Monitoring PenjualanSetiap perusahaan pasti memiliki tim penjualan atau biasa dikenal dengan sales yang membantu proses produk keluar dengan lancar. Nah dibalik tim sales yang bekerja mendistribusikan produk, ada juga manajer yang bertugas memonitoring penjualan dan menilai kinerja sales.

Monitoring penjualan ini merupakan bagian yang harus ada dalam alur kerja tim sales, dimana memiliki tujuan untuk mengetahui dan menilai progress tim sales untuk kemudian menyimpulkan tingkat keberhasilan penjualan.

Bagaimana sih yang dimaksud dengan monitoring penjualan atau monitoring sales ini? Apa saja komponen yang diperhatikan dalam proses monitoring sales? Apa manfaat kegiatan ini untuk tim penjualan dan perusahaan?

Monitoring Penjualan

Monitoring penjualan merupakan kegiatan penilaian atau pengecekan yang dilakukan secara berkala kepada tim penjualan atau sales. Monitoring penjualan ini masuk sebagai salah satu proses sales management yang memengaruhi keberhasilan proses penjualan produk.

Dari hasil monitoring penjualan ini akan diketahui bagaimana progress sales dalam menjual produk-produknya dimana hasil ini akan berguna untuk menyusun strategi baru atau evaluasi dari proses yang sudah berjalan sehingga target bisa dicapai.

Kabar baiknya adalah sekarang ini monitoring penjualan bisa dilakukan secara online menggunakan software untuk sales. Sehingga proses lebih ringkas, akurat dan jauh lebih mudah.

Penjelasan mengenai software sales ini akan kita lanjutkan penjelasannya setelah mengetahui pentingnya monitoring penjualan untuk perusahaan dan tim sales.

Kenapa Monitoring Penjualan Penting untuk Perusahaan dan Tim Sales?

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya monitoring penjualan penting dilakukan untuk perusahaan.

1. Menilai Performa Kerja Sales

Salah satu hal yang penting dari monitoring penjualan adalah untuk menilai kinerja sales. Seperti yang kita tahu monitoring sales adalah pemantauan seluruh hal yang  masuk dalam penjualan sehingga tenaga sales tidak akan luput di pantau.

Beberapa hal yang menyangkut monitoring penjualan dalam hal tenaga sales misalnya kehadiran, seberapa besar progress yang sudah dilakukan maupun pengerjaan tugas-tugas lapangan yang lainnya.

Tentunya performa tenaga sales ini penting diketahui untuk dikaitkan dengan hasil target yang diperoleh tenaga sales nantinya dan juga memengaruhi prestasi kerja di perusahaan tersebut.

2. Memantau KPI Sales

Dalam dunia sales, terdapat KPI atau Key Performance Indicator (KPI) atau lebih sederhananya KPI adalah target penjualan yang harus dicapai tenaga sales. Nah target ini juga digunakan sebagai indikator penilaian kinerja sales selain hal yang sudah dijelaskan dalam poin 1 di atas.

Setiap sales pastinya diberikan target harian, bulanan atau tahunan dimana pencapaian ini penting dikatahui karena menyangkut keberhasilan tim penjualan yang berpengaruh kepada perusahaan juga.

3. Mengetahui Hasil Penjualan

Selain mengetahui hasil pencapaian target dari masing-masing tenaga sales, monitoring penjualan juga diperlukan untuk mengetahui seberapa besar hasil penjualan yang telah dicapai tim sales secara keseluruhan, seberapa jauh progress yang sudah dilakukan dan lain sebagainya.

Baca Artikel : Aplikasi Absensi Online, Aplikasi Slip Gaji, Aplikasi Perkantoran

4. Mengetahui Masalah atau Kendala di Lapangan

Selain masalah keberhasilan penjualan, monitoring penjualan sangat penting untuk mengetahui kendala-kendala apa yang banyak terjadi dalam proses penjualan. Barangkali kendala inilah yang menyebabkan proses penjualan terhalang.

Dilakukannya monitoring penjualan diperlukan untuk mendeteksi kendala dan mengurai masalah dengan tenaga sales di lapangan sehingga tidak hanya menuntut hasil saja namun juga ada tindakan, solusi dan pencegahan dari perusahaan untuk membantu tenaga sales.

5. Bahan Evaluasi dan Penyusunan Strategi

Setelah melakukan monitoring penjualan dan memeroleh hasilnya,  pastinya data ini digunakan sebagai indikator hasil kerja sebuah tim sales. Dari hasil ini bisa dinilai seberapa keberhasilan tim sales tersebut dengan data utama dan pendukungnya.

Dengan begitu manajer dan tim sales memiliki kesimpulan yang bisa digunakan sebagai hasil akhir yang perlu di tingkatkan atau dipertahankan. Proses evaluasi ini tim sales bisa mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya hingga akhirnya menetapkan perbaikan untuk menanggulangi kekurangan agar tidak terjadi ke depannya.

Evaluasi dan perbaikan ini penting untuk menghindari kesalahan berulang untuk hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Tanpa adanya evaluasi, sebuah tim tidak akan bisa melihat kekurangan dan perbaikan di masa yang akan datang.

Itulah beberapa pentingnya proses monitoring penjualan untuk tim sales maupun perusahaan. Monitoring adalah hal yang wajib dilakukan untuk mengetahui progress tenaga sales dengan baik.

Aplikasi perkantoran

Aplikasi Perkantoran dari Kantor Kita Memudahkan untuk Memonitoring Bisnismu

Apa Saja yang Masuk dalam Monitoring Penjualan?

Berikut adalah beberapa poin yang perlu di pantau dalam proses monitoring penjualan.

  1. Planning / rencana kerja tim sales
  2. Progress kerja tenaga sales
  3. Pencapaian penjualan
  4. Target penjualan
  5. Informasi konsumen/pelanggan
  6. Ketersediaan produk

Software Sales Management  

Pembahasan mengenai software sales ini sudah sedikit  kita bahas di atas. Software sales ini intinya digunakan untuk membantu pengelolaan tim sales secara remote atau jarak jauh. Sehingga ini adalah program online untuk tim sales.

Bagaimana software sales membantu pemantauan tenaga sales? Software macam ini menggunakan system kerja CRM (Customer Relationship Management) dimana setiap step penjualan bisa saling terhubung satu sama lain.

CRM ini memungkinkan manajer memantau kinerja seluruh tenaga sales dengan mudah dari satu program ini saja. Dan tenaga sales juga bisa mengirimkan hasil kerja di program ini, sehingga ada pertukaran informasi dua arah antara tenaga sales dan manajer.

Memangnya apa hal yang menarik menggunakan software sales ini?

Tentu saja adanya software ini untuk memotong proses kerja sales menjadi lebih singkat. Tanpa ada software ini, memantau tenaga sales harus dilakukan secara manual. Proses manual ini menghambat keberhasilan penjualan atau membutuhkan waktu yang lebih panjang.

Menggunakan software ini lebih real time dan akurat karena progress bisa diupdate setiap harinya. Pemantau tidak perlu menunggu data dan penjualan terkumpul dulu karena setiap hari progress bisa diketahui.

Baca Artikel : Kasir Berbasis Cloud

Software Sales Management : Kantor Kita

Setelah mengetahui apa itu monitoring penjualan dan pentingnya proses ini, kita bisa menggunakan software sales management untuk memudahkan proses monitoring. Kabar baiknya adalah software sales management ini bisa Anda gunakan dengan mudah di aplikasi Kantor Kita.

Aplikasi Kantor Kita mengadirkan program sales management ini dalam bentu add on yang bisa ditambahkan untuk melengkapi pengelolaan karyawan perusahaan selain aplikasi absensi online. Add on pengelolaan sales ini pastinya bisa Anda gunakan dengan harga yang terjangkau sehingga cocok untuk semua tingkatan perusahaan.

Kesimpulan

Dari penjelasan monitoring penjualan yang kita bahas hari ini, kita bisa menyimpulkan bahwa monitoring penjualan merupakan kegiatan yang perlu dilakukan untuk membantu mencapai keberhasilan penjualan perusahaan. Monitoring penjualan ini menghasilkan data yang akurat dari tim sales di lapangan untuk kemajuan perusahaan. Pun sekarang ini monitoring penjualan bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan software sales management. Salah satunya aplikasi  sales management dari  Kantor Kita.