Work From Home itu Menguntungkan dan Merugikan. Lalu, Apa Keuntungan dan Kerugian Work From Home?

0
61
Work From Home itu Menguntungkan dan Merugikan. Lalu, Apa Keuntungan dan Kerugian Work From Home?
Work From Home itu Menguntungkan dan Merugikan. Lalu, Apa Keuntungan dan Kerugian Work From Home?

Work From Home itu Menguntungkan dan Merugikan. Lalu, Apa Keuntungan dan Kerugian Work From Home? – Wabah virus corona telah berdampak pada berbagai sektor dan masih terus menimbulkan dampak-dampak baru secara global. Dampak itu pun ada yang buruk dan ada yang baik, fellas. Meskipun dampak yang sering disorot adalah dampak buruk seperti perekonomian dunia yang lesu, tapi ada dampak langsung yang dirasakan oleh manusia loh guys, yakni work from home atau kerja di rumah. Then, apa aja sih keuntungan dan kerugian work from home? Simak langsung yuk di bawah ini :

Pengertian Work From Home

Siapa sih yang ngga kenal work from home? Yups, istilah ini mulai booming dan jadi trending gara-gara wabah virus corona atau COVID-19 ini guys. Istilah yang disingkat sebagai wfh ini sangat dikenal banget buat para pekerja kantoran loh. Gimana nggak, mereka yang umumnya memiliki penghasilan tetap per bulan mulai diliburkan oleh perusahaan karena mengikuti aturan pemerintah Indonesia untuk melakukan work from home atau kerja di rumah.

Yups, work from home itu artinya artinya melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan di tempat kerja menjadi di rumah atau tempat seseorang tinggal, such as kontrakan atau kos atau apartemen. Aturan work from home mulai diberlakukan karena penyebaran virus corona semakin cepat jika terjadi kontak sosial guys. So, apa aja keuntungan work from home?

Keuntungan Work From Home

Bersantai Saat Work From Home
Bersantai Saat Work From Home

Keuntungan work from home itu sangat banyak guys, tapi ya tergantung sudut pandangnya. Let’s say keuntungan work from home buat para pekerja kantoran. Keuntungan work from home buat para pekerja kantoran adalah efisiensi tenaga, biaya, dan waktu. Yups, pekerja kantoran ngga perlu capek-capek berangkat kerja duduk di depan laptop seharian buat ngerjain task masing-masing, selain itu ngga perlu dempet-dempetan naik transportasi umum atau kehilangan bensin buat pulang pergi ke tempat kerja.

Dari segi waktu nih, workers ngga perlu banget berangkat pagi-pagi buta biar kena macet atau dempet-dempetan di kereta guys. Selain itu, workers juga bisa banget ngerjain task sambil santuy di kasur tapi menghadap laptop and bisa sambil ngurus anak atau mbersihin rumah. Kan atasan ngga tau ya kita ngapain aja di rumah asal kerjaan beres kan? Hehehe. Nah, buat lingkungan juga bagus guys. Liat tuh Jakarta yang awalnya jadi tempat dengan tingkat polusi tinggi di dunia akhirnya menurun tingkat polusinya. Selain udara yang tercemar kini kembali bersih, cadangan minyak bumi juga berkurang tingkat penggunaannya dan perusahaan tidak memakan listrik sangat banyak karena work from home. Wah, ternyata ada positifnya juga yah!

Kerugian Work From Home

Permasalahan Work From Home
Permasalahan Work From Home

Di balik segala hikmah yang bisa diambil dari wabah virus corona, work from home juga punya beberapa kerugian loh. Karena kita tadi udah ngebahas keuntungan work from home dari segi pekerja kantoran dan lingkungan, so here we’ll speak about the negative impacts of work from home for workers and environment. Beberapa kerugian work from home buat para pekerja antara lain adalah berkurangnya interaksi langsung antar karyawan nih. Yups, interaksi langsung itu penting banget guys untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar sesama pekerja.

Sebaliknya, kalau interaksi lewat dunia maya sebenarnya kurang baik kare na kemungkinan mengalami salah paham pun semakin tinggi, tapi juga kembali ke orangnya masing-masing ya fellas. Di sisi lain, penggunaan mobile data tentunya bakal makin tinggi. Ini tentu saja merugikan buat mereka yang ngga punya layanan wi-fi. Selain itu juga, percaya ngga percaya nih, pasti makin lama ngga betah buat stay at home. Yah, karena yang diliat itu itu aja, pasti akan ada perasaan buat kembali kerja seperti normal dong. Buat lingkungan sendiri, penggunaan air, listrik, dan sampah pasti akan meningkat.

Baca:Work From Home tapi Masih Lembur? Pasti Capek Kan? Langsung Aja Simak Tips Work From Home tapi Tetap Santuy!

That’s all. Yah seperti hal lainnya, work from home ternyata punya sisi negatif dan positif dari berbagai sudut pandang loh. Dari berbagai sudut pandang ini, saatnya kita mengambil apa yang baik dan membuang yang buruk. Untuk urusan absensi saat work from home percayakan pada aplikas absensi online Kantor Kita. Aplikasi untuk absensi karyawan, penggajian dan pengajuan cuti secara online. Banyak fitur-fitur yang ditampilkan untuk memudahkan urusan administrasi karyawan Anda. Untuk work from home, Anda hanya perlu mengatur titik koordinat rumah karyawan Anda masing-masing, sehingga mereka bisa absensi di rumah. Anda juga dapat memberikan tugas melalui Fitut Tugas yang telah tersedia, berikan tugas sesuai deadline hal ini jelas untuk menghindari mangkir dari tugas. Segera gunakan aplikasi Kantor Kita untuk mempermudah perusahaan Anda mengawasi setiap karyawan yang sedang Work From Home. Ada gratis 30 hari pemakaian juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here