PSBB Jogja Diperpanjang, Tips Menghindari Stress Selama WFH

0
286

PSBB Jogja Diperpanjang, Tips Menghindari Stress Selama WFH – Semenjak tahun baru 2021, kota Yogyakarta adalah salah satu kota yang kasus Covid-19 nya semakin melonjak, tidak hanya itu saja bahkan ada virus Covid-19 bentuk lain yang berkembang di Yogyakarta ini. Hal ini bisa disebabkan karena cukup padatnya kota Yogyakarta dimana saat tahun baru 2021 banyak orang berdatangan ke kota ini.

Pemerintah tidak diam saja melihat angka paparan Covid-19 naik tajam, pemerintah daerah Yogyakarta melakukan PSBB selama dua minggu yang terhitung dari tanggal 11 Januari 2021 sampai 25 Januari 2021. Peraturan PSBB kali ini adalah melakukan pembatasan jam operasional pada pedagang, sekolah daring sampai pelaksanaan WFH pada pekerja.

Baca Juga : Tips Jalani Wfh Agar Selalu Semangat Dan Menyenangkan 

Tidak cukup 2 minggu, pemerintah daerah Yogyakarta kembali mengumumkan PSBB diperpanjang sampai 8 Februari 2021, ini adalah langkah yang dinilai sesuai dengan keadaan Yogyakarta. Ada banyak reaksi dari masyarakat, seperti pedagang yang merasakan kesulitan sampai karyawan kantor. Menghadapi kondisi seperti ini memang harus pintar-pintar menjaga diri agar badan tetap sehat, imun terjaga dan tetap produktif. Menghadapi PSBB yang diperpanjang, apa saja hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan agar bisa produktif selama bekerja??

  • Persiapkan bahan makanan

Anak kos yang juga pekerja tentunya merasa kesulitan selama PSBB dilakukan, hal yang harus kamu lakukan pertama adalah menyiapkan bahan makanan untuk seminggu atau dua minggu. Hal ini akan memudahkanmu mengenai makanan, tidak perlu keluar rumah untuk mencari makan atau tidak perlu khawatir jika semua warung tutup karena kamu sudah mempersiapkannya.

Kamu bisa berlanja dihari minggu untuk persiapan selama seminggu ke depan. Berbelanja makanan harus memikirkan nutrisinya pula, seperti sayuran hijau, sumber protein, buah dan makanan ringan. Mulai lah belajar merencanankan jadwal makanan untuk seminggu ke depan agar lebih mudah. Memasak sendiri akan lebih terjamin dari pada membeli di luar, kamu bisa memasak yang kamu inginkan dan yang paling penting kebersihan dan gizinya jelas dan tentu saja lebih hemat.Absensi Mudah dengan Kantor Kita

Menyiapkan makanan di masa PSBB sangat penting ya! Kondisi tubuh harus fit dan prima agar tetap bisa bekerja di rumah, sehingga jangan sampai telat makan atau kekurangan makanan.

  • Istirahat yang cukup

Bekerja di rumah tentu saja tetap harus menjaga pola tidur yang tepat agar bisa beristirahat dengan cukup. Bekerja seharian penuh membuat tubuh memerlukan istirahat, batasi penggunaan gadget karena ini akan mengganggu waktu tidurmu. Mulai atur jam tidur di malam hari agar bisa bangun dengan segar di pagi harinya.

Kurang tidur akan membuatmu merasa lemas, tidak semangat, kurang berkonsentrasi bahkan lebih emosian, hindari hal ini dengan memberi waktu tubuh untuk beristirahat. Waktu tidur yang baik untuk manusia dewasa adalah 8 jam perharinya, mulai tidur jam 10 malam dan bangun jam 5 pagi agar mendapatkan kesegaran pagi.

  • Berbelanja keperluan

Hal yang kamu perlukan untuk persiapan WFH adalah berbelanja keperluan hidup untuk seminggu atau sebulan ke depan. Walaupun WFH kamu pastinya akan membutuhkan makanan ringan, kopi, sabun dan lain sebagainya. Daripada kehabisan dan harus keluar rumah untuk ke warung akan lebih baik untuk langsung berbelanja banyak untuk hal-hal yang kamu butuhkan. Hal ini untuk menghindari aktifitas luar rumah yang tidak penting.

  • Mencari hiburan

Bekerja di rumah adalah hal yang sangat membosankan jika tidak pintar-pintar menghibur diri, jika seharian sudah sibuk bekerja maka waktu selanjutnya adalah beristirahat. Namun bagaimana dengan weekend? Kamu bisa mengisi waktu sengang mu dengan mendengarkan musik, streaming film atau bermain tiktok.

Sekarang ini sangat banyak hiburan yang bisa kamu dapatkan dari internet namun jika dirasa cukup membosankan kamu bisa loh berinteraksi dengan teman kos mu, berinteraksi, ngobrol untuk sekedar basa basi cukup membantumu mendapatkan hiburan walau sejenak. Rekomendasi hiburan yang banyak orang suka adalah memasak, kamu bisa memasak untuk hari ini atau membuat makanan ringan untuk cadangan seminggu ke depan, memasak adalah hiburan yang cukup sering dilakukan untuk menghibur diri selama pandemi.

Hiburan dan ngobrol yang biasanya kita dapatkan di kantor sekarang cukup jarang didapatkan, kamu bisa mengakalinya dengan melakukan zoom atau video call dengan teman maupun keluarga agar tetap bisa ngobrol. Kesepian di tempat tinggal memberikan efek yang buruk lho untuk otak dan imun.

Carilah hiburan terbaik versi kamu agar bisa menjaga badan dan tubuh dengan baik.

Baca : Tips Sehat Bekerja Di Depan Laptop Selama Work From Home 

  • Olahraga ringan

Nah ini yang penting, olaharaga ringan untuk menjaga tubuhmu agar tetap fit dan memperbaiki kualitas hidup. Olahraga ringan bisa dilakukan di dalam ruangan seperti yoga atau peregangan, pastikan ada ventilasi ya di ruangan agar kamu tidak engab atau sesak.

Olahraga Ringan Selama WFH

Olahraga yang seru adalah bermain tiktok, badanmu bisa gerak dan ada banyak musik yang bisa kamu pilih. Selain itu bermain tiktok juga membuatmu lebih update lho! Bermain tiktok untuk olahraga bisa kamu lakukan sendiri atau bersama teman di kos. Ada banyak aplikasi olahraga atau tontonan olahraga di youtube maupun di platform lain yang bisa kamu gunakan untuk panduan olahraga di kamar. Yuk gunakan internet untuk hal-hal yang bermanfaat.

  • Menjaga kebersihan tempat tinggal

Keadaan yang sudah sulit karena virus ini, jangan lengah untuk menjaga kebersihan tempat tinggal dengan baik ya! Menjaga kebersihan tempat tinggal bisa dimulai dari kasur, kamar, daerah di sekitar kamar. Menjaga kebersihan tentunya juga mengenai baju kotor yang harus rutin di cuci, jangan sampai menumpuk di pojok ruangan. Piring dan wadah kotorpun harus selalu di cuci begitu selesai makan agar tidak menumpuk dan menjadi sarang kuman. Cuci dengan bersih seperti botol minum dan lain sebagainya.

Jangan membiasakan diri untuk menunda membersihkan kamar, lakukan sekarang agar kebersihan terjaga. Bersih-bersih tempat tinggal bisa menghindari diri dari stress loh, bekerja di rumah dengan suasana kamar yang bersih pastinya sangat menyenangkan. Bersih-bersih bisa membuatmu lebih rileks dan puas, ini juga bentuk hiburan diri selama WFH di rumah. Menjaga kebesihan tempat tinggal pastinya harus dibarengi dengan menjaga kebersihan diri. Seperti rutin mencuci tangan dan mandi 2x sehari.

Aplikasi Kantor Kita
Aplikasi Kantor Kita
  • Melakukan perawatan diri

Melakukan perawatan diri adalah salah satu bentuk hiburan agar bisa melupakan rasa bosan, perawatan diri banyak dilakukan oleh wanita namun juga tidak menutup kemungkinan pria juga melakukan ini. Perawatan diri untuk hiburan adalah maskeran untuk wajah, lulur untuk tubuh, mengecat kuku maupun bermain make up. Hiburan-hiburan seperti ini cocok dilakukan saat WFH.

PSBB diperpanjang tidak membuatmu galau karena ada banyak hal yang menghiburmu. Untuk membantu memudahkan kalian dalam WFH, kamu bisa menggunakan aplikasi absensi pegawai melalui smartphone kamu. Aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah Kantorkita.co.id .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here