Public Relation : Pengertian Dan Tugasnya Di Dunia Kerja 

0
125
Public Relation : Pengertian Dan Tugasnya Di Dunia Kerja
Public Relation : Pengertian Dan Tugasnya Di Dunia Kerja

Public Relation : Pengertian Dan Tugasnya Di Dunia KerjaPosisi public relation mungkin cukup asing untuk beberapa orang, namun bagaimana dengan humas atau hubungan masyarakat? Apakah cukup familiar? Job relation adalah posisi yang banyak dicari oleh perusahaan terutama perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan menjaga citra baik kepada masyarakat umum maupun media dan pers. 

Nah jika kamu tertarik dengan public relation, maka bisa mengikuti ulasan ini sampai habis untuk memahami apa itu public relation dan bagaimana cara kerjanya. Mari kita bahas bersama. 

 

Pekerjaan Public Relation Secara Umum 

Posisi public relation cukup populer dan makin banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang banyak berhubungan dengan khalayak umum. Pekerjaan ini membutuhkan profesionalisme tinggi karena menjadi penghubung langsung antara perusahaan dengan masyarakat. Selain menjadi pekerjaan yang cukup elite juga menjadi pekerjaan yang menantang. 

Secara umum public relation ini memiliki tugas untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat umum. Public relation bekerja dengan memberikan citra yang baik perusahaan, menjaga komunikasi juga membangun interaksi. 

Tujuan perusahaan membutuhkan public relation adalah untuk membangun persepsi publik terhadap perusahaan, membangun dan menjaga citra perusahaan juga, membangun opini publik dan menjaga interaksi terus berjalan dengan baik antara perusahaan dengan publik. 

Jika dulu bagian public relation ini bekerja secara face to face dengan masyarakat maka di jaman serba teknologi ini public relation bisa memanfaatkan teknologi untuk membangun dan berinteraksi dengan masyarakat umum. 

Misalnya menggunakan sosial media, platform publikasi dan menulis juga grup-grup online. Dengan begitu ia bisa menjangkau banyak orang dan langsung berinteraksi dengannya. 

Tugas Public Relation
Tugas Public Relation

 

Tujuan Perusahaan Mempekerjakan Public Relation 

Tidak hanya mengurus branding dan menyebarkan informasi saja, tujuan perusahaan mempekerjakan public relation adalah 

  1. Menjaga citra perusahaan
  2. Menjaga hubungan baik dengan publik 
  3. Memperbaiki masalah komunikasi dengan publik 
  4. Membantu branding dan marketing produk dan perusahaan 
  5. Membantu menyelesaikan konflik perusahaan dan publik 

Baca : Bukan Hanya Kata-Kata, Begini Cara Memotivasi Karyawan

 

Tanggungjawab Dan Tugas Public Relation  

Perusahaan sangat membutuhkan public relation untuk membantu urusan branding juga marketing perusahaan maupun produk. Secara spesifik publik relation memiliki tugas untuk: 

  1. Bertanggung jawab membangun komunikasi dengan publik 
  2. Mempresentasikan citra baik perusahaan 
  3. Menyebarkan informasi tentang perusahaan
  4. Menciptakan interaksi dengan publik
  5. Menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan publik 
  6. Mengidentifikasi masalah komunikasi di masyarakat
  7. Memberikan edukasi kepada masyarakat 
  8. Menyelesaikan krisis informasi dan komunikasi perusahaan kepada publik 

Dengan tugas-tugas tersebut public relation memerlukan media untuk interaksi yang baik dan sesuai. 

 

Media Interaksi Public Relation 

Interaksi Public Relation 
Interaksi Public Relation

Sekarang ini ada banyak media yang memiliki pengaruh besar untuk membantu public relation membangun interaksi, komunikasi dan menyebarkan informasi kepada banyak orang. Diantaranya adalah 

1. Siaran Pers

Media yang banyak digunakan perusahaan untuk menyebarkan informasi kepada publik adalah melalui siaran pers. Interview jurnalis yang nantinya akan diliput pada beberapa media cetak maupun digital. Seperti koran, majalah, website, radio dan lainnya. 

2. Platform Digital 

Selanjutnya platform yang banyak digunakan adalah platform digital. Seperti facebook, twitter, linkedin, website, webinar dan lainnya. Sekarang lebih mudah untuk menyebarkan informasi ke sosial media. Apalagi semenjak pandemi banyak orang hampir semua sudah menggunakan media online untuk berinteraksi. Sehingga membangun komunikasi dan interaksi secara online menjadi cara yang banyak dipilih dan dinilai cukup efektif. 

3. Event Offline 

Sekarang event offline masih menjadi media penyebaran informasi yang bisa dipilih. Walaupun tidak se-massif sosial media dan platform digital lainya namun nilai masih efektif. Event offline ini misalnya seminar, talk show, pameran dan lainnya. 

Untuk menjadi public relation tentunya perlu paham dan bisa menggunakan media-media di atas dengan baik sehingga goal yang diinginkan bisa tercapai dengan baik pula. 

Baca Juga Ingin Mendapatkan Karir yang Bagus? Tingkatkan Dengan Kemampuan Ini!

 

Skill yang Harus Dimiliki Menjadi Public Relation

Apa saja sih skill yang perlu dimiliki untuk bisa menjadi public relation? Berikut poin-poinya. 

1. Skill Komunikasi 

Skill komunikasi menjadi satu hal yang wajib dimiliki untuk menjadi public relation. Seorang public relation harus mengerti konsep komunikasi dengan baik. Tidak hanya menyampaikan informasi saja namun juga kemampuan menempatkan diri, berbaur dengan banyak tipe orang dan karakter juga kondisi lainya. 

Dengan kemampuan komunikasi yang baik akan mudah bagi public relation melakukan pekerjaannya dan membantu perusahaan menciptakan goal yang diinginkan. 

2. Penguasaan Bahasa 

Untuk mencapai tujuan komunikasi ditunjang dengan penguasaan bahasa yang baik. Public officer harus mengerti dengan siapa ia berkomunikasi, dengan penduduk lokal maka perlu didukung dengan bahasa daerah atau bahasa lokal. Selanjutnya dengan kalangan tertentu harus menggunakan bahasa asing atau bahasa indonesia yang baik dan lainya. 

Semakin baik penguasaan bahasa maka akan semakin baik mendukung kerja public officer. 

3. Logika dan Problem Solving 

Bekerja di tengah-tengah masyarakat dan public mengharuskan public officer menempatkan diri juga membawa citra yang baik untuk perusahaan. Termasuk ketika dihadapkan dengan masalah dari berbagai pihak. Seorang public relation perlu memiliki kreatifitas dan strategi untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

4. Analisis dan Observasi 

Kemampuan analisis dan observasi dari semua keadaan juga sangat dibutuhkan seorang public relation. Dari kemampuan analisis yang baik membantu seseorang mengambil tindakan atau langkah ke depannya. 

Nah jadi sudah menyiapkan skill apa saja untuk menjadi public relation? 

aplikasi absensi online
Cara Mudah Pantau Produktifitas Karyawan

Baca : Pentingnya Perusahaan Memiliki Legal Officer

 

Kesimpulan 

Public relation memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar untuk membangun citra dan kepercayaan publik terhadap perusahaan tersebut. Public relation banyak dibutuhkan untuk menjaga hubungan dengan publik berjalan dengan baik. Bagaimana dengan perusahaan tempat Anda bekerja? Apa sudah memiliki bagian public relation ini? 

Itulah penjelasan tentang public relation dan tugas public relation untuk Anda. Nah untuk urusan HR, bisa menggunakan aplikasi absensi dari Kantor Kita. Membantu HR mengelola pencatatan absensi dari karyawan secara online dengan mudah dan otomatis.

Pengelolaan absensi sampai payroll semua ada di aplikasi absensi karyawan Kantor Kita!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here