangkat apa saja. Jadi kehilangan data bisa diatasi.

4. Resiko Human Error Lebih Minim

Pernahkah Anda mengalami kesalahan input data inventaris karena banyaknya barang yang didata. Hal ini bisa diatasi ketika menggunakan aplikasi inventaris barang. Sudah menggunakan sistem komputasi jadi kesalahan penulisan yang fatal atau kesalahan pengkodean bisa diminimalkan.

Ada banyak alasan kenapa aplikasi inventaris barang banyak digunakan untuk perusahaan besar guna membantu mengurus inventory kantornya.

Contoh Aplikasi Inventaris Barang

Anda bisa memahami hasil dari penggunaan aplikasi inventaris barang di gambar di bawah ini.

Contoh Aplikasi Inventaris Barang
Figure 1 Contoh Aplikasi Inventaris Barang

Jadi dengan aplikasi inventaris barang ini semua informasi yang didapatkan tinggal diinput, kemudian akan muncul daftar inventaris barang seperti yang ditampilkan di atas.

Aplikasi Inventaris Barang Kantor Kita

Salah satu aplikasi inventaris barang yang bisa digunakan adalah Aplikasi Inventaris Barang dari Kantor Kita. Menghadirkan aplikasi yang sangat user friendly untuk mengelola inventory barang di perusahaan Anda. Pengkodean otomatis tinggal setting format kode yang digunakan dan juga informasi barang secara lengkap bisa langsung di inputkan.

Aplikasi inventaris barang dari Kantor Kita  merupakan aplikasi inventaris barang berbasis web sehingga bisa digunakan untuk penggunaan di website. Hanya perlu login di website Kantor Kita dan aplikasi bisa diakses lewat browser dengan mudah.

Informasi lebih lengkap mengenai aplikasi inventaris barang di Kantor Kita bisa langsung menghubungi tim CS Kantor Kita di Kontak Kantor Kita maupun di Website Official Kantor Kita.

Kesimpulan

Inventaris kantor perlu dilakukan untuk tujuan melancarkan proses kerja, namun secara spesifik digunakan untuk memanajemen barang yang ada di perusahaan. Dengan termanajemennya barang dengan baik maka diharapkan barang bisa dimaksimalkan pemakaiannya, jika ada penyusutan jumlah barang dan sebagainya maka akan langsung diketahui dan ditindak lanjuti.

Anda bisa menggunakan aplikasi inventaris dari Kantor Kita. Aplikasi kantor  yang membantu Anda memenuhi kebutuhan kerja kantor dengan mudah. Mudah digunakan dan tentu saja urusan inventaris barang jadi lebih terkontrol.

Sekian ulasan tentang aplikasi inventaris barang dari Kantor Kita, semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here