2 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Terbaik + Strukturnya!  

0
1032
2 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Terbaik + Strukturnya!
2 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Terbaik + Strukturnya!

2 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Terbaik + Strukturnya! Pengunduran diri atau resign tidak hanya asal resign saja. Untuk menjaga profesionalitas dan tentunya etika dalam bekerja, pengunduran diri ini memerlukan surat untuk memberitahu kepada perusahaan secara resmi bahwa karyawan ingin berhenti dari pekerjaan tersebut.

Surat pengunduran diri juga memiliki ketentuan khusus dalam pembuatannya. Misalnya menggunakan bahasa formal, struktur surat pengunduran diri dan lainya. Dari pada bingung bagaimana cara membuatnya mari kita langsung saja membahas tentang surat pengunduran diri bersama.

Rekomendasi Aplikasi : Aplikasi Absensi Wajah

 

Struktur Surat Pengunduran Diri

Berikut adalah struktur surat pengunduran diri yang bisa Anda simak dan perhatikan agar bisa membuat surat pengunduran diri yang baik.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan
Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Jadi itulah struktur pembuatan surat pengunduran diri karyawan. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut

  1. Tanggal surat : tanggal dan hari surat ditulis/dibuat
  2. Tujuan surat : kemana surat akan disampaikan, kepada HRD atau lainya
  3. Pembuka surat : pembuka awal sebelum masuk inti surat
  4. Isi / inti : maksud dan tujuan surat dibuat/dituliskan
  5. Penutup surat : kalimat untuk mengakhiri surat pengunduran diri

Struktur surat pengunduran diri umumnya seperti di atas, namun tidak ada bentuk baku dari surat tersebut. Sehingga Anda bisa mengikuti struktur tersebut atau bisa mengembangkan dan memodifikasinya sendiri.

Layanan Kantor Kita : Aplikasi Absensi Online

 

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut adalah beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa dijadikan acuan membuat surat resign.

1. Surat Resign A

Yogyakarta, 15 Februari 2023

 

Yth. Ibu Kristin Ade

HRD PT Bintang Bersinar

Di Jl. Pandjaitan No 151B, Kotabaru, Yogyakarta

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan kebijakan perusahaan yang sudah disepakati dalam Surat Perjanjian Kerja mengenai pengajuan surat pengunduran diri one month notice, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Yoga Yanuar

NIK : 69326815454584

Departemen : Marketing

Jabatan : Tiktok Talent

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT Bintang Bersinar setelah bekerja selama 14 (empat belas) bulan sebagai Talent Tiktok. Dengan alasan meneruskan pendidikan di luar negeri.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada manajemen perusahaan PT Bintang Bersinar  yang telah memberikan banyak kesempatan dan pembelajaran untuk saya sehingga bisa berkembang. Saya juga mohon maaf jika ada kesalahan baik disengaja maupun tidak selama saya bekerja di PT Bintang Bersinar.

Demikian surat pengunduran saya buat dan serahkan, semoga dapat diterima dengan baik oleh Ibu Kristin Ade selaku PT Bintang Bersinar. Surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan/tekanan dari pihak manapun.

Hormat Saya

 

(Yoga Yanuar)

Contoh Surat Pengunduran Diri

2. Contoh Surat Pengunduran Diri B

Ada contoh surat pengunduran diri selanjutnya yang bisa Anda contoh.

Yogyakarta, 15 Februari 2023

 

Kepada :

Yth. Ibu Kristin Ade

Perihal : Pengunduran Diri

HRD PT Bulan Malam

Di Jl. Pandjaitan No 151B, Kotabaru, Yogyakarta

 

Assalamualaikum Wr.Wb

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan datangnya surat ini untuk Ibu Kristin Ade selaku HRD PT Bulan Malam , saya ingin menyampaikan Pengunduran Diri dari Pekerjaan. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Krisnawati

NIK : 69326815454584

Departemen : Marketing

Jabatan : Tiktok Talent

Dengan alasan Pindah Domisili (Jakarta) mengikuti suami.

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada manajemen perusahaan PT Bintang Bersinar  yang telah memberikan banyak kesempatan dan pembelajaran untuk saya sehingga bisa berkembang dan belajar dengan baik. Tidak lupa saya juga mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan baik disengaja maupun tidak selama saya bekerja di PT Bintang Bersinar 4 tahun ini.

Mengenai delegasi tugas dan kewajiban yang perlu saya selesaikan, akan diatur semaksimal mungkin selama 1 bulan ke depan.

Demikian surat pengunduran saya buat dan serahkan, semoga dapat diterima dengan bapak oleh Ibu Kristin Ade selaku PT Bintang Bersinar. Surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan/tekanan dari pihak manapun.

Hormat Saya

 

(Krisnawati)

 

Kapan Waktu yang Tepat Memberikan Surat Pengunduran Diri?

Memberikan surat pengunduran diri kepada HRD perlu memperhatikan waktu yang tepat lho. Tidak langsung memberikan surat pengunduran dan langsung off melainkan jauh-jauh hari atau bisa mengikuti peraturan yang ada di perusahaan.

Ada perusahaan yang mewajibkan pengajuan surat pengunduran diri 1 bulan sebelumnya atau 3 minggu sebelumnya.

Hal ini dilakukan bukan tanpa tujuan, melainkan agar perusahaan juga bisa mem-backup pekerjaan karyawan resign dengan baik jadi tidak langsung ditinggal begitu saja. Misalnya mencari pengganti, membuat cara kerja yang baru dan lainya.

Resign di waktu yang tepat juga bentuk profesionalitas lho! Selesaikan terlebih dahulu kewajiban dan pekerjaan sebelum resign ya!

Artikel Terkait : Alasan Karyawan Resign

 

Kesimpulan

Membuat surat pengunduran diri adalah hal wajib untuk karyawan yang ingin berhenti dari pekerjaan. Merupakan salah satu langkah profesional dimana karyawan berpamitan secara formal dengan sopan kepada perusahaan.

Surat pengunduran diri ada strukturnya yang bisa Anda lihat dan simak di penjelasan di atas. Semoga penjelasan di atas dapat banyak membantu!

Nah bagi HRD jika ingin mengelola administrasi karyawan seperti database, pencatatan absensi dan payroll bisa menggunakan Kantor Kita. layanan aplikasi absensi online yang mudah dan terjangkau. Mulai dari 10ribu/orang/bulan sudah dapat fitur lengkap dan efisien tentunya.

Aplikasi absensi karyawan online, tinggal pakai perangkat masing-masing dan absensi bisa dilakukan dimana saja!

Coba gratis di free trial 30 hari kantor kita. Silahkan daftar di Daftar Kantor Kita !

Kontak Kantor Kita
Kontak Kantor Kita
Previous article5 Tips Persiapan Sebelum Resign Kerja
Next articleKPI untuk HRD : Penjelasan dan Contohnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here