Pertimbangan Promosi Karyawan

0
900
Pertimbangan Promosi Karyawan

Pertimbangan Promosi KaryawanDalam proses promosi, tentu dibutuhkan beberapa pertimbangan promosi karyawan yang matang. Hal ini dilakukan agar promosi memang dilakukan secara fair dan tidak menimbulkan konflik. Pasalnya, promosi jabatan merupakan keinginan dari para karyawan.

Selain itu, pertimbangan matang tersebut juga akan membuat promosi dilakukan pada karyawan yang tepat dan siap. Tentunya, Anda tidak ingin bukan melakukan kesalahan saat memberikan promosi jabatan? Nah, untuk menghindari hal itu, berikut adalah beberapa hal yang patut dipertimbangkan saat akan memberi promosi.

 

Promosi Karyawan

Promosi karyawan adalah memindah karyawan ke posisi yang lebih tinggi. Tentunya diikuti dengan peningkatan tanggung jawab, gaji juga tunjangan karyawan. Tujuan dari promosi karyawan ini bisa karena banyak kemungkinan.

  1. Pengisian posisi yang kosong
  2. Reward karyawan dengan performa terbaik

dan lainya. Promosi karyawan tidak dilakukan secara tiba-tiba, ada banyak indikator penilaian karyawan yang akhirnya membawa pada posisi tersebut. Ada beberapa pertimbangan diantaranya loyalitas, problem solving, komunikasi juga komitmen.

Memberikan promosi kepada karyawan bukan merupakan hal yang sepele dilakukan, hal ini bisa memberikan motivasi karyawan dalam bekerja lebih baik dan produktif. Juga menjadi salah satu cara untuk menjaga loyalitas karyawan.

Selain itu dalam memberikan promosi perusahaan perlu mempertimbangkan banyak hal, seperti kinerja karyawan sampai dengan nilai kehadiran karyawan.

Baca Artikel Tentang Pekerja Juga Punya Hak Dalam Bekerja, Lho!

 

Pertimbangan Promosi Karyawan

Mempertimbangkan secara matang proses promosi tentu akan membuat keputusan yang diambil menjadi lebih tepat. Oleh karena itu, pertimbangkanlah beberapa hal di bawah ini agar Anda bisa melakukan promosi karyawan yang tepat.

1. Loyalitas Pada Perusahaan

Poin pertimbangan pertama yang harus Anda perhatikan adalah tentang loyalitas karyawan. Hal ini karena pada karyawan yang punya loyalitas tinggi, pekerjaan mereka akan dianggap sebagai sebuah investasi.

Tidak cuma itu saja, para karyawan juga akan melakukan pekerjaan dengan kerja keras, inovatif, dan pastinya aktif dalam meningkatkan kualitas kerjanya. Artinya, loyalitas di sini adalah bentuk dari kualitas serta kontribusi yang mumpuni dari karyawan.

Oleh karena itu, pada saat hendak memberikan jabatan, pastikan bahwa orang tersebut loyalitasnya tinggi. Dengan begitu, saat sudah menerima promosi, mereka akan bekerja dengan sebaik mungkin demi kemajuan perusahaan.

2. Kemampuan Pemecahan Masalah

Berikutnya, pastikanlah bahwa karyawan yang akan diberikan jabatan mempunyai kualitas dalam pemecahan masalah. Hal ini sangat penting karena dalam pekerjaan pasti akan ada saja masalah yang terjadi.

Selain itu, karyawan yang mampu menyelesaikan masalah juga otomatis mampu apabila diberikan sebuah tanggung jawab baru yang besar. Oleh karena itu, jenis karyawan seperti itu sangat layak untuk dipertimbangkan.

3. Skill Komunikasi

Pertimbangan berikutnya yang diperlukan saat hendak promosi pegawai adalah tentang skill komunikasinya. Kemampuan berkomunikasi yang baik memanglah sebuah skill yang sangat penting saat bekerja di perusahaan.

Dalam hal ini, komunikasi tidak hanya sekedar mampu bicara saja, tetapi juga bagaimana Ia dapat menjalin sebuah komunikasi yang baik dengan pihak lainnya. Kemampuan tersebut sangatlah penting untuk menghindari terjadinya miskomunikasi antar karyawan.

Apabila sampai terjadi kesalahan komunikasi tersebut, maka bisa saja memicu terjadinya konflik horizontal. Alhasil, semua pekerjaan yang telah direncanakan akan mengalami keterlambatan atau bahkan gagal.

Untuk itu, apabila Anda punya karyawan dengan kemampuan komunikasi yang baik, tidak ada salahnya untuk dipertimbangkan. Pastinya, di masa mendatang orang seperti itu dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perkembangan perusahaan.

aplikasi absensi online
Cara Mudah Pantau Produktifitas Karyawan

4. Punya Komitmen Tinggi

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan promosi pada karyawan adalah pada tingkat komitmennya. Karyawan yang mempunyai komitmen tinggi pada perusahaan tentu menjadi yang terdepan untuk dipromosikan.

Komitmen tinggi yang dimiliki akan membuat karyawan mengerjakan tugasnya secara maksimal dan bersungguh-sungguh. Alhasil, semua itu nanti akan berimbas pada hasil pekerjaannya yang menjadi lebih baik lagi.

Punya komitmen tinggi seperti ini tentu tidak membuat karyawan terlepas dari kesalahan. Namun, sifat komitmen tersebut akan membuat karyawan tersebut cepat-cepat berbenah dan melakukan evaluasi diri sendiri.

5. Skill Manajemen

Terakhir, skill manajemen karyawan tidak boleh ketinggalan untuk dipertimbangkan. Manajemen yang dimaksud di sini adalah manajemen waktu, kegiatan, sampai dengan manajemen terhadap kinerja karyawan.

Dengan kualitas manajemen yang baik, tentu karyawan dapat menjalankan tugas barunya dengan baik juga. Oleh karena itu, jadikanlah kemampuan manajemen sebagai salah satu pertimbangan penting sebelum melakukan promosi.

Itulah tadi beberapa pertimbangan promosi karyawan yang penting untuk diperhatikan. Dengan melihat beberapa kriteria di atas, Anda pastinya tidak akan melakukan kesalahan dalam promosi jabatan karyawan.

Baca Juga Ingin Mendapatkan Karir yang Bagus? Tingkatkan Dengan Kemampuan Ini!

 

Fungsi Promosi Karyawan

Ada beberapa hal yang berhubungan dengan promosi karyawan, beberapa manfaat yang dirasakan dengan memberikan promosi karyawan adalah

Fungsi Promosi Karyawan
Fungsi Promosi Karyawan

 

Kesimpulan

Memberikan promosi kepada karyawan adalah sebagai bentuk penghargaan atau reward atas kerja keras karyawan selama bekerja. pun promosi menjadi satu cara untuk membuat karyawan tetap produktif dan juga termotivasi.

Untuk membantu HRD dalam mengelola banyak tugas administrasi karyawan, bisa dibantu system HRIS dari Kantor Kita. Aplikasi HR yang membantu mengelola karyawan seperti absensi, payroll dan lainya dengan lebih mudah.

Itulah penjelasan tentang pertimbangan promosi karyawan, semoga bermanfaat!

Previous articlePerbedaan PKWT dan PKWTT Dari Berbagai Aspek
Next articleKekurangan Kerja di Startup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here