Plugin Inventaris Barang Kantor Kita – Selain aplikasi absensi karyawan, Kantor Kita ada plugin inventaris kantor yang digunakan untuk memudahkan tim HR maupun administrator tim dalam mendata semua aset perusahaan. Plugin inventaris barang online ini memudahkan dalam pengelolaan barang karena menggunakan sistem cloud sehingga semua data inventaris terpusat menjadi satu.

 

Apa Pengertian Inventarisasi

Ada beberapa pengertian inventarisasi menurut para ahli dan KBBI, yaitu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian inventarisasi adalah daftar semua barang yang dimiliki oleh suatu organisasi, seperti sekolah, kantor, perusahaan, atau pemerintahan, dan digunakan sebagai alat untuk kegiatan operasional.

Di sisi lain, menurut Wikipedia, arti Inventory adalah kata bahasa Inggris yang menggambarkan barang atau bahan yang dimiliki oleh suatu bisnis dengan maksud untuk diproses lebih lanjut menjadi produk lain yang kemudian dijual.

 

Apa Pentingnya Manajemen Inventaris

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan perlu mengelola persediaan yang ada. Tidak hanya terkait langsung dengan kegiatan bisnis dan mempengaruhi keuntungan, tetapi juga mempengaruhi efisiensi pekerjaan yang bertanggung jawab untuk melakukan inventarisasi.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat dicapai perusahaan dengan mengelola inventaris mereka dengan benar.

1. Meminimalkan Penyusutan Persediaan

Anda sering mendengar istilah penyusutan atau amortisasi dalam akuntansi. Ini berarti harga eceran yang lebih rendah untuk barang.

Penyusutan umumnya diterapkan pada properti, pabrik dan peralatan atau aset bisnis. Mari kita lihat contoh kendaraan. Semakin lama masa pakainya, semakin rendah harga jualnya. Penyusutan persediaan biasanya karena kesalahan manusia. Item persediaan telah dikurangi atau disusutkan sebagai akibat dari kesalahan ini. Penurunan atau penyusutan dapat disebabkan oleh kesalahan pendaftaran, kesalahan transfer persediaan, atau bahkan pencurian. Manajemen inventaris yang tepat diperlukan untuk menghindari berbagai risiko tersebut. Alasan penyusutan ini diakumulasikan dan ditampilkan dalam kolom aset dalam format laporan keuangan. Aset perusahaan secara otomatis dipotong. Hal ini dapat mempengaruhi posisi keuangan perusahaan secara keseluruhan.

2. Tata Letak Membuat Manajemen Lebih Mudah

Ketika sebuah perusahaan memiliki ribuan item inventaris yang disimpan di gudang yang sangat besar, secara alami menjadi sulit untuk melacaknya. Ini tidak hanya membutuhkan waktu, tetapi juga energi. Sebagai solusi penyederhanaan, sistem klasifikasi tata letak diterapkan pada manajemen inventaris. Bahkan, tidak jarang bisnis sudah menggunakan barcode. Hal ini memudahkan untuk memantau dan mengontrol kapan barang inventaris perlu diambil. Resiko barang kadaluarsa, rusak atau tidak sesuai juga diminimalkan.

3. Pelayanan yang Lebih Baik Kepada Konsumen

Jika pengelolaan persediaan dilakukan dengan benar, persediaan akan terpantau secara otomatis. Hal ini mempengaruhi pelayanan konsumen, namun tentunya lebih memuaskan. Konsumen lebih loyal terhadap produk yang ada stoknya. Bahkan, mereka sering rela membayar lebih jika bisa memenuhi kebutuhannya dengan cepat. Dengan meningkatkan pelayanan kepada konsumen dan kepuasan mereka, ini bisa menjadi metode pemasaran dari mulut ke mulut. Konsumen dapat merekomendasikan produk bisnis Kita kepada rekan mereka.

Dengan cara ini, Kita dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Kita dapat menggunakan aplikasi Inventaris Barang dari Kantor Kita sebagai indikator kinerja untuk mengukur efektivitas manajemen inventaris. Ini membantu meningkatkan efisiensi di tempat kerja dan menciptakan suasana yang lebih menyenangkan. Etos kerja karyawan yang tinggi memudahkan pemantauan dan pengelolaan inventaris perusahaan. Angka yang ditampilkan oleh aplikasi Inventaris Barang dari Kantor Kita menunjukkan kemudahan kinerja perusahaan dalam menerapkan fungsi manajemen persediaan dan akuntansi.

 

Cara Menggunakan Aplikasi Inventaris Barang Kantor Kita

Berikut adalah langkah menggunakan aplikasi inventaris barang Kantor Kita. Ikuti langkah berikut untuk memudahkan penggunaan aplikasi dengan mudah.

1. Buka Aplikasi Inventaris Barang Kantor Kita

Silahkan buka aplikasi Kantor Kita di web app.kantorkita.co.id Lalu klik menu belanja yang ada di atas.

Aplikasi Inventaris Barang Kantor Kita

Aplikasi Inventaris Barang Kantor Kita

2. Pilih Aplikasi Inventaris Barang

Setelah masuk di halaman belanja, maka akan muncul beberapa pilihan aplikasi yang sudah di aktifkan. Pilih yang inventaris barang. 

Pilih Aplikasi Inventaris Barang

Pilih Aplikasi Inventaris Barang

Cari aplikasi Inventaris barang lalu klik tambahkan. Jika pernah menambahkan tinggal klik Aktifkan

Menu Aplikasi Inventaris barang

Menu Aplikasi Inventaris Barang

3. Pilih Hak Admin

Setelah klik aktifkan nanti kita pilih hak aksesnya untuk siapa saja yang bisa mengakses plugin inventaris barang. Jika hanya admin centang di bagian admin saja lalu klik aktifkan

Hak Admin Untuk Mengakses Plugin Inventaris Barang

Hak Admin Untuk Mengakses Plugin Inventaris Barang

Setelah aktif akan ada notifikasi bahwa aplikasi berhasil di aktifkan kembali dan akan langsung masuk ke dashboard inventaris barang

Dashboard Inventaris Barang

Dashboard Inventaris Barang

4. Atur Plugin Inventaris

Untuk menambahkan kode inventaris bisa kita setting dahulu kategorinya caranya masuk di fitur kategori-klik icon hijau bertuliskan tambah lalu tambahkan nama kategorinya dan juga kodenya. Jika sudah tinggal klik simpan

Setting Plugin Inventaris Barang

Setting Plugin Inventaris Barang

Data yang tersimpan bisa di edit dengan icon kuning bergambar pensil, dan bisa di hapus dengan icon merah.

Edit Katagori Plugin Inventaris

Edit Katagori Plugin Inventaris

Setelah kategori terisi sesuai kategori yang diperlukan oleh perusahaan. Bisa dilanjutkan di menu berikutnya yaitu lokasi. Penambahannya hampir sama. Tinggal klik icon hijau lalu tambahkan nama lokasi dan kode lokasinya. Setelah itu klik simpan

Menu Setting Lokasi Inventaris Barang

Menu Setting Lokasi Inventaris Barang

Jika kita ingin mengatur kode inventarisnya bisa langsung klik menu setting, kita tambahkan kode perusahaan dan pilih format penomorannya.

Menu Setting di Inventaris

Menu Setting di Inventaris

Untuk menambahkan barang bisa klik di inventaris-tambah barang.

Menambahkan Barang di Menu Inventaris

Menambahkan Barang di Menu Inventaris

Lalu bisa isikan detail barangnya. Nanti kode akan otomatis di buat oleh sistem.

Form Detail Barang Di Menu Inventaris Barang

Form Detail Barang Di Menu Inventaris Barang

yang terakhir adalah klik simpan untuk menyimpan semua data inventaris.

 

Kesimpulan

Inventaris barang kantor adalah proses pendataan barang atau aset yang ada di perusahaan atau kantor. Pendataan barang kantor ini akan selalu dibutuhkan dalam bentuk pengelolaan aset di perusahaan. Dari inventaris ini akan memudahkan admin dalam menempatkan barang sampai dengan melihat jumlah dan kondisi barang.

Anda bisa mendapatkan plugin inventaris barang ini dengan mudah menggunakan aplikasi hris Kantor Kita. Software yang menyediakan banyak plugin dan fitur untuk HRD untuk kemudahan kerja.