Monday Blues : Pengertian dan Cara Mengatasi

0
160
Monday Blues Pengertian dan Cara Mengatasi
Monday Blues Pengertian dan Cara Mengatasi

Monday Blues : Pengertian dan Cara MengatasiPernahkah kamu merasakan malas menuju hari senin? Tenang saja kamu tidak sendirian kok! Banyak orang yang juga merasakan Monday blues seperti yang kamu rasakan. Monday blues biasanya terjadi pada karyawan kantor yang memiliki deadline dan tugas yang super padat di hari senin.

Sebagai pekerja yang profesional. Jangan sampai jadi alasan kamu malas kerja bahkan tidak siap menjalani hari. Yuk temukan beberapa cara agar membantu mengurangi monday blues di hari Senin. Di smartphone sudah ada aplikasi abensi online yang menunggumu untuk di buka.

Jika kamu adalah salah satu orang yang sering mengalami monday blues, mari kita cari tahu bagaimana cara mengatasi monday blues di ulasan berikut ini.

 

Monday Blues

Monday blues adalah keadaan dimana seseorang merasakan rasa malas, bosan, lesu, tidak semangat bahkan cemas menuju hari Senin. Jika hal ini terus dibiarkan tentu saja akan merusak produktivitas kamu di kehidupan sehari-hari maupun pada performa kerja kamu.

Sayangnya banyak orang yang tidak menyadari tentang Monday Blues sehingga ketika gejalanya muncul di permukaan, hanya dibiarkan begitu saja tanpa berusaha untuk meringankannya.

Ungkapan monday blues sendiri masih kurang dikenal di masyarakat Indonesia, sehingga tidak heran jika banyak yang tidak mengetahui ia mengalami kondisi ini.

Baca : Monday Blues? Yuk Lawan Dengan Cara Ini

 

Cara Mengatasi Monday Blues

Jika sudah mengetahui tentang monday blues, berikut adalah cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya.

1. Menghindari Aktivitas Berat Saat Weekend

Salah satu hal yang menyebabkan kamu malas untuk berangkat bekerja adalah karena badan dalam kondisi lelah atau tidak siap untuk beraktifitas. Hal ini bisa disebabkan karena kamu memiliki aktivitas yang berat di hari minggu sehingga kamu merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat menyambut Senin.

Beberapa aktifitas berat ini misalnya main, melakukan perjalanan, berbenah rumah atau kegiatan yang menguras energi lainya.

Oleh sebab itu kamu harus pandai-pandai mengatur waktu weekend kamu agar bisa siap menyambut senin. Sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu, jika tubuh sudah kelelahan di minggu kerja maka akan lebih baik kamu menggunakan weekend kamu untuk beristirahat atau aktifitas ringan dengan keluarga maupun dengan sosial yang waktunya bisa kamu handle sendiri.

Kurangi aktifitas tidak berguna yang menyebabkan kelelahan agar badan lebih siap dan bugar di esok hari.

2. Begadang? Jangan Sampai!

Begadang di Minggu malam? Hindari hal ini jika kamu ingin memiliki kinerja yang maksimal untuk hari senin. Begadang tanpa alasan hanya menghabiskan energi, jam istirahat untuk tubuh jadi berkurang, otak pun tidak bisa beristirahat.

Tidur yang cukup adalah salah satu kunci untuk mendapatkan hari senin yang lancar, tubuh bekerja dengan baik, otak pun bisa fokus, jadi kerja lancar sampai sore. Kurang tidur sangat mempengaruhi performa tubuh dan pikiran ketika kerja, mood jelek, mudah marah, badan lelah dan tidak fokus.

Buatlah tidurmu berkualitas dengan menciptakan ruang tidur yang nyaman, misalnya dengan menggunakan lilin  aromaterapi atau dengan menggunakan kasur dan bantal yang nyaman. Hal ini bisa membuat tidur lebih berkualitas jadi tubuh bisa beristirahat dengan maksimal.

Begadang juga membuatmu bangun lebih siang, kemungkinan telat untuk bekerja juga lebih besar. Berawal dari begadang membawa banyak pengaruh buruk pada performa kerja.

3. Kelelahan Psikis

Selain dalam bentuk fisik, kelelahan juga bisa kamu rasakan dalam bentuk psikis loh. Apakah kamu sudah tau bagaimana ciri jika kamu mengalami lelah psikis? Berikut ciri dari lelah psikis

  1. Merasa lelah walau sudah beristirahat dengan cukup
  2. Overthinking dan stress
  3. Mudah emosi
  4. Sulit berkonsentrasi
  5. Kehilangan motivasi
  6. Insomnia
  7. Selalu ingin merasa sendiri

Lelah secara psikis bisa menyebabkan kamu merasa malas untuk menjalani Senin. Lelah secara psikis bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti gaya hidup, masalah medis sampai masalah mental.

Gaya hidup yang membuat lelah psikis adalah makanan  yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, kelelahan bekerja, kurang tidur dan lainya. Masalah medis juga bisa mempengaruhi kondisi psikis kamu, namun yang paling berbahaya adalah masalah mental seperti kecemasan dan depresi.

Baca Artikel Tentang : Menjaga Semangat Di Tengah Minggu Kerja  

Jika masalah ini dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan kamu akan kehilangan semangat hidup dan tidak dapat beraktivitas dengan baik. Akan lebih baik jika kamu mencoba untuk keluar dari masalah tersebut, bisa dimulai dengan hal-hal dasar. Misalnya mengubah pola hidup dan makanan, pilih makanan yang sehat seperti sayur, buah dan protein. Olahraga dan bersosial.

Lebih aware dengan diri sendiri agar bisa mengerti perubahan dalam diri, dengan begitu bisa mencari pencetusnya dan bisa menanganinya dengan baik. Masalah kelelahan psikis tidak bisa terus dibiarkan agar hidupmu lebih nyaman.

4. Ketahui Penyebabnya

Rasa malas di hari senin, selain dari diri sendiri juga bisa disebabkan karena masalah eksternal misalnya dari tempat kerja. Seseorang yang tidak menyukai pekerjaannya akan cenderung malas menghadapi Senin, atau ada agenda kerja yang membuatmu terbebani. Jangan skip perasaanmu kenapa malas menghadapi senin, coba cari penyebabnya dengan begitu kamu bisa mencari solusi atau masalah tersebut. Jika tidak bisa menemukan masalah, paling tidak kamu bisa menyiapkan diri untuk menghadapinya.

5. Menyiapkan Kebutuhan di Hari Senin

Di malam hari sebelum senin datang, menyiapkan keperluan bekerja bisa membantumu lebih siap menyambut hari senin loh. Jika beberapa hal sudah disiapkan di waktu sebelumnya, maka senin kamu bisa lebih santai. Beberapa hal yang bisa disiapkan di malam hari sebelum senin datang adalah meracik bahan masakan agar besok langsung bisa masak, menyiapkan materi presentasi untuk rapat, menyiapkan baju yang akan dipakai.

Software HR
Software Hris Indonesia

Menyiapkan barang-barang untuk hari senin ini tidak bisa diabaikan, malah ini akan memberikan energi untuk menyiapkan diri di hari esok sehingga besok bisa lebih santai dan memiliki waktu untuk mempersiapkan diri. Apakah kamu juga suka menyiapkan barang di malam hari??

6. Melakukan Meditasi dan Berdoa

Meditasi adalah hal yang bisa kamu coba untuk mempersiapkan diri menyambut hari senin. Meditasi bisa membuat kamu merasa dan lebih baik dan mendapatkan energi positif. Untuk muslim kegiatan rohani yang membantu diri merasa lebih baik untuk memulai hari adalah ketika sholat subuh dimana waktu kamu bisa berdoa untuk kelancaran hari.

Meditasi maupun beribadah terbukti memberikan efek lebih tenang kepada orang yang melakukannya, manfaat yang lainya adalah kamu bisa lebih ikhlas menjalani hari-hari. Meditasi dan berdoa ini memberikan manfaat kepada pikiran dan mental sehingga menghindarkan kamu dari aura negatif atau beban pikiran.

7. Atur Motivasi

Jika kamu merasa malas menghadapi senin, bisa jadi kamu lupa dengan motivasi kerja yang telah kamu miliki sebelumnya. Motivasi ini sangat mempengaruhi semangat dalam menjalani hari. Kamu bisa mulai mengatur motivasi kembali, agar memiliki alasan untuk terus berjuang. Motivasi adalah hal yang privat dan banyak orang memilikinya, yuk temukan motivasi kamu untuk terus berjuang menjalani hari. Seseorang yang tidak memiliki motivasi hidup atau kerja akan cenderung malas menjalani harinya karena tidak memiliki tujuan. Yuk atur lagi semangat dan motivasi kamu mulai dari sekarang!

Jadi itulah cara mengatasi monday blues. Kamu bisa mengikuti beberapa solusi di atas agar lebih bersiap di hari Senin tanpa monday blue. Jangan lupa untuk menyelesaikan masalah terlebih dahulu jika kamu malas yang disebabkan karena ada problem di kantor/tempat kerja.

 

Kesimpulan

Monday blues adalah salah satu hal yang perlu dihindari untuk semua orang. Perasaan malas di hari senin berupa lesu, tidak semangat, cemas ini akan sangat mengganggu kenyamanan diri. Yang akhirnya akan mengganggu performa kerja juga. Lebih baik kelola monday blues dengan beberapa cara di atas agar tidak mengganggu diri berlarut-larut.

kehadiran karyawan

Untuk HR sendiri, juga perlu memberikan konsultasi kepada karyawannya yang memiliki masalah agar bisa mendapatkan solusi terbaik sehingga performa karyawan juga tetap maksimal.

HR juga bisa menggunakan aplikasi HR dari Kantor Kita untuk memberi kemudahan kerja HR. Sebab dalam software HR Indonesia memiliki banyak fitur sebagai asisten terbaik HR. Mulai dari absensi online sampai dengan payroll bisa lebih mudah menggunakan aplikasi perkantoran Kantor Kita.

sekian ulasan tentang Monday Blues : Pengertian dan Cara Mengatasi monday blues untuk Anda, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here