ASN VS Karyawan Swasta, Mana yang Terbaik untuk Saya?

0
111
ASN VS Karyawan Swasta, Mana yang Terbaik untuk Saya
ASN VS Karyawan Swasta, Mana yang Terbaik untuk Saya

ASN VS Karyawan Swasta, Mana yang Terbaik untuk Saya?Saat ini di Indonesi sedang cukup hangat dengan pendaftaran dan ujian masuk ASN. Apalagi di tahun 2020 lowongan ASN tidak dibuka sama sekali, sehingga tahun ini bisa menjadi tahun keberuntungan untuk lolos. Namun membicarakan soal ASN, posisi ini cukup banyak didambakan masyarakat Indonesia terutama anak muda nya. Hal ini terbukti dengan antusiasme yang cukup tinggi setiap kali pendaftaran ASN dibuka.

Apakah ASN bisa dikatakan profesi idaman? Bagaimana dengan karyawan swasta? Apakah hanya ASN saja yang terbaik? hmmm… tidak juga lho. Seperti dua sisi uang koin, keduanya pasti memiliki dua sisi yang perlu kita lihat. Mari kita kupas tentang ASN dan pegawai swasta dengan berbagai prespektif ini di artikel berikut.

1. Gaji dan Tunjangan

Salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik mendaftarkan diri menjadi ASN adalah karena posisinya yang terjamin. Kalau membicarakan tentang jaminan, berarti kita merujuk pada dua hal yakni gaji dan tunjangan hari tua. Namun pegawai swasta juga bisa lho memiliki tunjangan hari tua.

ASN

Yang pertama adalah masalah gaji. Banyak orang menilai bahwa ASN memiliki gaji tetap setiap bulannya dan stabil sehingga lebih aman. Hmmm… perlu diketahui bahwa sebenarnya gaji ASN mengikuti inflasi keuangan setiap tahunnya. Hal ini sudah pasti membuat gaji ASN bisa naik dan turun sesuai dengan keadaan keuangan Negara. Pun sebenarnya gaji ASN juga ditentukan berdasarkan tinggi rendahnya golongan, semakin tinggi golongan maka gaji juga lebih besar. Di awal menjadi ASN pastinya gaji masih kecil untuk kemudian ada perkembangan kenaikan.

Seperti yang kita tahu dalam ASN ada dana pensiun sebagai jaminan hari tua, sehingga begitu masa kerja usai mantan ASN tetap memiliki pemasukan yang diberikan setiap bulannya.

Baca Artikel : Reimburse, Gimana Sih Pengelolaanya dalam Kantor?

Swasta

Membicarakan gaji swasta, pasti kita sudah tahu bahwa menjadi karyawan swasta cukup potensial untuk mendapatkan gaji yang lebih besar dari PNS. Sebab karyawan swasta digaji berdasarkan kemampuan, keterampilan dan kompetensi yang dimiliki. Pun bekerja secara swasta juga memberikan kesempatan untuk melakukan nego gaji, jadi kamu bisa menyesuaikan kemampuanmu denga gaji yang ditawarkan.

Perlu diketahui juga, perusahaan swasta juga memiliki program pendanaan hari tua lho. Jadi bukan hanya ASN saja yang cukup menjanjikan. Sekarang ada BPJS Ketenagakerjaan dan tabungan pensiun untuk karyawannya sehingga hal ini membantu pegawai swasta juga merasa aman walau sudah tidak bekerja lagi.

2. Birokrasi

Sistem kerja dalam sebuah organisasi, atau biasa disebut sebagai birokrasi. Mana sih yang memiliki birokrasi yang mudah antara ASN dan swasta?

ASN

ASN dikenal memiliki sistem birokrasi yang cukup sulit atau rumit. Hal ini dilihat dengan potensi, ide dan kemampuan besar pegawai ASN yang sulit dikembangkan sehingga pegawai hanya bisa mengerjakan hal yang sama dalam waktu lama karena sulitnya birokrasi disampaikan.

Baca Artikel Tentang Human Resource Management

Swasta

Pekerja swasta memiliki lingkungan kerja yang lebih longgar dalam hal birokrasi. Hal ini membuat ide, potensi dan kemampuan karyawan bisa dikembangkan dengan baik. Karyawan memiliki peluang untuk menyampaikan pendapat, masukan dan ide untuk perbaikan sistem maupun berubahan yang lebih baik kepada atasan.  Tentu saja birokrasi yang berjalan seperti ini membuat karyawan dan perusahaan berkembang.

Tidak heran karyawan swasta lebih terbuka dalam hal kemajuan zaman baik dalam hal keilmuan sampai dengan sarana prasarana untuk mendukung maju kemampuan diri dan perusahaan. Contohnya pengembangan karyawan menggunakan teknologi, seperti aplikasi dan perangkat digital untuk membantu menyelesaian pekerjaan lebih mudah.

Hal ini bisa kita jumpai di perusahaan swasta banyak menggunakan perangkat kerja online mulai dari aplikasi absensi mobile  sampai dengan aplikasi perkantoran lainya.

3. Jenjang Karir

Apakah jenjang karir ASN lebih sulit daripada swasta? Belum tentu. Walau di perusahaan swasta kamu memiliki peluang besar namun juga banyak tantangan yang perlu dihadapi.

ASN

Untuk bisa naik pangkat dari posisi satu ke posisi lebih tinggi, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Misalnya tingkat pendidikan, tahun bekerja dan lain sebagainya. Jika kamu sudah mencapai syarat-syarat ini, pengajuan naik pangkat pun bisa dilakukan.

Swasta

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, peluang jenjang karir di perusahaan swasta juga cukup tinggi kesempatannya. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan, waktu kerja dan juga kualitas diri. Namun dibalik kesempatan yang tinggi, juga ada tantangan lain seperti persaingan dan beban kerja.

4. Periode Kerja

ASN memiliki masa kerja tertentu sebelum bisa pensiun. Sedangkan swasta memiliki ancaman pemecatan. Baca selanjutnya..

ASN

Seperti yang kita tahu, ASN memiliki masa kerja yang sudah ditentukan. Di awal penerimaan ASN, pegawai akan menerima kontrak yang menjelaskan periode kerja sampai dengan lokasi kerja. Umumnya ASN memiliki masa kerja sampai umur tertentu, mulai dari 45 tahun sampai dengan 50 tahun ke atas.

Baca Artikel Tentang Aplikasi Perkantoran

Hal ini memiliki sisi plus minus tersendiri, plusnya ASN tidak perlu khawatir dengan kondisi industry karena mereka bisa stabil bekerja tanpa ancaman pemecatan. Namun sisi minusnya adalah pegawai ASN tidak bisa mengembangkan diri di bidang lainya karena masih terikat sampai kontrak selesai.

Swasta

Pegawai swasta juga memiliki kontrak dengan masa tertentu, umumnya berlaku mulai dari satu tahun. Namun pegawai swasta juga memiliki ancaman pengurangan karyawan sesuai dengan perkembangan industry dan perusahaan. Namun jangan khawatir dalam lingkungan kerja swasta tidak ada pemecatan secara semena-mena jadi kamu bisa terus fokus berkarir dan pengembangkan diri.

Mana yang Lebih Baik?

Ketika membandingkan mana yang baik dan tidak dari masing-masing profesi di atas, tentu saja keduanya sama-sama baik. Sekarang pun swasta sudah didukung sistem kerja yang bagus, maju dan modern pun lingkungan kerja ASN juga memiliki prospek yang bagus.

Pilih dua profesi sesuai dengan keinginan dan kemampuan kamu. Jika masing-masing dikerjakan dengan baik pastinya memiliki hasil yang baik pula.

Kamu juga bisa mengembangkan sistem/manajemen di kantor menggunakan aplikasi dan teknologi pendukung, sehingga proses bisa lebih mudah dan efisien. Salah satunya aplikasi manajemen perusahaan di Kantor Kita. Memiliki banyak fitur untuk pengelolaan karayawan seperti aplikasi absensi, penomoran surat sampai dengan keuangan dank as. Daftar Kantor Kita dan coba 30 hari secara gratis sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here