5 Program Kesejahteraan Karyawan di Perusahaan

0
1033
kesejahteraan karyawan
kesejahteraan karyawan | Kantor Kita

5 Program Kesejahteraan Karyawan di Perusahaan – Kesejahteraan karyawan adalah salah satu hal yang diinginkan semua karyawan yang bekerja dalam perusahaan tertentu. Pun banyak perusahaan yang berusaha agar bisa memberikan kesejahteraan yang cukup untuk semua karyawannya. Selain sebagai bentuk apresiasi atas kerja karyawan, kesejahteraan ini juga cukup mampu digunakan sebagai cara untuk mengurangi turn over karyawan. 

Harapan pemberian kesejahteraan karyawan ini pastinya agar karyawan bekerja dengan giat dan tentu saja perusahaan menjadi perusahaan bonafid yang banyak diinginkan. Apa saja sih program kesejahteraan karyawan di perusahaan? 

Simak ulasan berikut ini.

 

Program Kesejahteraan Karyawan 

Berikut adalah beberapa contoh program kesejahteraan karyawan yang diberikan perusahaan. Anda bisa memberikan program ini untuk diterapkan di perusahaan. 

1. Kompensasi yang Sesuai dengan Tanggung Jawab

Program kesejahteraan karyawan
Program kesejahteraan karyawan

Selain kenyamanan kerja, kesejahteraan karyawan adalah pada gaji dan tunjangan yang diterimanya.  Semakin tinggi posisi karyawan dalam struktur organisasi perusahaan maka semakin besar tanggung jawab yang ditanggung. 

Dalam hal ini karyawan berhak atas gaji dan tunjangan sesuai dengan tanggung jawab yang diampu. 

Mengenai kenaikan gaji dan hubungannya dengan posisi kerja ini sudah pernah kami bahas dalam faktor yang menentukan kenaikan gaji karyawan ini. 

Jika karyawan mendapatkan hak yang sesuai dengan beban kerjanya, maka tentu saja akan berpengaruh terhadap kinerja dan tentu saja juga terhadap loyalitas karyawan. 

Baca juga Fasilitas Apa Sih Yang Diberikan untuk Karyawan Baru?

2. Kelengkapan Fasilitas Kerja

Program kesejahteraan karyawan
Program kesejahteraan karyawan

Kesejahteraan karyawan selanjutnya adalah kelengkapan fasilitas kerja yang didapatkan karyawan. Misalnya berupa kendaraaan, PC/laptop, handphone dan juga fasilitas kerja yang diperlukan lainya. Jika kebutuhan dipenuhi dengan baik maka karyawan tidak menggunakan fasilitas pribadinya untuk pekerjaan. 

Kelengkapan fasilitas kerja ini bisa menjadi salah satu indikator tingkat kesejahteraan karyawan di perusahaan. 

3. Asuransi Kesehatan dan Kecelakaan Kerja 

Program kesejahteraan karyawan
Program kesejahteraan karyawan

Asuransi kesehatan dan kecelakaan kerja juga merupakan salah satu hal yang perlu diberikan kepada karyawan untuk kesejahteraan karyawan. 

Sekarang ini asuransi yang diberikan tidak hanya asuransi kesehatan melainkan asuransi ketenagakerjaan juga. 

Asuransi ini penting untuk menjaga kondisi karyawan jika ada kondisi darurat terkait kesehatan dan keselamatan kerjanya. Bahkan sekarang ini asuransi bukan menjadi komponen tambahan dalam bekerja namun sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk karyawan. 

Banyak karyawan yang merasa terbebani dengan biaya berobat yang mahal namun dengan asuransi kesehatan yang diberikan perusahaan ini diharapkan karyawan bisa lebih mudah dalam mengakses kesehatan. 

selain itu jika ada kecelakaan kerja atau kondisi darurat di tempat kerja lainya, karyawan memiliki dana cadangan dari asuransi ketenagakerjaan. 

4. Cuti dan Libur yang Sesuai 

Program kesejahteraan karyawan
Program kesejahteraan karyawan

Karyawan perlu mendapatkan hak cuti dan libur yang sesuai. Banyak perusahaan yang memberikan kuota cuti karyawan namun karyawan kesulitan untuk mendapatkan izin cuti. 

Pun dalam masa cuti ini karyawan bisa terlepas dari pekerjaanya, dengan begitu karyawan mendapatkan life work balance dengan baik. 

Secara realitas banyak juga karyawan yang memberikan cuti namun masih menghubungi untuk memberikan pekerjaan. Karyawan mendapatkan kesejahteraan jika ia mendapatkan haknya dengan baik termasuk cuti. 

5. Pemenuhan Hak Karyawan Lainya 

Selain fasilitas dan materi, kesejahteraan juga bisa diberikan dari management perusahaan. Pemenuhan hak karyawan dan kenyamanan karyawan dalam bekerja, misalnya lingkungan yang suportif dan sehat. 

Misalnya banyak perempuan di suatu perusahaan, maka perusahaan perlu untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman juga memungkinkan pemenuhan fasilitas untuk ibu hamil dan menyusui, sehingga karyawan yang mengurus bayi dan kerja bisa bekerja dengan baik dan nyaman. 

6. Apresiasi Prestasi Karyawan 

Lingkungan kerja yang suportif untuk mencapai kesejahteraan karyawan bisa diciptakan dengan sistem perusahaan. Termasuk apresiasi kerja karyawan. Karyawan yang bekerja dengan baik bisa mendapatkan apresiasi kerja yang tepat. Walau bukan tentang materi namun lingkungan yang suportif juga turut memberikan kenyamanan dan kesejahteraan kerja. 

Apresiasi kerja bisa diberikan dengan memberikan pengembangan skill karyawan dan juga sistem reward karyawan atas kinerja karyawan. 

Dengan cara seperti ini karyawan juga akan merasa lebih semangat dalam bekerja. 

Itulah beberapa program kesejahteraan karyawan yang dapat diikuti untuk mencapai kesejahteraan karyawan di perusahaan. 

 

Pengaruh Kesejahteraan Karyawan dengan Performa Kerja Karyawan 

Memberikan kesejahteraan karyawan juga memberikan pengaruh terhadap performa kerja karyawan. Beberapa pengaruhnya adalah 

1. Loyalitas Kerja 

Kesejahteraan karyawan memberikan loyalitas kerja karyawan yang cenderung lebih tinggi. Dengan memberikan hak dan fasilitas yang sesuai maka karyawan akan merasa haknya terpenuhi sehingga ia juga perlu memberikan hak yang sama kepada perusahaan yaitu kinerja yang baik. 

Pun karyawan juga akan sayang jika meninggalkan perusahaan karena tidak semua perusahaan memberikan fasilitas yang sama. Inilah yang akhirnya memberikan loyalitas tinggi untuk karyawan. 

2. Kualitas Kinerja 

Seperti yang dituliskan di atas, kualitas kinerja pastinya juga akan meningkat karena karyawan tanggung jawab dan hak yang diberikan sesuai. Karyawan akan berusaha memberikan kinerja yang berkualitas untuk membalas hak yang diberikan perusahaan. 

Pun banyak karyawan akan berusaha memberikan kualitas terbaik untuk mencapai posisi dan reward di perusahaan tersebut. 

3. Kualitas Karyawan 

Kesejahteraan mempengaruhi kualitas karyawan juga. Karyawan berkompetisi dengan sehat dan selalu mengembangkan diri untuk pekerjaannya. Hal ini akhirnya akan membuat karyawan lebih berkualitas. Tidak hanya memikirkan gaji dan kompetisi namun juga pengembangan diri ke depannya. 

 

Kesimpulan 

Kesejahteraan karyawan akan mempengaruhi banyak hal untuk karyawan. Mulai dari kualitas pekerjaan, kinerja, loyalitas dan lain sebagainya. Anda bisa membuat perusahaan lebih mensejahterakan karyawan dengan program kesejahteraan seperti di atas. 

Nah itulah ulasan tentang 5 Program Kesejahteraan Karyawan di Perusahaan untuk Anda, semoga bermanfaat! 

Jika ingin berlangganan aplikasi HRIS untuk memudahkan kerja HR bisa banget menggunakan software HRIS Indonesia Kantor Kita. Memberikan kemudahan dan kenyamanan pengelolaan karyawan di perusahaan. 

aplikasi absensi online
aplikasi absensi online Kantor Kita

Ada fitur aplikasi absensi sampai dengan laporan karyawan otomatis dan payroll. Untuk memberikan kemudahan Anda. 

Nikmati absensi online Kantor Kita dan fitur lengkap lainya secara free selama 15hari dalam demo Kantor Kita. Langsung daftar Kantor Kita sekarang juga! 

Sekian ulasan hari ini, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here