Karyawan Terinfeksi Covid 19? Segera Lakukan Ini

0
68
antisipasi covid-19 dengan aplikasi kantor kita

Karyawan Terinfeksi Covid 19? Segera Lakukan IniDi masa pandemi Covid-19 semua orang memiliki kemungkinan untuk terpapar virus Covid-19 tersebut. Virus ini tidak memandang bulu, semua orang bisa kena bahkan orang terdekat Anda, yang Anda pikir tidak akan terpapar. Virus ini memang tergolong masih baru dan menelan banyak korban, banyak ahli kesehatan maupun peneliti masih mempelajari virus ini dan bagaimana menaklukannya. Kita sebagai masyarakat awam hendaknya menjaga diri semaksimal mungkin untuk mengurangi penyebaran virus ini, karena akibatnya sangat luar biasa untuk tubuh. Mulai dari demam sampai kesulitan bernafas.

Bagaimana dengan pekerja yang harus tetap masuk di era pandemi ini? Kantor atau tempat kerja adalah salah satu lokasi penyebaran virus, bagaimana jika rekan kerja terpapar virus ini? Untuk kamu yang masih WFO selama pandemi berikut adalah hal yang harus dilakukan jika rekan kerja positif Covid-19. Mari kita ulas bersama

Screening Pada Karyawan Lainya

Ketika rekan kerja Anda dinyatakan positif Covid-19, maka hal yang harus dilakukan adalah melakukan secreening berupa tes kepada orang yang berinteraksi atau berada di ruangan dengannya. Satu orang terinfeksi maka harus dilakukan pemeriksaan pada semua karyawan yang berada dalam satu ruang atau satu lantai. Dengan begitu screening penularan akan jelas, siapa yang terpapar dan siapa yang masih aman.

Baca : Tips Jalani Wfh Agar Selalu Semangat Dan Menyenangkan 

Screening ini pastinya juga memiliki tujuan untuk mengurangi penyebaran virus, jika tidak di screening karyawan tidak tau bahwa ia terpapar dan menjadi carrier untuk orang lain kemudian menyebarkan virus lebih luas lagi. Pun screening dilakukan untuk memeriksa siapa saja yang terpapar sehingga karyawan tidak merasa khawatir. Jika ia terpapar langsung mendapatkan tindakan jika hasilnya negatif pun ia aman dan tidak menjadi carrier untuk orang lain. Jika tidak dilakukan screening bagaimana jika Anda secara tidak sadar membawa virus untuk keluarga di rumah?

Aplikasi Kantor Kita Membantu Memanagement waktu

Screening bisa dilakukan dengan melakukan tes berupa Rapid Antigen ataupun Tes PCR namun sekarang juga sudah ada alat pendeteksi virus yang lebih murah dan mudah yaitu Genose. Rapid Antigen atau sering disebut Swab Antigen sudah terbukti akurat dalam mengidentifikasi virus Covid-19 dalam tubuh manusia, harganya masih terjangkau yaitu sekitar Rp. 250.000 pun dengan waktu tunggunya cukup singkat hanya 30 menit. Cara pengecekan menggunakan Swab Antigen ini hampir mirip dengan tes PCR yaitu mengambil sampel dari lendir hidung atau area pernafasan.

Sedangkan Swab PCR memiliki harga sekitar Rp. 900.000 sampai Rp. 1000.000 merupakan alat diagnosis adanya virus Covid-19 paling akurat dibading lainya. Jadi screening pada karyawan penting banget ya dilakukan ketika rekan kantor dinyatakan Positif Covid-19.

Baca : Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Tetap Sehat Dan Fit Saat Wfo 

Melakukan Isolasi

Setelah melakukan screening pada seluruh karyawan, semuanya juga direkomendasikan untuk melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab muncul. Setelah dinyatakan positif atau negatif bisa mengambil tindakan yang lainya. Isolasi mandiri selama ini tentunya wajib dilakukan utuk karyawan yang memiliki hasil swab positif.  Isolasi bisa dilakukan di rumah masing-masing, dari isolasi 14 hari ini jika ada yang mengeluarkan gejala Covid-19 seperti demam, pusing, diare maupun sesak nafas harus melakukan perawatan di rumah sakit agar mendapatkan penanganan yang tepat. Sedangkan untuk karyawan yang melakukan isolasi namun hanya memiliki gejala ringan atau tidak bergejala akan lebih aman jika di rumah dan membekali diri dengan obat, vitamin maupun makanan yang bergizi. Sampai dinyatakan negatif, karyawan dilarang berpergian kemanapun.

Jika melakukan isolasi bagaimana dengan pekerjaan? Untuk karyawan yang melakukan isolasi dengan keadaan tubuh yang bagus, tentunya tetap bisa bekerja dari rumah. Pengiriman pekerjaan dan koordinasi bisa dilakukan secara online. Jangan khawatir soal absensi karena sekarang banyak aplikasi absensi pegawai yang memudahkan urusan absen.  Namun untuk beberapa bidang pekerjaan yang tidak bisa dilakukan di rumah seperti karyawan produksi, tentunya perusahaan juga harus kooperatif dengan karyawan isolasi untuk kebaikan bersama.

Desinfeksi Di Kantor

Hal yang paling penting setelah mengambil tindakan untuk karyawan adalah melakukan desinfeksi di kantor atau di semua ruangan. Desinfeksi memiliki tujuan untuk membunuh semua kuman, bakter atau virus yang ada di lingkungan kantor, khusunya di ruangan atau lantai lokasi karyawan Positifi Covid-19.

Desinfeksi bisa dilakukan mandiri menggunakan beberapa bahan. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam panduan menjaga kesehatan lingkungan untuk mencegah penularan virus Covid-19 ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat desinfektan sendiri, beberapa bahan yang bisa digunakan adalah

  1. Larutan pemutih bisa ditemukan di produk pemutih baju
  2. Larutan karbol bisa ditemukan dalam produk pembersih kamar mandi
  3. Larutan klorin atau biasa dikenal dengan kaporit
  4. Larutan pembersih lantai
  5. Desinfektan peroksida
  6. Desinfektan diamin

Sumber  : Panduan Kegiatan Menjaga Kebersihan Lingkungan Dan Langkah Desinfeksi Untuk Pencegahan Penularan Covid 19 (Kementerian Kesehatan RI 2020)

Cara desinfeksi bisa dilakukan dengan cara di lap maupun di menggunakan spray namun hindari untuk menyeprot di lokasi kerja karyawan terinfeksi Covid 19 secara langsung karena ini bisa menyebabkan virus semakin menyebar.

WFO Untuk Hasil Negatif

Untuk Anda karyawan yang memberikan hasil negatif, bisa kembali bekerja namun dengan catatan jangan sampai meninggalkan PHBS atau Pola Hidup Bersih dan Sehat. Protokol kesehatan juga tetap dirikan misalnya, pemakaian masker, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Kantor juga harus menyediakan handsanitizer untuk karyawannya juga melakukan sosial distancing dengan mendesign ruangan yang digunakan bersama agar memiliki jarak tiap orangnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid 19 di area kantor lagi. Gunakan aplikasi absensi pegawai online untuk membantu mengurangi penyebaran virus di kantor, lebih efektif untuk mengindari penyebaran.

Baca : Solusi Work from Home (WFH): Pantau Absensi dan Kinerja Karyawan

Penjagaan Diri Setiap Karyawan

Aplikasi Absensi Pegawai Kantor Kita

Untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 di lingkungan kantor, karyawan harus memiliki kesadaran untuk menjaga diri dan orang lain untuk mengurangi kemungkinan terpapar. Hal ini bisa dilakukan dengan selalu menggunakan masker di manapun dan kapanpun ketika sedang berinteraksi dengan orang lain, rajin mencuci tangan dan melakukan desinfeksi untuk pelalatan kantor yang sering disentuh misalnya handphone atau komputer dan laptop, melakukan jaga jarak dan meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga maupun memasak makanan yang berigizi seperti sayur dan protein.

Di era pandemi seperti ini memang sebaiknya kita menjaga diri dengan baik untuk perlindungan diri agar tidak terinfeksi virus Covid 19 maupun untuk melindungi orang yang di sekitar kita. Terpenting adalah tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik dimanapun ketika sedang berkumpul. Perlindungan dari dalam juga penting sekali di lakukan untuk menjaga imun tubuh tetap bagus. Misalnya dengan mengkonsumsi vitamin, banyak meminum air, makanan bergizi, istirahat yang cukup, menghidnari stress dan berolahraga. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan??

Lancarkan kerjamu saat WFO maupun WFH dengan aplikasi absensi pegawai KANTOR KITA, memudahkan absensi di rumah atau di kantor secara online, mudah dan cepat yang paling penting juga untuk menghindari penyebaran virus karena bisa dilakukan di handphone masing-masing. Untuk mendapatkan informasi lebih terkait absensi pegawai online kunjungi www.kantorkita.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here