Absensi Online

10
10445
Absensi Online
Absensi Online

Absensi OnlineJaman semakin canggih dan segala hal bisa dilakukan secara online sekarang ini. Salah satunya adalah absensi online. Sekarang ini absensi online bukan hal yang awam lagi untuk masyarakat. Sudah banyak orang menggunakan aplikasi absensi online, dari pelajar sampai dengan pekerja.

Pun tentunya aplikasi ini sudah disesuaikan agar kompatibel untuk berbagai jenis perangkat, baik itu perangkat android ataupun IOS.

Ingin tahu lebih lengkap tentang absensi online? berikut ulasanya.

 

Absensi Online

Absensi online adalah pencatatan kehadiran atau absensi berbasis web atau aplikasi yang menggunakan koneksi internet dari proses absen sampai dengan penyimpanan semua data absensi.

Berkat koneksi internet ini, absensi bisa dilakukan dari jarak jauh dan otomatis. Semua data dari sistem absensi online tersimpan dengan aman dalam penyimpanan cloud. Dengan cara otomatisasi seperti ini, absensi online bisa meminimalkan kesalahan pencatatan absensi, lebih akurat juga terintegrasi dengan data lainya seperti payroll dan laporan absensi.

Aplikasi Absensi Online Kantor Kita
Gambar  1 Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

Absensi online ini ada banyak jenisnya, dibedakan berdasarkan sistem yang digunakan,

  1. Software absensi
  2. Absensi web
  3. Aplikasi absensi

Dimana software absensi bisa diakses di PC atau desktop, absensi berbasis web bisa diakses melalui browser di perangkat mobile atau dektop dan yang terkahir adalah aplikasi absensi yang bisa diakses dalam perangkat mobile.

 

Apa itu Absensi Android

Absensi Android adalah suatu sistem absensi online yang diakses menggunakan perangkat android. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna smartphone berbasis android maka kini juga sudah tersedia aplikasi absensi berbasis android.

Perkembangan sistem absensi sudah melaju dengan sangat pesat. Jika dulu menggunakan kertas, lalu berganti jadi menggunakan fingerprint, lalu berkembang ada pula absensi dengan menggunakan pengenalan wajah maka kini cukup dengan hanya menggunakan sebuah smartphone Android saja sudah bisa melakukan absensi secara online.

Banyaknya jumlah pengguna smartphone android sangat memungkinkan beberapa perusahaan untuk memperbarui sistem absensi berbasis smartphone tersebut. Sudah banyak perusahaan modern yang mulai beralih ke aplikasi absensi android ini karena lebih efisien, juga efektif dan juga cepat serta terintegrasi dan secara otomatis, juga real time. Karyawan juga dapat melakukan absensi di mana saja pada lokasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan tanpa berlama-lama mengantri terlebih dahulu.

Baca Artikel Tentang Kantor Kita: Aplikasi Absensi Online Android Lengkap dan Terjangkau

 

Cara Absensi secara Online

Cara untuk melakukan absensi pada aplikasi absensi android bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini, yakni bisa dengan menggunakan face recognition guna menentukan dan mengidentifikasikan bahwa pegawai yang melakukan absensi tersebut adalah benar karyawan dari perusahaan tersebut.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kelancaran penggunaan sistem absensi android tersebut, yakni

  1. Tipe perangkat android yang digunakan mendukung untuk aplikasi absensi
  2. GPS yang aktif
  3. Kamera depan berfungsi normal

Untuk kemudian data absensi akan tersimpan dalam cloud dan juga terintegrasi dalam laporan absensi secara otomatis.

Dari laporan absensi juga akan otomatis terintegrasi dengan payroll atau sistem penggajian karyawan sehingga absensi online ini membantu pengelolaan absensi karyawan lebih efisien dan cepat.

Cara Kerja Aplikasi Absensi Online
Cara Kerja Aplikasi Absensi Online

 

Kelebihan Absensi Android Online

Selain karena banyaknya jumlah pengguna android maka berikut ini adalah beberapa kelebihan lainnya.

1. Biaya Lebih Efisien

Aplikasi absensi online itu tidak membutuhkan perangkat fisik mesin absensi dan juga pemasangan sistem, sehingga akan bisa lebih menghemat pengeluaran perusahaan. Jadi jika perusahaan yang mempekerjakan sales di banyak supermarket ataupun department store, maka tidak perlu membeli dan memasang mesin pencatat kehadiran untuk di setiap tempat lokasi karyawan bekerja. Begitu halnya dengan perusahaan yang banyak memiliki outlet.

Dengan absensi android secara online ini maka pihak perusahaan cukup mendaftar saja, lalu mengunduh aplikasinya, dan kemudian sudah bisa menggunakannya langsung mencobanya lewat smartphone berbasis OS Android yang telah banyak sekali penggunanya. Karyawan juga bisa melaporkan kehadirannya dengan melakukan swafoto atau selfie melalui telepon genggam smartphone mereka masing-masing yang sudah terpasang aplikasinya.

2. Akurat

Absen android secara online dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) untuk deteksi lokasi karyawan dan juga biometrik yang dapat memverifikasi kehadiran karyawan pada suatu tempat maka foto wajah akan dapat dicocokkan dengan data karyawan yang tersimpan di sistem, serta juga posisi pengguna aplikasi akan memberikan informasi mengenai keberadaannya secara real time saat itu juga yang dapat terlacak oleh GPS.

Dengan sistem absensi online tersebut maka karyawan atau siapa pun tidak mungkin bisa melakukan manipulasi ataupun mengubah data absensi, karena data digital tersebut telah dienkripsi dan juga tersimpan aman pada server penyedia aplikasi.

3. Memudahkan Analisa Data Kehadiran Karyawan

Aplikasi absensi android secara online tersebut akan memberikan informasi mengenai kehadiran karyawan secara real time. Sambil meeting di kantor atau mengerjakan pekerjaan lain sudah bisa mengetahui secara langsung pada saat itu juga data mengenai karyawan yang tidak masuk pada hari itu. Bahkan juga saat sedang berada di luar kantor, di luar kota sekalipun akan tetap bisa untuk memantau data mengenai siapa saja dan juga tentang berapa orang yang hari itu datang terlambat, dan lain sebagainya.

Dengan sistem kehadiran online tersebut maka tidak perlu harus membuat rekap absensi periodik pada saat membutuhkan data kehadiran karyawan. Informasinya juga sudah real time jadi sangat berguna jika akan menganalisis data absensi untuk pengambilan keputusan penting dengan cepat dan segera.

4. Terintegrasi Dengan Sistem Penggajian secara Online

Salah satu keunggulan lain lagi dari sistem absensi android online ini adalah karena juga sudah terintegrasi dan dapat menghitung gaji karyawan dengan secara otomatis. Perlu diketahui bahwa sistem penggajian itu memang erat kaitannya dengan sistem absensi karyawan. Terkait dengan pengupahan saat karyawan melakukan lembur juga sudah dapat dihitung pula pengupahannya.

Lalu slip gaji karyawan juga bisa dikirim secara online dengan praktis dan cepat kepada masing-masing karyawan. Kecanggihan teknologi membuat jaman lebih paperless.

5. Praktis dan Memudahkan Bagi Karyawan

Bagi karyawan sistem absensi android online ini juga sangat praktis dan memudahkan. Melalui aplikasi android ini juga karyawan dapat mengajukan ijin cuti dan yang lainnya, dengan secara praktis dan mudah.

Pun karyawan juga tidak perlu antri absensi ketika pulang dan masuk kerja.

 

Kekurangan Sistem Absensi Online

Seperti halnya dua sisi mata uang, absensi online pastinya ada kelebihan dan kekurangan di dalamnya, Memiliki banyak kelebihan tidak lantas membuat absensi online tidak memiliki celah untuk kekurangannya.

Kekurangan absensi online adalah bergantung kepada koneksi internet. Pada kondisi darurat yang tidak memungkinkan koneksi internet ada, hal ini menjadi kendala.

Baca Artikel : Fitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi Online

Aplikasi Absensi Android Di Indonesia

Kantorkita merupakan solusi absensi karyawan online secara realtime dengan fitur manajemen perizinan dan slip gaji berbasis aplikasi android nomor 1 di Indonesia. Dilengkapi dashboard website untuk memantau kapan saja dan dimana saja.

Laporan, payroll dan penghitungan komponen gaji karyawan lebih praktis dengan aplikasi absensi Kantor Kita. Selanjutnya komponen kerja lainya seperti inventaris barang dan penomoran surat juga sudah ada dalam Kantor Kita.

Didukung dengan face recognition dan GPS untuk proses absensi yang lebih akurat.

kontak kantor kita

Harga Sistem Absensi dan Penggajian Online

Tanpa minimum jumlah user karyawan dan dengan biaya yang terjangkau yakni hanya 10.000 Rupiah per user per bulan untuk semua fitur aplikasi Kantor Kita. Produk absensi dari Kantorkita tidak menetapkan persyaratan jumlah user karyawan minimal dan juga terdapat program gratis uji coba pemakaian selama 30 hari, tanpa biaya atau tak berbayar.

Disamping itu, aplikasi Kantor Kita juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat membantu perusahaan dalam pengelolaan terutama dibidang administrasi dan kepegawaian. Fitur yang dimaksud antara lain pengajuan cuti, payroll online, pencatat perjalanan dinas yang dilengkapi fitur keuangan reimbursement dan perhitungan waktu lembur. Aplikasi Kantor Kita ini memfasilitasi transparasi di perusahaan yang berguna baik bagi pihak personalia perusahaan ataupun karyawan sebagai user.

Informasi lebih lanjut tentang absensi online, bisa langsung Daftar Kantor Kita atau jika ingin konsultasi terlebih dahulu bisa langsung melakukan zoom meeting dengan tim CS kantor kita dengan langsung menghubungi Kontak Kantor Kita.

Previous articleJenis-Jenis Potongan Gaji Karyawan
Next articleKetentuan Mutasi Karyawan

10 COMMENTS

  1. […] Kelebihan lainnya yang diperoleh dari aplikasi perkantoran Kantor Kita adalah rekapitulasi absen yang mudah digunakan. Terdapat fitur absen masuk dan keluar untuk karyawan hanya melalui handphone saja. Adapula fitur perjalanan dinas yang dapat memudahkan pengelolaan absen ketika karwayan bertugas jauh dari kantor termasuk reimbursment yang dapat diajukan kepada perusahaan melalui aplikasi. Selengkapnya silahkan baca : Absensi dengan Aplikasi Mobile Kantor Kita dan Absensi Online. […]

Leave a Reply to Inilah 5 Alsan Kenapa Anda Harus Memilih Aplikasi Absensi Online – Update kantor Kita Cancel reply

Please enter your comment!
Please enter your name here