Do And Don’t Di Lingkungan Kantor

0
123
Do And Don’t Di Lingkungan Kantor
Do And Don’t Di Lingkungan Kantor

Do And Don’t Di Lingkungan Kantor  – Menjadi karyawan kantor membuat Anda harus mengikuti cultur yang ada di dalam kantor tersebut, sebagai karyawan ada beberapa peraturan yang tidak tertulis yang bisa kamu ketahui dengan mengamati kehidupan kantor. Walau tidak ada peraturan tertulis mengenai kultur yang ada di dalam kantor tesebut kamu harus peka dan mengikuti kultur dengan baik.

Mengikuti kultur yang ada di kantor adalah salah satu cara beradaptasi agar bisa menjalani pekerjaan dengan baik. Alasan lainya adalah untuk menjaga nama baik kamu agar dikenal memiliki kualitas diri yang baik sebagai kantor, jadi jika membiasakan diri ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Berikut adalah tips DO and DON’T yang bisa membantumu menjalani hari bekerja di kantor. Simak dengan baik ya!

DO :

Berangkat Tepat Waktu

Manfaat minyak bunga matahari untuk kulit di ruangan ber AC
Manfaat minyak bunga matahari untuk kulit di ruangan ber AC

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam kehidupan kantor adalah berangkat tepat waktu di hari kerja. Membiasakan diri untuk berangkat tepat waktu di kantor membuat Anda bisa mempesiapkan pekerjaan Anda dengan baik, dan memiliki waktu lebih untuk bersiap-siap seperti membersihkan dan menata meja kerja, membereskan dokumen dan menyiapkan alat yang akan digunakan untuk bekerja.

Kamu yang memiliki kebiasaan berangkat tepat waktu pasti akan mendapat keuntungan seperti dikenal sebagai pekerja yang rajin dan lebih siap bekerja. Aplikasi yang membantumu berangkat tepat waktu adalah KantorKita, aplikasi absensi online yang memudahkan kamu absen dimana saja, jangan sampai telat karena waktu datangmu akan direkam di aplikasi ini!

DON’T

Datang terlambat, untuk kamu karyawan kantor, jangan sampai telat dalam berangkat kantor. Terlambat ke kantor membuat Anda harus terburu-buru dalam hal pekerjaan sehingga fokus kamu bisa pecah. Kamu juga tidak memiliki waktu untuk bersantai dalam menyiapkan pekerjaan.

Kamu bisa dikenal sebagai pribadi yang kurang disiplin saat bekerja karena kebiasaan telat ini. Jangan sampai membiasakan datang terlambat ya!

Baca : Tips Agar Tidak Telat Pergi Ke Kantor

DO :

Berbicara yang bermanfaat, sebagai karyawan yang juga memiliki rekan kerja, kamu harus memberikan informasi yang bermanfaat kepada rekan kerja lain untuk berkomunikasi. Informasi ringan seperti ini bisa membantu Anda bersosialisasi dengan rekan kerja dan menjadi penghibur diantara kerja yang menumpuk. Berbicaralah hal-hal yang bermanfaat agar orang lain bisa mengambil manfaat yang positif dari kamu. Ingat, bahwa pikiran kamu bisa dilihat dari apa yang kamu ucapkan jadi orang lain akan menilai dirimu dari ucapanmu.

DON’T

Berbicara unfaedah, kamu bisa kok bergaul dengan rekan kerjamu dengan mengajak nya berbicara hal-hal yang menyenangkan. Jangan sampai kamu membuang-buang waktu untuk berbicara yang tidak pentting seperti gosip di kantor, gosip di luar bahkan curhat masalah pribadi. Semua orang memiliki ceritanya masing-masing jika kamu bercerita tidak penting hanya akan membuang waktumu dan rekan kerjamu.

DO :

Ramah dan friendly, bersikap ramahlah kepada siapapun baik kepada senior, rekan kerja maupun kepada junior, dengan menjadi ramah kamu bisa dikenal menjadi pribadi yang ramah dan hangat. Menjadi pribadi yang ramah membuat kamu disukai banyak orang. Sikap ramah ini adalah dari hasil pembiasaan diri, oleh karena itu kamu bisa membiasakan bersikap ramah mulai dari sekarang. Contoh ramah tamah yang bisa kamu praktikan di kantor adalah menyapa rekan kerja, senior dan junior, memberikann senyum, menanyakan hal basa-basi yang berarti.

DON’T

Cuek, menjadi pribadi yang cuek di dunia kerja adalah sikap yang perlu kamu hindari. Sikap cuek dan apatis membuat orang takut mendekatimu. Beri rekan kerjamu pehatian kecil seperti sapaan di pagi hari. Menjadi orang yang cuek malah akan membuatmu kesulitan beradaptasi di kehidupan kantor. Untuk menghindari hal tersebut, ubahlah pemikiran kamu, bersikap cuek di waktu-waktu tertentu saja. Beri perhatian kepada junior, bantu mereka saat merasa kesulitan dan lain sebagainya.

DO:

Rendah Hati, rendah hati berbeda dengan rendah diri lo ya! Rendah hati adalah sikap yang mau menolong atau memperlakukan orang di bawah kamu. Sikap rendah hati penting di dunia kerja jadi kamu tidak merasa bossy kepada siapapun. Sikap rendah hati membuka peluang untuk terus belajar kepada siapapun baik itu junior atau orang lain. Jadi kamu bisa mendapatkan manfaat untuk dirimu sendiri.

Aplikasi Kantor Kita
Aplikasi Kantor Kita

DON’T

Sombong, salah satu sikap yang tidak disukai di semua kalangan adalah sombong. Ada banyak jenis sombong yaitu besar dalam hal perkataan tapi tidak ada tindakan atau sombong dalam artian sikap yang merasa memiliki jabatan tinggi dan angkuh kepada semua orang. Tidak ada keuntungan yang kamu dapatkan dari sikap sombong bahkan sikap ini akan menjatuhkanmu sendiri dan dijauhi rekan kerja. Jangan sampai ya!

DO:

Menjadi diri sendiri, sikap menjadi diri sendiri adalah sikap yang langka dan patut di pertahankan. Banyak orang yang berusaha untuk menjadi orang lain, berpakaian seperti apa yang orang lain kenakan, berpikiran seperti orang lain bahkan berusaha meraih seperti yang orang lain cita-cita kan. Menjadi orang yang “ikut-ikut” di dunia kerja ini masih cukup banyak terjadi, padahal hal ini akan membuatmu kelelahan untuk terus menjadi mereka atau hidup dengan standar mereka. Jadilah dirimu sendiri!

Baca Artikel : Tips Jalani Wfh Agar Selalu Semangat Dan Menyenangkan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here