Menjaga Kesehatan Mata untuk Karyawan Kantor

0
709
Menjaga Kesehatan Mata untuk Karyawan Kantor

Menjaga Kesehatan Mata untuk Karyawan KantorSebagai karyawan yang bekerja selama 8 jam di depan komputer memang harus pintar-pintar menjaga kesehatan mata. Apalagi sekarang semua hal di kantor termasuk absensi pegawai juga menggunakan gadget. Sebab jika tidak di jaga dengan baik, di waktu ke depan masalah kesehatan terkait mata akan bermunculan.

Kesehatan mata erat kaitanya dengan masalah minus dan silinder, namun jika diketahui masalah kesehatan mata yang cukup mengganggu adalah mata lelah dan kering. Nah hal inilah yang timbul karena terlalu sering menatap layar monitor.

Namun ada beberapa cara yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan mata kita. Apa saja kah tips jaga kesehatan mata untuk karyawan Kantor? Mari kita simak di artikel ini.

Kenapa Layar Monitor Kurang Baik untuk Kesehatan Mata?

Ketika terlalu lama menatap layar monitor PC maupun laptop, kita akan merasakan pedih pada mata. Jika ini terjadi terus menerus dalam keseharian, tentu saja mata akan timbul masalah. Namun taukah kamu apa sih yang menyebabkan layar monitor PC menjadi hal yang kurang baik untuk mata?

Layar monitor PC dan gadget lainya adalah perangkat yang mengeluarkan sinar biru dimana sinar biru seperti ini membuat mata menjadi mudah lelah bahkan memerah. Belum lagi ditambah mata kering akibat kurangnya mengedip.

Baca Yuk Mengenai Masalah Kesehatan Yang Sering Mengintai Karyawan Kantor 

Ketika kita menatap PC terlalu lama, mata yang seharusnya mengedip beberapa kali untuk membasahi lapisan mata menjadi lebih jarang berkedip. Hal inilah yang akhirnya membuat mata semakin kering dan pening.

Paparan sinat gadget ini akan memberikan efek yang lebih parah jika dilakukan lebih dari 4 jam dalam sehari.

Apa Akibat Terlalu Lama Menatap Layar Monitor?

Jika sudah mengetahui tentang penyebab layar monitor PC berbahaya untuk mata, selanjutnya kamu juga harus mengetahui apa sih akibatnya jika terlalu lama menatap komputer. Beberapa akibat yang ditimbulkan jika terlalu lama menatap layar monitor adalah

1. Terkena Syndrome Penglihatan Komputer (SPK)

Salah satu akibat dari terlalu lama menatap komputer adalah terkena SPK. Apasih sindrom SPK itu?

SPK merupakan masalah yang timbul karena otot mata bekerja terlalu keras untuk menatap layar monitor, dan hal ini  dilakukan secara berulang-ulang. Mata harus bekerja dengan menatap layar monitor yang memiliki cahaya biru dan lagi harus menyesuaikan ketika kita menulis di kertas maupun media cetak lainya.

Apasih sindrom SPK (Syndrome Penglihatan Komputer) itu?

Kebanyakan pengidap sindrom ini adalah pekerja maupun seseorang yang terlalu lama menatap layar monitor. Bisa jadi kamu juga mengidap sindrom ini. Apa saja ciri dari SPK? Berikut cirinya

  1. Mata kering
  2. Mata merah
  3. Pandangan ganda
  4. Penglihatan kabur
  5. Mata lelah dan nyeri
  6. Sakit pada bagian leher dan pundak

SPK ini merupakan hal yang banyak di idap oleh pekerja, kondisi semakin diperparah jika posisi duduk, lingkungan dan penggunaan kacamata yang tidak tepat. Jika kamu salah satu yang mengalami sindrom ini, akan lebih baik jika mulai memperbaiki penggunaan mata di depan layar.

2. Mata Minus

Nah untuk penyakit mata yang satu ini, pastinya sudah tidak asing lagi bukan di telinga. Mata minus merupakan kondisi mata dimana penderitanya kesulitan untuk melihat dalam jarak yang jauh. Hal ini ditandai dengan pandangan kabur dan buram untuk melihat objek yang jauh.

Tanpa alat bantu seperti kaca mata, orang dengan masalah mata seperti ini akan kesulitan dalam memandang.  Mata minus salah satunya disebabkan oleh terlalu lama menatap layar monitor apalagi jika jarak antara monitor dengan mata terlalu dekat dan pencahayaan lingkungan yang buruk.

Baca Artikel : Tips Mempekerjakan Generasi Millenial dalam Tempat Kerja

Dua hal ini merupakan akibat jika terlalu sering menatap layar komputer dalam waktu yang lama. Jika kamu sudah mengalami dua hal ini, akan lebih baik jika segera mencari pencegahan dan pengobatan.

Beberapa Cara Mencegah Masalah Mata

Sebelum memiliki kondisi mata yang terlalu parah, akan lebih baik jika kamu menjaga mata dengan beberapa cara berikut ini. Beberapa diantaranya adalah

1. Mengatur Posisi Penggunaan PC

Salah satu cara yang paling sederhana untuk mencegah masalah mata adalah dengan mengatur posisi penggunaan PC kamu. Jika sebelumnya kamu tidak menetapkan jarak yang tepat dalam penggunaan komputer, maka mulai sekarang mulai atur jarak pandangan dengan layar komputer.

Dalam mengatur posisi mata seperti ini, kamu perlu mensejajarkan tinggi monitor dengan pandangan kamu. Untuk jarak antara monitor dengan mata, yang optimal adalah 55-60 cm. Kamu bisa merentangkan tangan ke depan untuk memudahkan pengukuran jarak yang tepat.

2. Mengistirahatkan Mata

Selanjutnya adalah kamu perlu untuk mengistirahatkan mata ketika sudah terlalu lamat menatap layar monitor. Salah satu caranya adalah dengan mengganti objek pandangan selama 20 detik setelah menatap monitor selama 20 menit. Pilih objek dengan jarak 20 kaki (6 meter) dari tempatmu.

Mengistirahatkan mata dengan mengganti objek pandangan selama 20 detik

3. Berkedip

Merasa mata mu kering? Nah mungkin kamu kurang berkedip ketika menatap layar komputer. Berkedip itu penting lho untuk membasahi mata sehingga mara kering bisa dihindari.

Jika kurang berkedip maka mata akan terasa pedas, kering dan kemerahan. Yuk biasakan untuk berkedip saat menatap komputer dalam waktu lama. Jangan sampai mata kekeringan ya!

Baca Artikel : Jenuh Kerja Mulai Melanda? Perbaiki dengan Tips Berikut

4. Mengatur Pencahayaan Lingkungan Kerja

Salah satu penyebab mata bermasalah adalah karena kondisi lingkungan kerja dengan pencahayaan yang tidak mendukung. Hindari bekerja dengan kondisi pencahayaan yang terlalu gelap atau terlalu terang dari monitor komputer. Hal ini akan memperburuk kondisi mata karena mata harus bekerja terlalu keras.

Bagaimana Sih Desain Interior Kantor yang Tepat di Masa PPKM ini? Yuk Baca Cara Minimalkan Penyebaran Virus, Atur Ulang Desain Interior Kantor untuk WFO

Kesimpulan

Kondisi mata harus diperhatikan dengan baik untuk mencegah masalah kesehatan mata muncul. Beberapa masalah mata hadir karena pola hidup yang kurang tepat. Gunakan waktu istirahat maupun cuti kerja untuk mengistirahatkan mata sehingga mata tidak digunakan secara berlebihan.

Jaga kesehatan mata dengan baik namun jangan lupa untuk juga menjaga performa kerja dengan daftar aplikasi absensi Kantor Kita. Pengelolaan karyawan, absen dan urusan HRIS lebih mudah.

Coba sekarang juga dengan free trial dari Kantor Kita selama 15 hari untuk mencoba semua fiturnya secara lengkap. Coba sekarang juga!

Sekian ulasan tentang Menjaga Kesehatan Mata untuk Karyawan Kantor berikut ini, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here